Monday, 01 January 2022

12 Aksesoris Pria Paling Ampuh Bikin Penampilan Makin Keren

Diartikan sebagai elemen sekunder yang memberikan sentuhan akhir pada pakaian kamu, aksesoris pria memberi detail halus dan kecil tetapi berdampak besar pada keseluruhan penampilan kamu.
June 23, 2023  | Zepanya Hutabarat
aksesoris pria
 

Jangan sekali-kali mengabaikannya. Satu dua tambahan aksesoris pria pada outfit kamu mengubah segalanya. Bukan cuma bikin tampilan lebih kece, stylish, dan fashionable, aksesoris pria juga bagian dari personalisasi kamu, bentuk ekspresi, fashion statement, cerita yang ingin kamu sampaikan kepada orang-orang. 

Kadangkala kamu hanya belum mengetahuinya. Atau kamu sudah pernah dengar sepintas tapi belum tahu bagaimana mengombinasikannya dengan jenis item fashion lain. Untuk memperkenalkannya kepada kamu, di bawah ini dijelaskan beberapa pilihan aksesoris pria, juga sejumlah trik dan cara memadu padankannya. 

Agar lebih sederhana, klasifikasinya dibedakan menjadi aksesoris tangan pria, aksesoris kepala pria, aksesoris jas pria, dan beberapa aksesori pria lainnya. Simak terus ya!

Aksesoris tangan pria

Pastikan pergelangan tangan kamu menampilkan dekoratif menarik, mengekspresikan sesuatu yang ingin kamu sampaikan. Pilihan beberapa aksesoris tangan pria diantaranya:

Jam Tangan

Aksesoris tangan pria yang satu ini barangkali lebih banyak dilihat dari segi fungsional untuk menunjukkan waktu. Agar memastikannya benar-benar menambah tampilan stylish, kamu tidak boleh melupakan hal-hal seperti jenis bahan dan warna tali, dan kesesuaiannya terhadap outfit yang lagi kamu pakai.

Strap jenis casual watch yang biasanya terbuat dari bahan kulit dengan desain cenderung simple, cocok digunakan untuk tampilan kasual. Sementara sport watch cocok untuk kamu yang punya active lifestyle, dan tampil lebih santai. Strap-nya biasanya terbuat dari bahan kain kanvas dengan pilihan warna yang lebih berani dan variatif.

Sementara  itu, jenis dress watch adalah pilihan untuk tampil elegan dalam busana formal. Biasanya terbuat dari bahan rantai atau stainless steel, dan terbatas hanya warna silver dan gold.

Gelang

Gelang bisa jadi tambahan dekoratif menarik, apakah itu saat kamu berpakaian dengan gaya formal atau kasual. Apakah dikenakan beberapa sekaligus, atau terpisah, atau hanya satu gelang tali tipis di satu pergelangan tangan, semua bergantung pada pilihan gaya kamu, pada fashion expression yang ingin kamu tunjukkan. Apa pun pilihannya, tidak akan mengganggu penampilan kamu.

Pilihannya beragam. Gelang jenis tali kulit, tali kain, dan tali karet umum dipakai banyak orang dan terlihat bagus. Kamu mungkin terlihat lebih dewasa saat mengenakan gelang jenis manset logam dengan desain yang sederhana.

Cincin

Tak terbatas hanya cincin pernikahan, cincin sebagai aksesoris pria bisa jadi tambahan menarik sebagai pemanis jari-jari tangan kamu. Bentuknya memang kecil, tetapi mungkin berdampak besar bagi penampilan kamu.

Sebagian besar aksesoris pria yang satu ini terbuat dari baja tahan karat, titanium, emas, atau perak, tetapi keramik dan silikon kini makin banyak digunakan. 

Karena tidak bersifat konduktor, cincin keramik dan silikon cocok untuk kamu yang bekerja dengan atau dekat dengan listrik. Cincin silikon juga cukup kuat dan fleksibel untuk dipakai ke gym. Di indonesia sendiri, khususnya pria, cincin banyak disertakan dengan batuan alam yang sering disebut batu akik.

Aksesoris Jas Pria

Tambahan aksesoris jas pria memberikan warna baru, tampilan baru  yang menarik, stylish, dan penuh gaya pada setelan polos jas kamu yang mungkin terlihat membosankan. Beberapa diantaranya aksesoris pria yang bisa ditambahkan pada outfit jas kamu, yaitu:

Baca juga:   Ternyata Ini Alasan Kylie Jenner dan Gaun Kepala Singa di Paris Fashion Week

Dasi

Dasi menyempurnakan outfit formal jas kamu. Pelengkap utama, hampir wajib harus ada untuk jas kamu. Tetapi dasi juga dapat dipasangkan dengan tuxedo, jas rompi, bahkan kemeja tanpa jas sekalipun. Beberapa jenis pekerjaan, seperti perbankan dan konsultan hukum, memiliki dresscode formal attire, kemeja formal yang dilengkapi dengan dasi.

Pilihan terbaik adalah dasi berbahan sutra. Ini adalah magic untuk tampilan keren dan mewah. Cocok digunakan pada kebanyakan jenis kemeja dan jas. Tetapi karena harganya yang mahal, sebagai alternatif lain, kamu bisa pilih dasi dengan bahan lain seperti misalnya satin, polyester, atau kasmir.

Model dasi lebih kurus dan panjang punya kesan santai. Jadi, selain untuk acara formal, itu juga cocok untuk pertemuan semi formal. Model dasi lebih lebar cocok dipakai untuk tampilan lebih formal.

Jenis simpul full windsor pas diaplikasikan untuk tampilan formal, pada dasi lebih lebar, dan jas dengan kerah lebar. Simpul four in hand paling pas diterapkan pada dasi lebih kurus dan panjang untuk tampilan semi formal.

Sementara itu, model dasi khusus, yaitu dasi kupu-kupu, lebih terkesan formal dan resmi. Di zaman dulu, dasi kupu-kupu umumnya hanya dipakai oleh kaum bangsawan dan profesi tertentu. Etikanya, dasi kupu-kupu digunakan untuk menghadiri acara formal seperti pernikahan atau fine dining.

Pilihan warna netral, seperti warna biru, hitam, dan cokelat, adalah pilihan paling aman. Biasanya bakal matching dengan kebanyakan jenis outfit. Tetapi tidak terbatas itu, kamu bisa lebih ekspresif dengan warna lain yang bisa kamu sesuaikan dengan tone warna setelan kemeja dan jas. 

Tentang motif juga sama. Tidak melulu polos, motif simple seperti garis dan polkadot masih sesuai tampilan formal.

Klip dasi

Klip dasi berfungsi sebagai alat untuk menjaga supaya dasi tetap berada di tengah kemeja, dan menjaga agar ujung tipis dasi tersembunyi dengan aman di balik ujung tebal dasi yang menghadap ke depan. Lebih dari sekedar pelengkap, aksesori mungil ini bakal bikin jas, kemeja, dan dasi kamu menyatu dengan sempurna. 

Sebaiknya, gunakan aksesoris pria ini di antara kancing ketiga dan keempat di baju kamu, di sekitar daerah dada. Pastikan juga tidak cuma menjepit kedua ujung dasi jadi satu, tetapi juga diikat ke kemeja itu sendiri. Hindari klip dasi yang lebih lebar dari dasi. 

Warna emas atau perak untuk pilihan yang konservatif, sedangkan warna lain bergantung pada kesesuain dengan warna dasi.

Pocket square (kotak saku)

Kotak saku adalah tambahan sederhana untuk "mempercantik" perpaduan jas dan dasi kamu. Aksesoris pria yang satu ini juga cocok untuk style kasual, seperti misalnya pada kombinasi jas rompi atau blazer pria dengan jeans.

Tidak sulit membuatnya. Cukup lipat dua tau tiga kali kotak saku. Setelah dimasukkan ke dalam kantong jas, setidaknya sekitar setengah inci kotak saku harus tampak menyembul. Untuk pilihan warna lebih bebas, tidak perlu memilih warna yang sama dengan warna dasi. Kamu bisa menggunakan warna aksen, bahkan warna kontras.

Baca juga:   Rekomendasi Jam Tangan Lokal, Yuk Lengkapi Penampilanmu!

Cuffink (Kancing manset)

Cufflink atau kancing manset cocok digunakan pada model kemeja formal french cuff lengan panjang. Kegunaannya sama, yaitu mengeratkan manset kemeja. Tetapi sebagai aksesoris pria, cufflink punya fungsi dekoratif dan ekspresif. 

Ujung lengan kemeja yang tak tertutup lengan jas makin terlihat kontras, yang mana bikin tampilan formal kamu makin berwibawa tetapi tetap stylish

Kancing manset tersedia dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kalau kamu pakai penjepit dasi, cincin, atau aksesori pria lainnya, kamu bisa cocokkan kancing manset dengan itu. Sebaiknya hindari desain mencolok dan bentuk terlalu besar karena pada prinsipnya kemeja french cuff sifatnya sangat formal.

Aksesoris kepala pria

Berikut adalah beberapa aksesoris kepala pria yang bisa bikin kamu tampil lebih stylish dan kece. Disertakan juga aksesoris mana yang cocok dengan  diantaranya:

Topi

Seharusnya, kamu tampil lebih stylish dan modis dengan topi yang kamu pakai. Hanya saja, aksesoris pria yang satu ini perlu disesuaikan dengan OOTD kamu. Beberapa jenis topi cocok dikenakan untuk gaya pakaian formal, beberapa lainnya untuk kasual. 

Jenis topi fedora adalah pilihan tepat untuk dikenakan dengan outfit formal berbalut jas atau blazer, kemeja, sepatu formal, dan celana panjang. Sebaliknya, jenis topi flat cap ala Sherlock Holmes memberikan kesan lebih kasual pada tampilan formal kamu, tetapi itu masih cocok dipasangkan dengan jas, blazer, atau jaket kulit.

Jenis topi akubra, sering juga disebut topi koboi, cocok digunakan bagi kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Itu akan menampilkan kesan tangguh. Pertimbangkan juga bucket hat untuk aktivitas luar ruangan dan tampilan kasual.

Topi bisbol, jenis topi yang paling umum dipakai, adalah cara paling mudah untuk tampil modis pada outfit kasual kamu. Bagi beberapa pria, jenis topi ini merupakan aksesori kepala pria wajib untuk dipakai sehari-hari. 

Kalung

Jenis aksesoris pria ini bikin penampilan kamu jadi lebih maskulin. Untuk style yang sederhana dan kasual, pertahankan jenis kalung minimalis yang tipis dengan warna dan desain netral.  

Tambahkan liontin sebagai dekorasi dan untuk menunjukkan ekspresi karakter kamu. Pilihannya dalam berbagai bentuk dan ukuran, dari batu alam hingga pelat logam. Kalung kulit dengan liontin masih cocok dipadukan dengan jaket kulit atau hanya dengan kaos tee polos dan bawahan jeans.

Sementara itu, untuk pilihan tampilan yang lebih eksentrik, kalung rantai bisa jadi favorit kamu.  Biasanya dikenakan dengan t-shirt dan jeans longgar. Beberapa jenis kalung tersebut tersedia dalam bahan emas, perak, kain, atau karet.

Kacamata hitam

Tidak penting apakah kamu pria berkacamata atau tidak, tetapi kacamata hitam atau warna lain bisa jadi tambahan yang ampuh untuk tampil lebih stylish dan mildness. Temukan bentuk frame yang cocok untuk bentuk wajah kamu.

Pilihan tepat untuk wajah bulat adalah frame model eye cat. Bentuk wajah oval, bentuk wajah yang sedikit lebih memanjang dibanding bentuk wajah bulat, kamu bisa pilih model persegi, eye cat, persegi panjang, oval ataupun bulat tak jadi masalah, asalkan bagian lengan frame posisinya tidak terlalu rendah. Pertimbangkan frame model bulat ala john lennon untuk bentuk wajah persegi, segitiga, atau bentuk wajah oblong.

Baca juga:   TikTok Fashion Trends 2023 yang Viral, Siap Ikutan?

Jenis aksesoris pria lainnya

Aksesoris pria lainnya yang bisa bikin tampilan kamu makin trendy. Sayang kalau kamu lewatkan, beberapa diantaranya, yaitu:

Ikat pinggang

Selain berfungsi untuk mengencangkan celana, ikat pinggang juga bisa jadi fashion statement. Dengan pilihan yang tepat dan cocok sama outfit yang kamu pakai, salah satu aksesoris pria ini bakal menyulap penampilan kamu jadi lebih elegan.

Untuk tampilan gaya formal, ada beberapa batasan umum yang perlu kamu perhatikan. Sementara untuk style kasual, kamu lebih bebas dalam menentukan pilihan. Baik gaya formal atau kasual, panjang sabuk sebaiknya hanya melewati lingkaran pertama, tidak sampai lingkaran kedua pada lingkaran sabuk celana.

Dalam gaya formal, sebaiknya gunakan ikat pinggang dengan strap bahan kulit berwarna hitam atau coklat. Sesuaikan dengan warna sepatu kulit yang kamu pakai. Sementara untuk ukuran lebar strap, pilih ukuran kecil, sekitar 1,5 cm, untuk ukuran tubuh yang lebih kecil, hingga 2,2 cm, untuk ukuran tubuh yang lebih besar. 

Jenis kepala gesper untuk tampilan formal yang paling umum digunakan yaitu jenis frame style buckle. Sesuaikan warna logam kepala gesper dengan jenis warna aksesoris lain yang juga terbuat dari bahan metal.  

Sementara itu, untuk tampilan kasual, kamu lebih punya kesempatan untuk berekspresi. Pilihan strap lebih bervariasi, yaitu webbing atau kanvas, suede, dan vinyl. Begitu juga dengan pilihan jenis kepala gesper, termasuk jenis buckle ring, buckle box, buckle plate, atau buckle snap

Tas

Tas yang dulunya hanya berfungsi untuk membantu membawa barang, kini sudah berevolusi menjadi pelengkap gaya. Bepergian tanpa tas, ras-rasanya seperti mati gaya.

Aksesoris pria ini tersedia mulai dari ukuran yang besar sampai yang paling kecil dengan pilihan jenis dan bahan yang variatif. Tinggal sesuaikan dengan style yang lagi kamu pakai dan jumlah barang yang kamu bawa. Tas ransel atau tas punggung menyempurnakan tampilan formal ataupun kasual dengan kebutuhan kompartemen yang cukup.

Jenis tas sling bag lebih umum digunakan untuk tampilan kasual dan semiformal. Hangout dengan waist bag adalah pilihan praktis untuk tampil lebih stylish. Pertimbangkan tas jinjing jenis briefcase untuk digunakan pada setelan business formal, dan tas jinjing jenis tote bag untuk tampilan classy pada gaya semi formal. Pouch adalah jeins tas jinjing paling praktis dan kecil untuk tampil lebih gaya.

Sebelum keluar rumah, coba bercermin, coba kenakan, mix and match beberapa di antara daftar aksesoris pria di atas. Abrakadabra, itu secara instan bakal menyulap seluruh penampilan kamu.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.politix.com.au/mens-style-edit/ultimate-mens-accessories-guide
https://classymencollection.com/blogs/mens-fashion-guide/mens-accessories-complete-guide
https://www.trendhim.com/articles/907/the-ultimate-guide-to-accessories-for-men
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram