Monday, 01 January 2022

20 Fashion Statements dalam Revolusi Budaya dan Nilai Sosial

Sejarah fashion bukan sekedar catatan perubahan gaya, melainkan sebuah perjalanan mendalam yang mencerminkan perubahan budaya, nilai-nilai sosial, dan kekuasaan.
February 5, 2024  | admin
fashion statements
 

Eksplorasi 20 fashion statements yang telah mengukir jejak dalam sejarah, bukan hanya sebagai tren gaya, tetapi juga sebagai poin penting dalam evolusi fashion yang memaknai setiap era.

Fashion menjadi kanvas yang mencatat lintasan pembangunan sosial dan ekonomi sekaligus mengekspresikan aspirasi dan ekspresi kreatif manusia. Memahami sejarah fashion memungkinkan kita melihatnya sebagai kisah visual yang menelusuri jalur peradaban. Dari pakaian prasejarah yang sederhana  hingga tren revolusioner yang memicu perubahan besar, setiap  pakaian dan aksesori memiliki cerita tersendiri.

Little Black Dress (LBD)

Sejak tahun 1926, Little Black Dress (LBD) karya Coco Chanel tetap menjadi simbol keanggunan dan kesederhanaan yang tak tertandingi. LBD bukan hanya sekadar pakaian, melainkan sebuah fashion statement yang menggambarkan keberanian untuk menyederhanakan gaya dengan tetap memancarkan keanggunan. 

Denim

Denim, sebagai pakaian sehari-hari pada tahun 1950-an, awalnya digunakan sebagai pakaian kerja dan kini telah menjadi ikon kenyamanan dalam gaya sehari-hari. Dengan desainnya yang tahan lama dan serbaguna, denim tidak hanya mengubah definisi gaya kasual tetapi juga menandai kehadiran sebagai salah satu fashion statements yang mendalam dalam evolusi fashion.

Mini Skirt

Pada era 1960-an, Mini Skirt tidak hanya menjadi tren mode, tetapi juga menjadi simbol semangat pembebasan perempuan. Desainnya yang sederhana namun berani mencerminkan evolusi fashion yang sedang berlangsung di masyarakat.

Hot Pants  

Tahun 1970 Hot pants menjadi bagian tak terpisahkan dari era kebebasan dan keberanian  di era ini dan mengubah cara pandang wanita terhadap celana. Hot Pants menjadi fashion statement yang mencerminkan semangat era tersebut. Celana pendek ini tidak hanya menciptakan gaya yang berbeda, tetapi juga menyiratkan pergeseran dalam pandangan sosial terhadap pilihan pakaian wanita.

Baca juga:   16 Supermodel Runway Pria yang Populer Sepanjang Masa

Punk Fashion 

Kemeja tartan, jaket kulit, dan aksesoris mencolok, menjadi simbol gerakan kontra-budaya. Gaya ini membawa semangat pemberontakan dan keberanian ke dalam dunia mode.

Hijab sebagai Fashion Statement

Di dunia sekarang ini, hijab  lebih dari sekedar simbol agama. Hijab kini dianggap sebagai fashion statement dan menunjukkan keberagaman dan inklusivitas dalam industri fashion.

Trench Coach

Klasik Abadi Trench coat diciptakan oleh Thomas Burberry pada awal abad ke-20 dan tetap menjadi pilihan fashion klasik yang tak lekang oleh waktu.

Skinny Jeans

Di awal abad ke-21, skinny jeans telah menjadi lebih dari sekadar pilihan favorit bagi banyak orang yang mencari kombinasi gaya dan kenyamanan. Transformasi ini tidak hanya merubah pola pikir tentang pakaian, tetapi juga menjadikannya sebuah fashion statement yang menegaskan bahwa outfit sederhana terlihat berkelas dengan penekanan pada desain yang elegan dan pemilihan gaya yang cerdas.

Sneakers

Sebagai fashion statement, sneakers tidak lagi sekadar untuk olahraga, namun telah menjadi elemen penting dalam gaya sehari-hari. Kolaborasi brand dan  desainer ternama menjadikan sneakers sebagai ikon fashion.

Flapper Dress

Pada era Roaring Twenties, flapper dress tidak hanya menjadi simbol semangat kebebasan dan keceriaan, tetapi juga mencerminkan evolusi fashion dengan memperkenalkan bentuk pakaian yang membebaskan gerakan.

Pakaian Oversized

Gaya pakaian oversize tidak hanya memberikan kenyamanan, tetapi juga mencerminkan keberanian untuk keluar dari norma-norma ukuran yang konvensional. Dalam konteks evolusi fashion, pakaian oversize menjadi lebih dari sekadar tren, tetapi juga sebuah fashion statement yang menegaskan bahwa pilihan pakaian dapat menjadi bentuk ekspresi diri yang berani dan tidak terbatas oleh norma ukuran yang tradisional.

Rok Tutu

Rok tutu, kaya akan tulle, tidak hanya menghadirkan drama dan keanggunan pada fashion, khususnya dalam dunia balet dan fashion, tetapi juga menjadi sebuah fashion statement yang mencerminkan evolusi fashion. Transformasi budaya dan nilai sosial tergambar dalam rok tutu, menciptakan perubahan sosial melalui fashion. Dengan keindahan yang sederhana namun berkelas, rok tutu menjadi salah satu outfit sederhana yang mampu menggambarkan perubahan dalam dunia fashion.

Baca juga:   Istilah Haute Couture: Mengenal Sejarah dan Tujuannya

Jaket Kulit

Jaket kulit telah dianggap sebagai simbol kekuatan, keberanian, dan kebebasan selama beberapa dekade. Lebih dari sekadar pakaian, jaket kulit menjadi fashion statement yang mencerminkan nilai-nilai kuat dan sikap pemberontakan. Dalam konteks evolusi fashion, jaket kulit tetap menjadi ikon yang merepresentasikan kekuatan serta keberanian dalam menyuarakan identitas dan gaya unik.

Crop Top

fashion statements

Crop top menunjukkan bahwa pakaian kasual bisa menjadi pilihan glamor dan modis. Lebih dari sekadar tren, Crop top menjadi sebuah fashion statement yang mencerminkan evolusi fashion dan transformasi budaya. Dalam nilai sosial yang berkembang, Crop top menjadi bagian dari perubahan sosial melalui fashion, menunjukkan bahwa outfit sederhana juga dapat menjadi sarana ekspresi diri yang kuat dan berkelas.

Tie-Dye

fashion statements

Creative Freedom: Color Tie-Dye memadukan warna-warna menarik untuk menciptakan gaya unik yang penuh kebebasan berkreasi. Sebuah outfit sederhana yang mampu menghadirkan kesan berkelas melalui penggunaan warna yang kreatif dan ekspresi pribadi dalam setiap desainnya.

Pakaian Olah Raga

Athleisure telah mengubah cara kita memandang pakaian olahraga, menciptakan pilihan pakaian sehari-hari yang nyaman dan modis.Selain sekadar tren fashion, Athleisure merupakan fashion statement yang mencerminkan evolusi fashion dan pergeseran nilai-nilai budaya terhadap kenyamanan dan gaya.  

Platform Shoes di era 1970

Sebagai tren ukuran dan menampilkan semangat kebebasan tahun 1970an.

Kebaya

fashion statements

Kebaya sebagai ikon fashion, menghadirkan keunikan pakaian tradisional Indonesia dengan memadukan keindahan tradisional dan sentuhan modern, menjadikannya sebuah fashion statement yang mencerminkan kekayaan warisan budaya

Kaos Band

Kaos band lebih dari sekadar pakaian, tetapi juga merupakan sebuah fashion statement yang menandakan ekspresi identitas dan kesetiaan terhadap karya musik tertentu.

Jumpsuit

fashion statements

Pilihan praktis dan modis untuk berbagai kesempatan, menciptakan kesan yang bersih dan modern. Jumpsuit menjadi sebuah fashion statement yang mencerminkan kepraktisan dan gaya yang up-to-date. Dalam evolusi fashion, jumpsuit menjadi simbol transformasi budaya terhadap kebutuhan pakaian yang serbaguna dan modis.

Baca juga:   Daftar Universitas Negeri yang Menyediakan Jurusan Fashion di Indonesia

Kesimpulan

Setiap fashion statements telah merevolusi sejarah fashion. Tren ini tidak hanya membentuk gaya, tetapi juga mencerminkan perubahan budaya dan sosial di masyarakat. Seiring berjalannya waktu, manusia terus mempengaruhi dunia fashion dan terus menginspirasi para desainer dan penggemar fashion di seluruh dunia. Gaya lebih dari sekedar pakaian, gaya juga merupakan cara kita mengkomunikasikan identitas kita dan mengekspresikan diri melalui pakaian yang kita pilih. So, fashion statements mana yang menggambarkan diri kamu?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://insideoutstyleblog.com/2014/04/the-yin-and-yang-of-clothing.html
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram