Monday, 01 January 2022

3 Tips Upcycling Fashion untuk Pemula Ala Laaniraani

Secara garis besar, upcycling adalah mengubah pakaian lama atau rusak menjadi pakaian baru.
September 25, 2023  | Kingkit Neira
Upcycling Fashion
 

Upcycling fashion belakangan menjadi tren fashion yang cukup populer. Alih-alih membeli fashion item baru, fashionista bisa menyulap fashion item lama menjadi baru lagi. Namun, banyak orang yang masih kebingungan bagaimana cara memulai upcycling fashion.

Bahkan, pakaian usang yang sudah kekecilan atau robek juga masih bisa diubah menjadi pakaian baru yang trendy.

Upcycling bisa mendekonstruksi sepenuhnya dan menciptakan sesuatu yang baru, atau hanya menambahkan beberapa hiasan di sana-sini. Cara ini bisa menjadi upaya membatasi limbah dan menjadikannya sustainable fashion.

Anda bisa bermain gunting, memotong dan menempel jeans di pakaian usang. Memadupadankan dengan kain motif lainnya hingga tercipta pakaian baru yang unik.

Untuk membantu Anda memulai, berikut ini tips dari desainer asal Afrika Selatan dan direktur kreatif LaaniRaani, Shamyra Moodley, tentang cara memulai upcycling jika Anda belum pernah mencobanya sebelumnya dan merasa gugup untuk memulainya dinukil dari Twyg.co.

de3b25_b6ed5674a62343138510a4cdbb1270a6~mv2
(Sumber: Selina Sanders)

1. Bebaskan diri bereksperimen

Mulailah dengan memikirkan upcycling sebagai seni! Dengan begitu, Anda melepaskan beban akan kesempurnaan. Mulailah dengan hal kecil. Ada kepuasan dalam memperbaiki, keajaiban dalam menciptakan, dan nilai yang menarik dalam menginvestasikan waktu Anda. Selain itu, upcycling membuka dunia kemungkinan tanpa biaya tambahan. Jika Anda memiliki anak-anak, saya sangat merekomendasikan untuk mengundang mereka untuk Co-Create.

2. Refleksikan apa yang Anda sukai (dan tidak sukai) tentang pakaian tersebut

Apakah Anda menghargai kainnya, ukurannya, atau mungkin ada sesuatu yang sentimental tentang sebuah barang tertentu yang tidak Anda kenakan lagi?

Baca juga:   Perbedaan Thrifting dan Preloved

Jika Anda menikmati kain dan penyelesaian pakaian tersebut, teliti bagian dalamnya. Itu adalah pola gratis yang akan cocok untuk Anda. Lacak pakaian tersebut atau mulailah membongkar dan menggunakan potongan pakaian yang sebenarnya untuk pola masa depan. 

Membongkar pakaian adalah kelas master dalam pembuatan pakaian, saya jamin! Bonus: simpan perangkat kerasnya (tombol, ritsleting, dan hiasan) untuk karya masterpiece di masa depan.

239C6B26-B134-42C8-B8EA-7A30D24727C8
(Sumber: Shoprestatement)

Jika Anda menyukai kainnya tetapi tidak begitu dengan ukurannya, pertimbangkan untuk mengubah pakaian tersebut agar cocok dengan Anda. Kadang-kadang mengubah panjang hem, lengan, atau bahkan mengganti tombol dapat membuat perbedaan besar. 

Ada jutaan video DIY di YouTube yang dapat membantu Anda memulai atau temukan penjahit lokal untuk melakukan penyesuaian. Dengan cara itu, Anda menciptakan lapangan kerja dan bersama-sama menciptakan sesuatu yang eksklusif yang Anda cintai dan karena itu lebih tidak mungkin dibuang.

3. Lihat dunia sebagai taman bermain (upcycling) Anda

Jangan berhenti pada upcycling dengan pakaian saja. Sisa-sisa kain bisa digunakan untuk karya seni dinding yang indah, tapestri, selimut, sampul buku, perhiasan, dan hampir segala hal yang terlintas dalam pikiran Anda. Mulailah dengan hal kecil, berimajinasi besar, dan bersenang-senang!

Itulah 3 tips memulai upcycling fashion yang bisa Anda coba dari Shamyra Moodley. Selamat berkreasi, fashionista!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.parapuan.co/read/533087412/mengenal-upcycle-fashion-daur-ulang-pakaian-yang-punya-nilai-tambah

https://twyg.co.za/3-tips-for-upcycling-your-clothing-for-the-first-time/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram