Monday, 01 January 2022

4 Tips Padu Padan Jeans untuk Style Formal dan Profesional

Padu padan jeans style formal bisa kamu andalkan sebagai daily work wear atau look formal untuk occasion acara resmi
July 12, 2023  | Zepanya Hutabarat
4 Tips Padu Padan Jeans untuk Style Formal dan Profesional
 

Celana jeans memang identik dengan style santai dan kasual. Tetapi dengan sedikit kreasi, kamu bisa padu padan jeans untuk gaya OOTD formal, untuk tampil di occasion dan acara formal. 

4 Tips Padu Padan Jeans untuk Style Formal dan Profesional
Padu padan jeans untuk tampilan formal (pixabay/ John Diez)

Kalau kamu tepat memasangkannya dengan item fashion lain, kamu bisa pakai celana jeans kesayangan kamu untuk style formal sebagai daily work wear atau formal look untuk acara-acara resmi. Tampil formal, rapi, dan professional plus tetap mempertahankan daya tarik stylish a la jeans. 

Penasaran bagaimana cara padu padan jeans untuk style formal? Bagaimana menyatukannya dengan item fashion lain supaya lebih formal look? Simak ulasan berikut ini. Scrolling terus sampai bawah ya!

Pilih atasan kemeja, blus, atau dress

Sementara t-shirt tidak mengubah tampilan kasual jeans, atasan kemeja bakal membarui tampilan outfit jeans kamu jadi tampak lebih formal. 

Kemeja putih klasik adalah pilihan paling tepat untuk padu padan jeans formal. Kalau kamu nyaman, kemeja boxy masih oke, tetapi pertahankan pada pilihan warna putih atau warna netral lain.

Tidak melulu kemeja, blouse dan dress bisa jadi opsi lain. Hanya saja, hati-hati dalam memilih jenisnya. Beberapa blouse dan dress, warna, motif, dan modelnya cenderung lebih terkesan kasual. Pastikan juga pilih atasan dengan jenis bahan terbaik, seperti misalnya bahan katun, satin, atau sutra. 

Pasangkan atasan-atasan tersebut dengan skinny jeans. Tetapi pilih yang tidak terlalu ketat agar tetap nyaman saat dipakai. Jeans jenis baggy atau longgar mengurangi kesan style formal. 

Satu trik lagi, coba selipkan kemeja pada jeans, terutama kalau kamu pakai high waist jeans. Tambahkan ikat pinggang. Paduan ini bakal memuat siluet tubuh kamu dengan sempurna, memamerkan lekung pinggang, dan tubuh kamu terlihat lebih jenjang.

Baca juga:   Fairycore Aesthetic: Panduan Busana ala Peri Negeri Dongeng

Padu padankan jeans dengan blazer

Blazer secara instan dalam sekejap bikin tampilan padu padan jeans kamu terkesan lebih formal. Dengan blazer sebagai outer, kamu bebas pilih untuk busana dalamnya. Kaos masih memungkinkan, tetapi kemeja dan blouse adalah opsi yang terbaik untuk tampilan lebih formal.

Blazer warna netral dan cenderung gelap, seperti hitam, abu-abu, krem atau coklat, dan biru tua, terlihat bagus untuk dipasangkan dengan celana jeans. 

Kalau cuaca sedang terik, kamu bisa pilih blazer tanpa lengan, tetapi harus kamu lapisi di atas kemeja atau blus, bukan kaos.

Jenis sepatu yang cocok dengan jeans style formal

Untuk memilih sepatu, prinsip dasarnya adalah tidak menyimpang dari pilihan sepatu untuk tampilan formal yang biasa kamu pakai dengan rok atau celana bahan. Sepatu yang sama itu yang perlu kamu padu padankan dengan jeans untuk style formal.

Pilihan sepatu padu padan jeans formal diantaranya pump shoes, heel shoes, sepatu agak runcing dengan hak datar atau loafers, hingga sepatu bot untuk tampil formal lebih stylish. Hindari sepatu kets atau sneakers dan sepatu apa pun yang terlihat terlalu kasual.

Tambahkan jenis aksesori formal

Aksesoris yang kamu pakai juga bakal menyempurnakan tampilan formal jeans kamu. Tambahkan scarf pada kemeja, blus, dress atau blazer kamu untuk melengkapi tampilan formal yang lebih sassy, stylish, dan kece.

Kamu juga perlu perhatikan jenis tas apa yang kamu bawa. Sebaiknya gunakan tas jinjing formal. Kamu bisa pilih model tote bag atau shopper bag, tetapi sebaiknya yang terbuat dari bahan kulit. Untuk jenis tas sling bag, kamu bisa pilih model messenger bag. Ukurannya yang besar dan bentuknya yang simpel, cocok untuk padu padan dengan jeans formal. 

Baca juga:   6 Cara Modis Padu Padan Rok Pensil

Jenis shoulder back model quilted bag, flap bag, atau model dengan motif dan desain yang sederhana lainnya, masih bisa kamu gunakan untuk gaya formal. Untuk jenis handbag kamu bisa pilih model kelly bag, attache bag, atau structured bag.

Tambahan jam tangan melingkar di pergelangan tangan kamu bakal melengkapi style profesional kamu. Jam tangan jenis dress watch paling cocok untuk tampilan formal. Casual watch masih oke asalkan warna strap kulitnya netral seperti misalnya warna hitam atau coklat, dan casing-nya tidak terlalu besar. 

Terakhir, sempurnakan tampilan formal kamu dengan aksesoris lain seperti kalung, gelang, atau anting. Tetapi selalu ingat, aksesoris apa pun yang kamu pilih untuk menambah gaya formal kamu, pilih yang tetap sederhana, juga motif dan warnanya tidak berlebihan.
Tidak perlu ragu lagi. Jika dipasangkan dengan cara yang tepat, padu padan jeans kesayangan kamu dapat dikenakan dalam situasi dan occasion formal.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://40plusstyle.com/how-to-wear-jeans-to-work/

https://www.365gorgeous.in/formal-wear-with-jeans/
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram