Monday, 01 January 2022

5 Label Fashion dengan Konsep Quiet Luxury

Tahukah kamu? Di industri mode terdapat istilah penting untuk memberikan kategori pada jenis label fashion.
August 15, 2023  | Melisa Nirmaladewi
label fashion quite luxury
 

Istilah ini digunakan untuk dapat mendiferensiasi ciri khas dari jenis label tersebut. Kamu pasti pernah mendengar fashion loud luxury. Pada kategori ini, label yang tergabung merupakan jenis label yang memiliki ciri khas desain dengan penggunaan logomania yang cukup kentara. Label ini digemari karena menunjukkan status sosial secara langsung bagi pemakainya untuk dikenal memiliki kelas dan selera fashion yang elit.

Berkebalikan dengan loud luxury, label yang mengusung konsep quiet luxury merupakan kelompok label yang memiliki desain yang minimalis, jarang menunjukkan logo produk secara gamblang, dan menunjukkan ciri khas lewat kualitas serta desain yang khas. Label quiet luxury umumnya mengedepankan craftmanship dan kualitas material yang membuatnya bisa bertahan lebih lama.

Label fashion dengan konsep quiet luxury terbilang jarang menggunakan bahan yang sintetis karena mengedepankan kualitas. Berikut Laruna berikan lima daftar label fashion dunia yang memiliki konsep quiet luxury yang kental dan khas dengan kualitasnya. Ada brand favoritmu?

The Row

Label fashion yang didirikan oleh Olsen sister ini adalah salah satu contoh sempurna untuk menggambarkan label quiet luxury. Perilisan resminya pada tahun 2006 menarik perhatian para fashion enthusiast lewat koleksi ready-to-wear-nya yang elegan, minim logo, dan menonjol dengan desainnya yang minimalis.

label fashion quite luxury
Sumber: The Row

Hal menarik dari label ini juga karena social media presence dari The Row dan Olsen sister yang tenang seakan menunjukkan sisi elegan dan misterius dari sebuah brand quiet luxury. Koleksinya sendiri sangat cocok untuk dikenakan sehari-hari maupun untuk occasion istimewa dengan balutan desain anggun dari tangan kreatif Ashley & Mary Kate Olsen.

Baca juga:   Onitsuka Tiger x Street Fighter 6 Rilis Sneakers ENDACTUS™

Loro Piana

Brand asal Italia ini tidak lagi asing dengan kualitas material dan desainnya yang menunjukkan elegansi dan kemewahan. Setiap koleksinya sendiri dibuat dengan material khusus seperti cashmere, vicuña, dan bulu wol kualitas tinggi.

label fashion quite luxury
Sumber: Loro Piana

Detail dari kualitas Loro Piana dibuat bukan tanpa alasan. Berangkat dari sejarah keluarga Piana yang telah mulai berdagang wol sejak abad ke-19, membuat brand ini begitu selektif dalam menentukan material dengan kualitas tinggi di setiap piece-nya.

Aurelien

Membranding labelnya sebagai ‘Smart Luxury’ menjadikan Aurelien memiliki ciri khas tersendiri dalam jajan label quiet luxury.

label fashion quite luxury
Sumber: aurelien-online.com

Label ini menjual berbagai pilihan model pakaian dan sepatu yang terbuat dari material khusus seperti cashwool® yang terbuat dari bulu domba merino dan natural linen yang untuk koleksi pakaiannya untuk menghasilkan kain baju yang lembut dan nyaman.

Jil Sander

Desain koleksi pakaian di Jil Sander dapat digambarkan clean, didominasi warna kalem, dan sedikit avant garde.

Sumber: Jil Sander

Label mode asal Jerman ini didirikan oleh Jil Sander pada tahun 1968 dan telah sukses menarik perhatian fashion enthusiast melalui desain minimalis 90-an sebagai konsep utama. Label ini berada di bawah arahan kreatif Luke dan Lucie Meier sejak 2017.

Luca Faloni

Sumber: Luca FaloniSalah satu label istimewa dari industri mode Italia. Dibuat secara khusus dari craftmanship yang dipertahankan secara turun temurun, membuat koleksi Luca Faloni memiliki kekuatan elegan yang melekat dari filosofi maupun prakteknya.

Terbuat dari material cashmere khusus yang membuatnya memiliki ketahanan yang kuat untuk dipakai sepanjang tahun. Desainnya yang minimalis dan timeless membuat setiap koleksi Luca Faloni pantas untuk dimiliki untuk berbagai kalangan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   NewJeans Kini Jadi Wajah Baru Nike Air
Reference: 
https://luxe.digital/brand/luca-faloni-story/#:~:text=Showcasing%20impeccable%20hand%2Dstitched%20Italian,is%20undeniably%20a%20luxury%20brand. (Diakses pada 15 Mei 2023)
https://theshoesnobblog.com/new-brand-aurelien-smart-luxury/ (Diakses pada 15 Mei 2023)
https://www.vogue.com/fashion-shows/designer/row (Diakses pada 15 Mei 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram