Monday, 01 January 2022

5 Tren Gaya Busana Pria 2023

Tren mode selalu berputar dan berkembang dari waktu ke waktu, termasuk tren gaya busana pria.
November 7, 2023  | Kingkit Neira
 

Di tahun 2023, tren pakaian pria menampilkan perpaduan menarik antara nuansa nostalgia dengan elemen modern yang memberikan kesan segar dan menarik. 

Dari gaya preppy yang modern hingga gaya grunge yang edgy, inilah beberapa pilihan tampilan tren busana pria 2023 favorit yang telah menarik perhatian.

body_c20181bb09f9450196c9a7296a1d920d
Sumber: Instagram/andz_official

1. Lowkey Luxury: Kemewahan Santai dengan Sentuhan Modern

Salah satu tren gaya busana pria di tahun 2023 adalah gaya Lowkey Luxury, di mana pakaian yang memiliki siluet longgar namun tetap terlihat sophisticated menjadi sorotan utama. 

Pakaian dengan potongan longgar seperti wool coat dari Wooyoungmi, celana lebar yang nyaman, dan vest yang klasik memberikan kesan tampilan yang elegan namun effortless. Palet warna netral dengan sentuhan warna dusty blue, sage, dan olive menjadi pilihan untuk menciptakan tampilan yang stylish.

Bahkan aktor Korea, Rowoon, terlihat memesona dengan gaya lowkey luxury dengan mengenakan celana longgar, knit jumper, dan coat yang serasi. Tren ini memberikan definisi baru mengenai kemewahan yang modern dan mudah dipakai sehari-hari.

body_b91b976062b7406cbf505529c3e11c73
Sumber: Instagram/WOOZICO0914

2. Dark Nights: Tampilan Edgy dengan Nuansa Batu Mulia

Tren Dark Nights menampilkan tampilan edgy dengan nuansa warna batu mulia seperti merah rubi, hijau zamrud, ungu amethyst, dan hitam onyx. Gaya ini mengekspresikan desain maksimalis dengan teknik layering menggunakan mantel bulu, oversized hoodie, dan sepatu bot chunky, yang memberikan aura gaya ala sang Batman. 

Baca juga:   5 Model Tas yang Bakal Tren di Tahun 2024

Detail zipper pada celana dan hoodie menambahkan sentuhan street style yang keren, dipadukan dengan topi dari Courrèges dan payung bergagang tengkorak dari Alexander McQueen.

Rapper Zico juga mengusung tema Dark Nights dengan mengenakan outfit serba hitam yang dipadukan dengan outer hijau dan mantel bulu merah rubi. Tampilan Zico semakin mencuri perhatian dengan aksesori seperti topi, kacamata hitam, kalung berlapis, dan cincin statement.

tren busana pria 2023
Sumber: Instagram/moresojuplease

3. Redefining Masculinity: Transformasi Tren Pria yang Menggabungkan Nuansa Feminin

Tren Redefining Masculinity menghadirkan gaya urban futuristic dengan sentuhan warna pink. Gaya ini juga menonjolkan motif floral print yang hadir dalam bentuk jaket bomber, aksesori scarf, dan rok yang dipadukan di atas celana. Perlu diketahui bahwa transformasi tren feminin dalam pakaian pria semakin populer di panggung catwalk Men's Fall-Winter 2023.

Sebagai contoh, Jay Park tetap menampilkan kesan tangguh dengan mengenakan siluet oversized hoodie dengan motif graffiti floral print dan celana jeans yang dihiasi dengan kristal swarovski dalam berbagai warna. Gaya ini dipadukan dengan sepatu sneakers dan topi pink, menciptakan tampilan yang unik dan berani.

tren busana pria 2023
Sumber: Instagram/pyojihoon_official

4. Modern Preppy: Gaya Klasik yang Kembali Populer

Tren gaya preppy kembali populer untuk pria di tahun 2023. Gaya ini menampilkan kemeja kotak-kotak klasik, trench coat, blazer, dan dasi dengan warna-warni yang modern. Gaya preppy sangat mudah ditemui di berbagai scene fashion. Pilih plaid dengan warna mencolok dan tambahkan aksesori unik untuk menciptakan tampilan playful yang mencuri perhatian.

Pyo Ji-hoon, yang dikenal sebagai P.O dan berperan dalam drama Korea Hotel del Luna, tampil dengan gaya plaid on plaid. Blazer klasik dipadukan dengan kemeja, dasi, dan coat dengan nuansa preppy, memberikan kesan elegan namun santai.

tren busana pria 2023
Sumber: Instagram/uarmyhope

5. Aged Appeal: Kembalinya Estetika Distressed-Vintage

Tren Aged Appeal menghadirkan sentuhan ala punk dengan gaya distressed-vintage. Tren ini terlihat baik di panggung catwalk maupun dalam tampilan sehari-hari. Estetika tahun 1980-an yang retak dan kotor menjadi pilihan dengan atasan fishnet, balaclava, ripped denim jeans, dan jaket kulit sebagai elemen utamanya.

Baca juga:   Apa yang Terjadi dengan Mode Fashion Pasar Menengah?

Hingga saat ini, jaket kulit tetap menjadi pilihan busana yang modis dan cocok untuk kedua jenis kelamin. Gaya distressed ini juga terlihat pada J-Hope dari BTS dalam video musik "Arson," menambahkan sentuhan gaya punk yang kuat dalam industri musik.

Dengan begitu banyak variasi tren gaya busana pria di tahun 2023, setiap pria dapat menemukan gaya yang sesuai dengan kepribadian dan selera masing-masing. Mulai dari gaya kemewahan santai hingga tampilan edgy dengan sentuhan batu mulia, tren fashion pria kali ini menyuguhkan pilihan yang menarik dan beragam. 

Semoga artikel tentang tren gaya busana pria 2023 ini memberikan inspirasi bagi pembaca untuk mengeksplorasi dan mengadopsi tren gaya busana pria yang sesuai dengan karakter unik mereka.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://harpersbazaar.co.id/articles/read/6/2023/19020/5-gaya-busana-pria-yang-jadi-tren-di-tahun-2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram