Monday, 01 January 2022

Produk Sustainable Lebih Mahal dari Produk Konvensional

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan harga produk sustainable lebih mahal dari produk konvensional?
July 11, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Produk Sustainable Lebih Mahal
 

Padahal kedua produk memiliki ukuran dan fungsi yang sama dan dari industri yang sama pula, tetapi kenapa harga produk sustainable lebih mahal dari produk konvensional ya? Nah, sebelum dibahas lebih lanjut kita pahami dulu apa itu produk sustainable. Arti dari sustainable adalah keberlanjutan, lalu yang dimaksud dengan produk sustainable adalah produk yang diproduksi dan dikonsumsi dengan memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi dalam jangka waktu yang panjang.

Contoh produk sustainable antara lain adalah pakaian organik terbuat dari bahan-bahan yang tidak mencemari lingkungan dan memperhatikan kesejahteraan pekerja. Juga produk makanan organik yang diproduksi dari bahan-bahan alami dan teknik pertanian ramah lingkungan yang tidak menggunakan pestisida serta bahan kimia berbahaya.

Jadi, kenapa produk sustainable bisa lebih mahal dari produk konvensional di sektor yang sama? Hal ini terjadi karena beberapa alasan seperti berikut:

Bahan baku yang digunakan

Harga produk sustainable lebih mahal karena biaya produksi dan distribusi yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan, produsen sustainable fashion biasanya menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas dan ramah lingkungan, seperti bahan organik, bahan daur ulang, dan bahan yang dapat didaur ulang. Bahan-bahan tersebut seringkali memerlukan biaya produksi dan pengolahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan konvensional yang lebih murah.

Biaya produksi

Produsen sustainable memerlukan proses produksi yang lebih rumit dan teknologi canggih, selain itu juga mengutamakan standar kerja yang baik dan adil bagi pekerja, seperti upah yang layak dan kondisi kerja yang aman. Proses produksi yang ramah lingkungan seperti penggunaan energi terbarukan juga dapat meningkatkan biaya produksi dan harga jual produk.

Baca juga:   Jeans Denim, si Perusak Lingkungan

Adanya nilai tambah dan kesadaran terhadap lingkungan

Selain faktor biaya produksi dan distribusi yang lebih tinggi, harga produk sustainable juga mencerminkan nilai tambah dan kesadaran akan keberlanjutan dan dampak sosial yang dihasilkan oleh produk tersebut. Konsumen yang membeli produk sustainable seringkali membayar lebih karena mereka ingin mendukung praktik produksi yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan, serta memperoleh produk yang dihasilkan secara etis dan ramah lingkungan.

Biaya Sertifikasi

Produsen produk sustainable biasanya harus memenuhi standar tertentu yang disebut sertifikasi, seperti sertifikasi organik atau sertifikasi lingkungan. Selain prosesnya yang rumit, biaya sertifikasi ini juga bisa mempengaruhi harga jual produk ke konsumen. Namun, tingginya harga produk sustainable sebanding dengan kualitasnya apalagi jika sudah bersertifikat maka sudah pasti ada jaminan bahwa produk tersebut benar-benar ramah lingkungan.

Produk sustainable lebih awet

Selanjutnya alasan yang menyebabkan produk sustainable lebih mahal yaitu karena kualitasnya lebih bagus, sehingga membuat produk lebih awet dan dapat digunakan dalam waktu yang lama. Misalnya sedotan stainless, botol minum stainless dan produk lainnya yang dapat dipakai berulang kali.

Rendahnya minat konsumen

Yang terakhir, alasan kenapa produk sustainable lebih mahal dari produk konvensional adalah karena rendahnya minat konsumen. Seperti teori supply and demand, yang artinya semakin banyak permintaan terhadap suatu barang maka akan semakin banyak produk yang bermunculan sehingga harga produk semakin bersaing. Dalam hal ini rendahnya minat konsumen terjadi karena mereka lebih memilih produk konvensional apa saja yang lebih murah asal memiliki fungsi yang sama.

Itulah 6 alasan kenapa produk sustainable lebih mahal dari produk konvensional di sektor yang sama, meskipun lebih mahal tetapi investasi pada produk sustainable memiliki manfaat jangka panjang. Produk sustainable dapat bertahan lebih lama, memiliki kualitas yang lebih baik, dan dapat mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan masyarakat.

Baca juga:   Slow Fashion: Tak Hanya Memiliki Banyak Keunggulan tapi Juga Ramah Lingkungan

Dengan memilih produk sustainable, kita juga turut berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan dan sosial secara keseluruhan serta mendorong perubahan menuju praktek produksi yang lebih bertanggung jawab.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
tricycle.co.id https://tricycle.co.id/3-alasan-kenapa-produk-sustainable-lebih-mahal-dari-produk-biasa/
Diakses pada tanggal 29 April 2023

sustaination.id https://sustaination.id/alasan-kenapa-produk-ramah-lingkungan-sering-disebut-mahal/
Diakses pada tanggal 29 April 2023

editorial.femaledaily.com https://editorial.femaledaily.com/blog/2022/09/14/4-alasan-produk-eco-friendly-lebih-mahal?amp=1
Diakses pada tanggal 29 April 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram