Monday, 01 January 2022

7 Brand Fashion Berkelanjutan: Stylish dan Peduli Lingkungan

Jadi, ayo dukung merek-merek yang peduli pada lingkungan!
April 30, 2024  | Kingkit Neira
Brand Fashion Berkelanjutan
 

7 Brand Fashion Berkelanjutan - Tren fashion berkelanjutan semakin naik daun dan hal ini tentu saja bukan tanpa alasan. Industri fashion menjadi industri paling dinamis yang memberikan paling banyak dampak terhadap lingkungan. Mulai dari bahan baku hingga proses produksi dan distribusi, banyak aspek dari industri ini yang perlu dipikirkan ulang untuk mengurangi jejak ekologisnya.

Banyak dari kita sekarang lebih peduli dengan lingkungan, dan kita ingin berbelanja dengan cerdas sambil mendukung merek-merek yang memiliki perhatian serius terhadap planet kita. Di sini, Laruna akan membahas 7 Brand Fashion Berkelanjutan yang patut Anda kenal.

7 Brand Fashion Berkelanjutan
Sumber: Instagram/hanes

1. HanesBrands Inc.

Jangan pikirkan HanesBrands Inc hanya sebagai merek pakaian dalam biasa. Merek ini telah mengambil langkah-langkah besar untuk mengurangi jejak karbon mereka dan dampak lingkungan. Mereka telah mengurangi penggunaan air dalam proses produksi dan menggunakan bahan daur ulang dalam produk-produk mereka. 

Hanes bahkan memiliki lini produk bernama EcoSmart yang terbuat dari bahan daur ulang. Merek ini pun memiliki rencana ambisius untuk mengurangi jejak karbon mereka sebanyak 50% pada tahun 2030. Bagus sekali, bukan?

7 Brand Fashion Berkelanjutan
Sumber: Instagram/marahoffman

2. Mara Hoffman

Mara Hoffman adalah jawaban untuk para pecinta mode yang ingin terlihat keren sambil tetap peduli pada lingkungan. Merek ini menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan seperti Tencel dan katun organik dalam produk-produk mereka. Mereka juga rajin menggunakan bahan daur ulang dalam proses produksi mereka. Selain itu, mereka bermitra dengan organisasi seperti Sustainable Apparel Coalition yang bertujuan mempromosikan praktik-praktik berkelanjutan di dunia fashion.

7 Brand Fashion Berkelanjutan
Sumber: sheepinc.com

3. Sheep Inc.

Apa yang membuat Sheep Inc. begitu unik adalah fokus mereka pada rajutan berkualitas tinggi yang juga ramah lingkungan. Merek ini berkomitmen untuk menggunakan praktik-praktik regeneratif dan karbon-negatif dalam produksinya. Mereka juga mengutamakan transparansi dengan menggunakan sistem pelacakan untuk menunjukkan asal-usul produk mereka. Ini membuat Anda tahu persis apa yang Anda beli.

7 Brand Fashion Berkelanjutan
Sumber: Girlfriend.com

4. Girlfriend Collective

Jika Anda mencari pakaian olahraga berkelanjutan yang keren, Girlfriend Collective adalah pilihan yang bagus. Merek ini menggunakan bahan daur ulang dalam produk-produk mereka, seperti botol air dan jaring ikan yang didaur ulang. Mereka juga memperhatikan standar buruh yang adil dan mencoba mengurangi limbah dalam proses produksi. Merek ini juga bermitra dengan Sustainable Apparel Coalition untuk meningkatkan keberlanjutan dalam industri.

FotoJet (32)
Sumber: patagonia.com

5. Patagonia

Patagonia adalah merek pakaian outdoor yang dikenal dengan komitmennya pada keberlanjutan. Merek ini menggunakan bahan berkelanjutan seperti katun organik dan poliester daur ulang dalam produk-produk mereka. Mereka juga mendukung praktik-praktik buruh yang adil dan berusaha keras mengurangi limbah dalam produksi mereka. Patagonia tidak hanya menjual pakaian, mereka juga aktif dalam berbagai inisiatif lingkungan, termasuk mendukung organisasi lingkungan dan memperjuangkan perlindungan tanah umum. Merek ini benar-benar berusaha membuat perbedaan.

23Q3-FallLookbook-Category-Carousel-Tile-WR.jpg
Sumber: Allbirds.com

6. Allbirds

Allbirds adalah merek alas kaki yang ramah lingkungan yang kini menjadi favorit banyak orang. Merek ini menggunakan bahan-bahan seperti wol dan eukaliptus yang ramah lingkungan dalam produk-produk mereka. Mereka juga berkomitmen mengurangi jejak karbon dan telah mengambil beberapa langkah untuk menjaga lingkungan, seperti menggunakan bahan daur ulang dalam kemasan mereka. Allbirds adalah contoh nyata bagaimana sepatu yang bagus bisa juga peduli lingkungan.

FotoJet (33)
Sumber: Everlane.com

7. Everlane

Everlane adalah merek fashion berkelanjutan yang memahami pentingnya transparansi dan etika. Merek ini menggunakan bahan-bahan berkelanjutan seperti katun organik dan poliester daur ulang dalam produk-produk mereka. Mereka juga berkomitmen pada praktik-praktik buruh yang adil dan berusaha mengurangi limbah dalam proses produksi.

Baca juga:   Alfaz Syam, Sosok Dibalik Produk Fashion dari Keyboard Bekas

Selain itu, mereka aktif dalam berbagai inisiatif lingkungan, termasuk mengurangi konsumsi air dalam produksi dan penggunaan bahan daur ulang dalam kemasan mereka. Dengan Everlane, Anda tahu bahwa Anda mendukung merek yang tidak hanya peduli dengan tampilan, tetapi juga dengan planet kita.

7 Brand Fashion Berkelanjutan ini adalah bukti bahwa Anda dapat tetap tampil keren dan stylish sambil juga peduli dengan lingkungan. Ketika Anda berbelanja dari merek-merek ini, Anda bukan hanya memperoleh pakaian yang bagus, tetapi juga ikut serta dalam usaha global untuk menjaga bumi kita.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.forbes.com/sites/julieloffredi/2023/04/25/7-sustainable-fashion-brands-leading-the-way/?sh=55418e342ef5
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram