Monday, 01 January 2022

7 Jenis Jam Tangan Pria Berdasarkan Style Tampilannya

Cari tahu tentang semua jenis jam tangan pria, lalu sesuaikan sama outfit yang lagi kamu pakai hari ini.
June 27, 2023  | Zepanya Hutabarat
Jenis Jam Tangan Pria
 

Tak cuma sekedar alat penunjuk waktu, kalau jenis jam tangan pria yang kamu pakai sesuai sama dressing needs kamu, itu akan menambah tampilan stylish, memperkuat kesan gaya penampilan kamu.

Langkah pertamanya, kamu perlu tahu jenis-jenis jam tangan pria berdasarkan style-nya, berdasarkan gaya tampilannya. Mana style jam tangan yang pas untuk dress code tertentu, mana yang lebih cocok untuk gaya berbusana lainnya. Cari tahu tentang 7 jenis jam tangan pria, lalu sesuaikan sama outfit yang lagi kamu pakai hari ini.

7 Jenis jam tangan pria berdasarkan style jam tangan

Baik jenis dial analog atau digital, jenis jam tangan pria berdasarkan gaya tampilannya dibedakan menjadi setidaknya 7 jenis jam tangan pria. Berikut ulasannya.

Dress watch (jam tangan formal)

Jenis jam tangan pria yang satu ini merupakan style jam tangan paling on point untuk style formal. Matching dipakai dengan setelan jas, tuksedo, pada acara-acara resmi atau formal bussiness. Dengan dress watch, tampilan formal kamu jadi makin elegan, stylish, dan understated

Casing umumnya berbentuk lingkaran dengan desain dial analog yang sederhana berupa indeks atau angka romawi, sedangkan srrap biasanya terbuat dari bahan rantai atau stainless steel. Sementara itu warnanya, hanya bervariasi antara silver atau gold.

Perlu kamu catat, jenis jam tangan pria ini kurang direkomendasikan untuk digunakan pada jenis tampilan casual wear, atau semi-formal, apalagi sport wear.

Casual watch (jam tangan kasual)

Desainnya sederhana, mirip-mirip seperti jenis jam tangan dress watch, tetapi berbeda pada bagian strapnya. Strap jenis casual watch terbuat dari bahan kulit dengan lebar strap cenderung kecil. Umumnya strap berwarna coklat atau hitam. Tersedia dalam dial analog atau digital.

Sementara dress watch terbatas untuk busana formal, casual watch masih cocok untuk banyak jenis gaya berbusana, termasuk kasual, semi-formal, bahkan formal sekalipun. Triknya, pilih desain casual watch yang sederhana untuk tampilan formal. Tetapi jenis jam tangan pria yang satu ini dirasa kurang pas untuk gaya sport wear

Baca juga:   Ketika Elvis Presley, Mick Jagger hingga Harry Style Menanamkan Gaya Androgini

Chronograph watch (Jam tangan kronograf)

Strap dan casing umumnya berbentuk seperti dress atau casual watch. Yang membedakan adalah desain dial pada panel jam lebih kompleks. Setidaknya ada tiga dial yang masing-masingnya berfungsi untuk mengukur jam, menit, dan detik. Jarum detik yang terpisah dapat berfungsi sebagai stopwatch. Akan ada tombol di samping untuk mengontrol fitur stopwatch.

Strap tersedia dalam pilihan bahan logam atau kulit. Pilih logam untuk tampilan semi-formal, kulit untuk gaya kasual. Dengan tampilan dial yang kompleks, jenis jam tangan pria ini bikin tampilan kasual atau semi-formal kamu terkesan lebih smart-casual. Tetapi kurang pas untuk setelan formal karena desain dialnya yang tidak sederhana.

Sport Watch (Jam tangan sporty)

Jenis jam tangan pria selanjutnya ini cocok buat kamu yang punya active lifestyle. Sport watch dirancang untuk dilihat secara cepat, sehingga biasanya ukuran casing dan panelnya lebih besar dan terlihat kokoh. Dial-nya, baik yang analog maupun digital, mudah terlihat.  

Desain dan warna strap dan casing biasanya lebih variatif, lebih berani dengan kombinasi warna yang agak kontras. Kebanyakan sport watch punya kemampuan tahan air. Fitur ini penting karena aktivitas kamu mungkin mengeluarkan keringat, atau misalnya kehujanan, atau karena aktivitas air lainnya. Sementara itu, strap biasanya terbuat dari bahan rubber, silicone, atau kain nilon.

Sesuai namanya, jenis jam tangan ini paling pas dipadukan sama sportswear atau outfit kasual yang super santai. Terlihat agak aneh dan kurang tepat jika dipasangkan dengan setelan formal.

Smart watch (jam tangan pintar)

Dengan smart watch, kamu seperti punya komputer mini di pergelangan tangan. Sebagai perpanjangan dari smartphone kamu, jenis jam tangan pria yang satu ini punya segudang fitur seperti Bluetooth, GPS, text messaging, calendar, music, translate; dan bahkan ada fitur untuk monitor aktivitas dan kesehatan tubuh, terutama denyut nadi.

7 jenis jam tangan pria

Strap-nya kebanyakan terbuat dari bahan karet, tetapi variasi lain, dari bahan logam, kulit, atau kain nilon, juga tesedia. Casing-nya biasanya berbentuk square, meskipun ada juga yang bentuk lingkaran. Sementara desainnya bervariasi, dari yang simple elegant sampai yang colorful, tetapi selalu memiliki dial touchscreen.

Terlepas dari semua fiturnya, smart watch tampak kurang bagus untuk setelan jas, busana formal business, atau formal professional. Kalaupun diperlukan, kamu mesti pilih desain yang sederhana dan elegan. 

Baca juga:   5 Tips Memakai Oversize Outfit Agar Makin Stylish

Disarankan, pakai smart watch saat bekerja dengan busana dan lingkungan kasual. Tetapi jam tangan canggih ini juga bisa kamu pakai saat hangout dengan tampilan kasual. 

Specialized watch (jam tangan khusus)

Barangkali kamu baru dengar jam tangan khusus pilot atau jam tangan penyelam. Ya, pada awalnya jenis jam tangan pria ini didesain khusus untuk profesi tertentu. 

Sebagai contoh, jam tangan penyelam (Diver’s watch) memiliki tingkat water resistant dan pressure resistant yang jauh lebih tinggi daripada jam tangan umum. Sementara jam tangan penerbang (aviator watch) punya fitur ukur jarak dan waktu tempuh, juga bisa hitung berapa banyak bahan bakar tersisa.

Biasanya berukuran besar dengan desain casing dan dial yang mudah dibaca dan warna yang sederhana. Dengan desain seperti ini, sekarang non-pilot dan non-penyelam pun tertarik pakai jenis jam tangan specialized watch. 

Jam tangan ini adalah jenis aksesori kasual. Ukurannya yang terlalu besar menjadikannya ide yang buruk kalau dipasangkan sama setelan bisnis profesional atau setelan formal.

Luxury watch (jam tangan mewah)

Jam tangan jenis ini biasanya memiliki pernak-pernik tambahan yang bikin jam tangan tampak mewah dan prestisius. Misalnya, ada batuan alam permata atau akik, atau strap jamnya terbuat dari emas murni. 

Dari sisi tampilan, hampir sama dengan jam tangan formal, tapi ada material mahal yang terkandung di luxury watch. Jam tangan ini biasanya lebih sering dipajang sebagai bagian dari koleksi para kolektor jam tangan. Kalau dipakai, lebih cocok dikenakan saat pergi ke acara-acara berkelas untuk meningkatkan kesan elegan, superior, dan prestise.

Baca juga:   Yuk Coba! Gaya Minimalis dan Chic yang Bisa Bikin Kamu Tambah Keren

Selain pertimbangkan tipe jam tangan, perhatikan juga proporsional tubuh kamu. Jenis jam tangan pria yang sama bisa terlihat sangat berbeda pada dua pria dengan ukuran tubuh yang berbeda.

Kalau pergelangan tangan kamu berukuran lingkar 6″ atau kurang, sebaiknya pakai jam tangan yang lebar strapnya 34-36mm. Untuk tangan berukuran lingkar  6-7″, kamu paling aman pakai jam tangan yang lebar strapnya 38-42mm. Untuk lingkar 7”, kamu perlu pakai lebar strap ukuran 44-46mm
Intinya, makin kecil pergelangan tangan kamu, pilih jenis jam tangan pria yang ukuran lebar strapnya dan diameter casing-nya lebih kecil. Selamat memilih.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.suitsexpert.com/blog/watch-types-for-men/

https://www.realmenrealstyle.com/watch-styles/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram