Monday, 01 January 2022

Apa Itu Upcycling Fashion?

Sebelum berbicara lebih jauh soal upcycling fashion, apakah Anda sudah tahu apa itu upcycling fashion sebenarnya?
September 26, 2023  | Kingkit Neira
Apa Itu Upcycling Fashion
 

Apa Itu Upcycling Fashion? - Upcycling fashion belakangan menjadi tren baru yang begitu memukau para fashionista. Bagaimana tidak, pakaian lama mampu disulap menjadi pakaian baru dengan nilai estetika yang luar biasa.

Apa Itu Upcycling Fashion?

Upcycling fashion adalah proses mengubah pakaian lama yang telah usang ataupun rusak menjadi produk baru bernilai guna. Tidak hanya pada pakaian saja, namun berbagai fashion item lain seperti celana, topi, jaket dan sebagainya.

Praktik upcycling fashion sebenarnya sudah ada sejak lama. Di masa lalu, orang sering menggunakan bahan-bahan yang tersedia di sekitar mereka untuk membuat pakaian, termasuk menggunakan potongan-potongan kain bekas untuk membuat pakaian baru. 

Namun, dengan berkembangnya produksi massal dan konsumsi berlebihan, praktik ini mulai terlupakan. Meski demikian, tren ini perlahan mulai kembali hidup.

Apa bedanya upcycling fashion dengan recycle? Keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Kalau recycle adalah proses daur ulang barang usang yang tak terpakai dengan bantuan kimiawi dan mekanis. Sementara, upcycling mengubah barang usang menjadi karya baru yang bernilai tanpa bantuan bahan kimiawi atau mekanis.

Anda bisa mencoba upcycling sendiri di rumah hanya dengan bermodalkan pakaian-pakaian bekas yang tersedia. Meskipun tampak sepele, namun upcycling sangat berperan besar bagi kehidupan.

Merujuk pada laporan International Unior for Conservation of Nature, limbah tekstil diprediksi menjadi sumber polusi mikroplastik laut tertinggi di dunia. Hal ini selaras dengan data global yang menunjukkan ada 90 juta ton sampah tekstil tersebar di penjuru dunia.

671955_b6017f1e94c34dfaaf4d70d6f846f8c0~mv2
(Sumber: Picnicwear)

Manfaat Upcycling Fashion

Selain mengurangi limbah tekstil, ada sederet manfaat dari adanya upcycling fashion, antara lain:

Baca juga:   5 Brand Upcycling Fashion Sulap Limbah Jadi Berkelas

1. Mengurangi Limbah Tekstil

Upcycling fashion membantu mengurangi jumlah limbah tekstil yang dibuang ke tempat pembuangan akhir. Dengan mengubah pakaian yang sudah tidak terpakai menjadi barang baru, kita menghindari penumpukan limbah tekstil dan mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Kreativitas dan Ekspresi Diri

Upcycling fashion memberikan kesempatan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri melalui fashion. Dengan mengubah pakaian menjadi desain yang unik dan personal, kita dapat mengembangkan gaya fesyen yang unik dan mengungkapkan kepribadian kita melalui pakaian yang kita kenakan.

3. Mengurangi Ketergantungan pada Industri Fashion Konvensional

Dengan melakukan upcycling fashion, kita dapat mengurangi ketergantungan pada produksi baru dari industri fashion konvensional. Hal ini membantu mengurangi penggunaan sumber daya alam yang berlebihan dan energi yang digunakan dalam proses produksi pakaian baru.

PsychOut3-8837_b4cbbbe0-c9b1-407d-b763-1169b5e013b3_720x
(Sumber: Psychicoutlow)

Cara Memulai Upcycling Fashion

Seperti diulas di atas, ternyata upcycling fashion memiliki peranan yang cukup penting. Selain untuk kehidupan juga memiliki nilai estetika dan keunikan tersendiri yang tak terbantahkan.

Jika Anda mulai tertarik memulai kampanye upcycling fashion dari rumah, berikut ini tips memulai upcycling fashion yang bisa menjadi pedoman untuk Anda.

1. Temukan Inspirasi

Cari inspirasi dari sumber-sumber seperti buku, majalah, media sosial, atau komunitas online yang berfokus pada upcycling fashion. Lihatlah ide-ide kreatif dari para desainer dan upcycler lainnya untuk memperluas wawasan dan kreativitas Anda.

2. Pilih Bahan

Cari pakaian atau limbah tekstil lainnya yang ingin Anda upcycle. Bisa berupa pakaian lama yang tidak terpakai, potongan-potongan kain bekas, atau bahkan kain yang Anda temukan di toko barang bekas. Pastikan bahan-bahan yang Anda pilih masih dalam kondisi baik untuk diubah menjadi barang baru.

Baca juga:   Produk Sustainable Lebih Mahal dari Produk Konvensional

3. Rencanakan dan Realisasikan

Buatlah rencana desain untuk barang baru yang ingin Anda buat. Anda bisa mencatatnya atau membuat sketsa sederhana. Setelah itu, mulailah mewujudkan rencana Anda dengan memotong, menjahit, dan mengubah bahan-bahan tersebut menjadi barang fesyen yang baru dan menarik.

4. Jelajahi Teknik dan Keterampilan

Jika Anda belum terbiasa dengan menjahit atau teknik upcycling, pertimbangkan untuk mengikuti kursus atau melihat tutorial online. Penguasaan teknik dan keterampilan ini akan membantu Anda dalam menghasilkan karya upcycling yang lebih baik dan profesional.

5. Berbagi dan Menginspirasi

Setelah Anda berhasil menciptakan barang-barang fesyen upcycling, berbagilah dengan orang lain tentang pengalaman dan karya Anda. Bagikan di media sosial atau ikuti komunitas upcycling untuk mendapatkan umpan balik dan menginspirasi orang lain untuk bergabung dalam upaya menjaga lingkungan melalui fashion yang berkelanjutan.

Upcycling fashion adalah cara yang kreatif dan berkelanjutan untuk terlibat dalam industri fashion. Dengan sejarah yang panjang, manfaat yang signifikan, dan langkah-langkah praktis untuk memulainya, mari kita jadikan upcycling fashion sebagai bagian dari gaya hidup kita dan berkontribusi dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220426032003-277-789613/upcycling-tampil-gaya-dengan-baju-lama-sambil-kurangi-sampah-busana

https://www.kompas.com/parapuan/read/533087911/solusi-untuk-atasi-limbah-pakaian-ini-bedanya-upcycle-dan-recycle

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5076679/upcycling-fashion-jadi-cara-kreatif-jaga-bumi-dari-limbah-fesyen
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram