Monday, 01 January 2022

10 Rekomendasi Aplikasi Desain Baju untuk PC, iOS dan Android

Latih terus kemampuan kamu dalam membuat sketsa desain pakaian! Yuk, simak 10 rekomendasi aplikasi desain baju untuk komputer dan android. 
February 7, 2023  | Anggun Tifani
aplikasi desain baju
 

Proses awal produksi pakaian biasanya diawali dari sebuah desain terlebih dahulu. Desain tersebut berupa gambaran rancangan pakaian yang akan diproduksi atau dibuat. Biasanya desain tersebut akan dibuat di atas kertas layaknya kegiatan menggambar pada umumnya. 

Apa pengertian desain?

Mengutip buku Case-Based Design karya Djauhar Manfaat (13:2013), English Dictionary (1986) misalnya, menjelaskan salah satu definisi dari desain sebagai kegiatan untuk menyusun struktur atau bentuk dari sesuatu, dengan membuat sketsa atau rancangan.

aplikasi desain baju
Sumber: pexels.com

Untuk itu, sketsa desain pakaian menjadi asal mula pokok yang penting sebelum adanya produksi pembuatan pakaian. Hal ini dilakukan, agar pakaian yang dirancang atau dibuat dapat sejalan dengan desain yang dimaksud.

Namun di zaman yang sudah serba digital ini, proses pembuatan desain pakaian bisa dilakukan melalui bantuan gawau berupa aplikasi yang dapat dipasang di Personal Computer (PC), iOS dan handphone android. 

Bagi kamu yang sedang menggiati dunia fashion dalam bidang desain pakaian, maka kamu perlu membaca artikel berikut agar kamu bisa mulai mendesain pakaian lewat bantuan aplikasi di komputer dan android. Yuk, simak 10 rekomendasi aplikasi desain baju untuk komputer dan android. 

Tailornova

Tailornova adalah perangkat lunak desain fashion online. Jadi apapun perangkat yang kamu gunakan, baik iOS, Android atau bahkan komputer dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk kebutuhan desain sketsa pakaian. 

Adanya fitur kustomisasi 3D dan template yang tepat, membuat Tailornova dapat membantu penggunanya menjadi lebih kreatif. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya mendapatkan pratinjau sampel garmen 3D, sketsa datar, dan pola jahit yang dibuat sesuai ukuran, siap untuk diunduh, dipotong, dan dijahit.

Baca juga:   Simak 4 Cara Mudah Merawat Knitwear Agar Tidak Cepat Rusak

Wardrobe Journal

Wardrobe Journal adalah aplikasi desain baju untuk penggunaan pribadi. Aplikasi ini juga bisa menjadi pilihan yang sangat berguna bagi seorang desainer kostum karakter. Sayangnya jika ingin menggunakan aplikasi ini lewat android, apk-nya tidak dapat ditemui dan diunduh secara langsung di PlayStore. Harga aplikasi ini dibandrol $0.99.

Blender

Aplikasi Blender bukan aplikasi buat blender jus buah ya, jadi  kamu jangan salah paham yah.  Aplikasi Blender yang satu ini merupakan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat desain apa pun dengan tampilan 3D. Aplikasi Blender dapat dipasang pada perangkat Windows, Mac, atau bahkan Linux. Keistinmewaan aplikasi Blender adalah adalah fitur renderingnya yang sangat lengkap seperti pengaturan untuk bayangan, pencahayaan, interaktivitas, efek buram, tekstur gambar, dan tools-tools lainnya yang dapat membantu dalam mengaplikasikan hasil karya desain baju yang ingin dibuat. 

DH Costume

Aplikasi desain baju ini membantumu membuat desain pakaian layaknya desainer profesional. DH Costume adalah aplikasi berbayar untuk iOS, jadi aplikasi ini saat ini diketahui baru dikembangkan untuk perangkat iOS. Seperti diketahui, aplikasi ini dikembangkan oleh ScriptE Systems, LLC. Versi terbaru yang dirilis oleh pengembangnya adalah 2.5.6. 

Fashion Design Flat Sketch

Nah aplikasi Fashion Design Flat Sketch cocom banget buat kamu yang seorang desainer, pembuat pola, ilustrator, mahasiswa atau orang-orang yang ingin berkreasi tentang mode. Aplikasi ini bisa membantu untuk mendesain gaun, jumpsuit, rok dan mode jenis pakaian lainnya. Aplikasi ini dapat kamu unduh dan ditemukan di PlayStore, jadi bisa dipasang di perangkat ponsel android. 

Inkscape

Inkscape adalah sebuah perangkat lunak editor gambar vektor yang bersifat perangkat lunak bebas di bawah lisensi GNU GPL. Tujuan utama dari Inkscape adalah menjadi perangkat grafik mutakhir yang memenuhi standar XML, SVG, dan CSS. 

Baca juga:   7 Fakta Christian Dior, Legenda Dunia Fashion yang Pernah Ditahan Nazi

Aplikasi ini cocok untuk mendesain kaos dan berbagai jenis pakaian lainnya. 

Tampilannya pun tidak jauh berbeda dengan CorelDraw. Selain itu, Inkscape juga memungkinkan penggunanya untuk membuat objek desain dengan model 3D, spiral, elips, dan lainnya. Inkscape juga hadir dengan tampilan aplikasi yang sederhana dan sangat mudah digunakan, terutama untuk pemula yang baru mulai untuk merancang desain pakaian. Sayangnya, aplikasi ini diperuntukkan pada penggunaan komputer MacOS, Windows dan Linux. 

Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah perangkat lunak terpopuler untuk desain grafis. Namun begitu, aplikasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk aplikasi desain pakaian. Aplikasi desain besutan Adobe ini dapat digunakan untuk membuat sketsa dengan detail yang unik dan beragam.

WGSN

Perancang busana atau seorang desainer pakaian perlu memahami bagaimana perasaan, pemikiran, dan perilaku pembeli. Sangat penting untuk memprediksi tren dan merancang pakaian yang sesuai. WGSN adalah aplikasi terkemuka yang ahli dalam memprediksi tren yang didukung dengan ilmu data. Dengan statistik yang dipilih secara ahli, wawasan pembeli, dan strategi perdagangan, WGSN membantu pengguna dalam menciptakan desain dan pola pakaian terbaik. 

Pantone Color Finder

Pantone  Color Finder dikenal sebagai aplikasi untuk desain jenis apapun. Sesuai namanya, Pantone color merupakan istilah untuk menyebut ialah suatu sistem pewarnaan yang kerap digunakan dalam dunia desain untuk menciptakan hasil warna pilihan dan reproduksi warna yang konsisten dan akurat. Warna Pantone ini menjadi pelopor penciptaan tren warna pada tahun 1950-an, dan sejak tahun 1963, Pantone terus menentukan tren warna pilihan di seluruh dunia dengan menciptakan Pantone Matching System (PMS).

Dengan menggunakan bantuan aplikasi ini, desainer dapat  menggabungkan dan mengidentifikasi warna dengan mudah menentukan warna mana yang paling cocok untuk  produk mereka.

Baca juga:   5 Bahan Pakaian yang Bisa Bikin Kamu Kerepotan Saat Hujan

Fashion Design Sketches Book

Aplikasi Fashion Design Sketches Book dapat diunduh melalui PlayStore secara gratis. Aplikasi ini dilengkapi tools-tools dasar yang cocok untuk desainer pakaian pemula. Penggunaan aplikasi ini pun terbilang cukup mudah. Aplikasi ini paling cocok untuk membantu desainer-desainer dalam melatih kemampuan membuat sketsa desain pakaian. 

Itu dia 10 rekomendasi aplikasi desain baju atau pakaian yang dapat kamu unduh dan gunakan untuk melancarkan kreatifitas kamu dalam mendesain pakaian.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
Buku Case-Based Design karya Djauhar Manfaat (13:2013)

https://fashinza.com/textile/tips-for-fashion-brands/top-20-apps-for-designing-clothes-free-and-paid-options/ (Diakses pada: 13 Desember 2022)

https://www.lombadesain.id/pantone-color-solusi-warna-desain-cetak/ (Diakses pada: 13 Desember 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram