Monday, 01 January 2022

Bahan Kain Tencel yang Ramah Lingkungan

Terwujudnya sustainable fashion menjadi salah satu mimpi yang sangat diharapkan di dunia perindustrian fashion.
July 14, 2023  | Dena Ayu
 

Terkait dengan isu ramah lingkungan yang menjadi sorotan dalam beberapa tahun ini, salah satunya di bidang fashion. Hingga saat ini dapat mempengaruhi seluruh desainer untuk mendesain model pakaian dengan bahan yang ramah lingkungan/sustainable fashion. 

bahan kain tencel
Sumber: unplash.com/fascinadora 

Bahkan Indonesia menjadi salah satu negara yang mempunyai potensi besar dalam memimpin terwujudnya sustainable fashion. Seperti yang sudah terjadi yaitu semakin banyaknya desainer Indonesia yang menciptakan rancangan produk yang ramah lingkungan. 

Oleh karena itu, salah satu material yang termasuk menjadi bahan yang ramah lingkungan salah satunya adalah bahan kain tencel. Nah.. seperti apa sih bahan tencel.

Sekilas tentang bahan tencel 

Bahan kain tencel merupakan bahan kelas premium yang terbuat dari serat kayu (Lyocell), seperti bahan biodegradable dari bubuk kayu selulosa yabg dapat disebut rumput bambu organik. Sedangkan mengenai nama tencel berasal dari perusahaan Lenzing AG, yang mana menjadi merek dagang dari serat lyocell. 

bahan kain tencel
Sumber: unplash.com/Eugeniusz Dudzinski

Terkenal dengan bahan yang flesibel dikarenakan dapat dimanipulasi dengan berbagai tekstur tergantung pada proses pembuatannya. Akan tetapi tetap menjadi unggulan yang mana bahannya dikenal tahan lama dan ramah lingkungan. 

Karakteristik bahan tencel 

Berikut adalah beberapa karakteristik dari bahan tencel yang memiliki banyak keunggulan dan sangat istimewa diantaranya:

bahan kain tencel
Sumber: unplash.com/Tarzhanov
  • Bahan yang memiliki karakteristik lembut.
  • Bahan tencel yang memiliki serat kuat dalam keadaan kering atau basah.
  • Bahan yang terbuat dari bahan organik mempunyai sentuhan yang lembut dikulit/handfeel
  • Tidak mudah luntur, dikarenakan bahan tencel mudah menyerap warna dengan baik. 
  • Memiliki sifat pengatur suhu secara alami, sehingga nyaman digunakan.
  • Memiliki kualitas yang higienis yang lebih baik untuk bahan kain yang sifat anti bakterinya dapat memberikan kualitas yang baik.
  • Tencel mudah dipadukan dengan bahan-bahan lainnya seperti wami, kapas, wol, visoce, polyester. 
Baca juga:   8 Inspirasi Tampil Chic dan Nyaman dengan Linen

Keunggulan bahan tencel

 Berikut adalah beberapa keunggulan dari kain tencel yaitu:

Ramah lingkungan

Bahan kain tencel merupakan salah satu bahan yang ramah lingkungan dikarenakan terbuat dari kayu-kayu yang bersertifikat, yang mana dapat terurai di alam. Proses produksinya dilakukan perusahaan Lenzing yang menerapkan prinsip circular yang berkelanjutan sehingga jejak karbon yang ada di bahan tencel jauh lebih rendah. 

Lebih halus dari katun

Mempunyai struktur yang seratnya lebih halus dan menyerap air dari pada katun. Yang dapat mengurangi terbentuknya bakteri yang akibatnya iritasi pada kulit. Karakter bahannya yang halus dan lembut membuatnya sangat baik digunakan. 

Nyaman digunakan 

Tekstur yang lembut dan halus memberikan kenyamanan ketika digunakan. Bukan hanya itu kain tencel dapat menyerap keringat dan teruji hypoallergenic sehingga cocok untuk pemilik kulit sensitif. 

Material yang eksklusif 

Kualitas yang baik dan unggul dari bahan kainnya, sehingga pembuatannya memerlukan perhatian khusus dan menjadikan produksi tencel tidak terlalu banyak dan membuatnya menjadi lebih kesklusif dan harganya llebih relatif mahal. 

Berasal dari tanaman alami

Bahan tencel berasal dari kayu yang ada dihutan dan di perkebunan yang dikelola secara berkelanjutan. Kayu plup yang dipakai sebagai bahan dasar dan bersertifikat dan terkontrol.

Diproses dengan aman

Sangat aman bahan tencel terbuat dari bahan biodegradable yaitu berupa bubuk kayu seluosa dan diproses dengan teknologi pelarut yang modern. Yang mana pelarut tersebut tidak berbahaya bagi tubuh manusia. 

Mudah di daur ulang

Bebas polusi dan ramah lingkungan yang mana serat tencel dapat didekomposisi secara menyeluruh. Dan dapat didaur ulang sepenuhnya. 

Bersifat anti bakteri

bahan tencel yang mempunyai sifat anti bakteri sangat aman digunakan, serta kelembapannya dapat menyerap secara menyeluruh. Dan kualitas yang higienis yang lebih baik untuk bahan kain yang sifat anti bakterinya dapat memberikan kualitas yang baik. Well, bagaimana ini, mau coba menggunakan bahan tencel atau ingin berpindah pada sustainable fashion yang lebih aman dan ramah lingkungan? Yuk sedikti demi sedikit kita coba untuk menerapkan fashion yang ramah lingkungan.

Baca juga:   Mengenal Ecoprint, Inovasi Fashion Ramah Lingkungan dari Tumbuhan

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.dewimagazine.com/fashion-tips/kain-tencel-serat-ramah-lingkungan-yang-juga-mendukung-kenyamanan-berbusana

https://fitinline.com/article/read/kelebihan-bahan-tencel-dan-pemanfaatannya-untuk-fashion-ramah-lingkungan/

https://www.tencel.com/id/news-and-events/lima-kelebihan-serat-alami-tencel-untuk-produk-pakaian-ramah-lingkungan

https://www.tencel.com/id/news-and-events/bagaimana-cara-mengetahui-produk-pakaian-anda-ramah-lingkungan

https://www.sleepprojectindonesia.com/blog/organic-silk-atau-cotton-mana-yang-lebih-baik#:~:text=TENCEL%E2%84%A2%20berasal%20dari%20serat,organic%20silk%20atau%20sutera%20organik.

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram