Monday, 01 January 2022

Barbiecore: Tren Fashion 2023 yang Lagi Ramai

July 29, 2023  | Yaumil Azis
barbiecore
 

Barbie bukanlah sesuatu yang asing buat orang-orang di zaman sekarang. Boneka yang diproduksi di Amerika Serikat dari tahun 1959 tersebut menjadi salah satu item favorit di kalangan anak-anak, khususnya wanita.

Boneka Barbie menampilkan sosok wanita berparas cantik yang gayanya bisa diutak-atik. Sang pemain bisa mengubah banyak hal di tubuh si Barbie, mulai dari rambut, sepatu, hingga pakaian yang melekat di tubuhnya.

Terinspirasi dari boneka legendaris, sebuah tren muncul di tengah-tengah masyarakat dunia dengan nama Barbiecore. Tren ini tak bisa lepas dari film Barbie: The Movie, dibintangi Margot Robbie, yang bakal rilis pada tahun 2023 mendatang.

Lantas seperti apa fashion Barbiecore ini? Simak penjelasanya di bawah ini ya!

Awal mula Barbiecore

Tren Barbiecore memang baru meledak di tahun 2022. Namun sejatinya, benih-benih tren ini sudah tercipta paling tidak sejak tahun 2019 lalu. Ini berdasarkan ratusan Barbiecore Pinterest Board yang telah dibuat sejak tahun segitu.

Presenter televisi, Laura Whitmore (kanan), dalam balutan pink. Foto milik Laura Whitmore.

Barbiecore mencapai puncak popularitasnya karena platform Tiktok. Hashtag Barbiecore mendapatkan atensi hingga hampir 15 juta penonton. Barbiecore juga menjadi salah satu kata yang banyak dicari di Etsy menurut laporan Good Morning America.

Jauh sebelum itu, aroma Barbie di kehidupan nyata sudah terasa pada rapper asal Amerika Serikat, Nicki Minaj. Sejak awal kariernya, ia kerap disamakan dengan sang boneka. Bahkan fans-nya pun memiliki panggilan tersendiri untuknya - Barbz.

Sekarang tren Barbiecore sedang berada di puncak popularitas. Situs jual beli Klarna mencatat penambahan penjualan item berwarna pink. Penjualan dress mini pink mencapai 970 persen dan baju renang pink sebesar 682 persen dalam enam bulan terakhir.

Baca juga:   5 Tips Styling Hijab di Musim Panas, Sayonara Gerah dan Lepek!

Pinterest merupakan salah satu platform yang digunakan banyak orang untuk mencari inspirasi Barbiecore ini. Menurut data, diketahui adanya peningkatan pencarian sebesar 75 persen untuk kata ‘Barbie Outfit’.

Berpenampilan ala Barbiecore

Menerapkan fashion Barbiecore bukanla perkara sulit. Kamu tidak perlu sulit-sulit memikirkan kombinasi atasan-bawahan karena Barbiecore cuma memiliki satu warna pondasi: Pink! Semakin cerah lebih baik.

Hal ini dipertegas oleh pakar tren Etsy, Dayna Isom Johnson, kepada Good Morning America. “Barbiecore adalah tentang merangkul warna-warna cerah - terutama hot-pink khas boneka itu - dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

barbiecore
Barbie. Foto milik Barbie.

“Dan dengan nostalgia untuk waktu yang lebih sederhana, lebih cerah, dan lebih riang, masuk akal jika estetika merah muda yang terinspirasi dari tahun 80’-an ini menjadi pusat perhatian gaya musim panas,” lanjut Johnson.

Pilihan pakaiannya sendiri sangat beragam. Entah itu gaun pendek berbahan latex yang ketat atau fit-and-flare dengan tambahan pernak-pernik. Pada intinya, Barbiecore harus menunjukkan warna pink yang mentereng.

Untuk sepatu, anda bisa menggunakan high-heels ataupun boots yang memiliki sole tebal. Barbie selalu memberikan segudang opsi untuk jenis sepatu, dan begitu juga dengan tren ini. Selama warnanya masih satu: pink!

Mereka yang meramaikan Barbiecore

Berkembangnya sebuah tren tidak bisa lepas dari selebritis yang mengadopsinya. Barbiecore tidak hanya didongkrak oleh Margot Robbie saja. Banyak selebriti lain yang turut membantu perkembangan tren ini - tentu tanpa paksaan peran di film.

Warna hot-pink, yang merupakan pondasi Barbiecore - terlihat pada Grammy Awards 2022. Rapper Amerika Serikat, Saweetie, muncul dengan gaun terusan berwarna pink mencolok. Justin Bieber turut meramaikan suasana dengan beanie berwarna serupa.

Conan Gray juga tampil memesona dengan gaun berwarna hot-pink dari koleksi Valentino di acara Coachella pada bulan April lalu. Coachella juga diramaikan oleh Harry Styles yang tampil dengan balutan jaket bulu serta celana kulit berwarna pink.

Baca juga:   10 Tren Sepatu Tahun ini, Yang Perlu Kamu Ketahui!

Sungguh, Barbiecore menjadi tren yang marak di kalangan selebritis. Sebastian Stan muncul pada Met Gala 2022 dengan pakaian berwarna pink dari atas hingga bawah dan aktris senior, Glenn Close, juga terlihat mengenakan setelan hot-pink.

barbiecore
Sebastian Stan dalam balutan pink cerah. Foto milik Sebastian Stan.

Robbie juga turut meramaikan tren ini dalam kehidupan nyata. Pada bulan Juli, ia merayakan ulang tahunnya yang ke-32 dengan tema Barbiecore. Tidak tanggung-tanggung, ia juga menyertakan kue Barbie besar berwarna pink!

Sejalan dengan misi Barbie

Barbie di zaman sekarang tak lagi menampilkan sosok wanita rupawan dengan tubuh langsing, rambut warna-warni dan kulit putih saja. Variasinya semakin banyak: bertubuh curvy dan beragam jenis warna kulit dan rambut.

barbiecore
Barbie. Foto milik Barbie.

Pada tahun 2020, Barbie Fashionistas mencantumkan sebanyak 176 boneka dengan sembilan tipe tubuh berbeda, 35 warna kulit, dan 94 gaya rambut. Produsen Barbie juga menambahkan boneka dengan alat bantu pendengaran, kaki prostetik, hingga karakter Ken (sosok laki-laki dalam Barbie universe) yang mengalami vitiligo.

Kehadiran berbagai jenis boneka ini menekankan misi Mattel selaku produsen Barbie: Keanekaragaman. Tren Barbiecore pun turut membantu pelaksanaan misi dengan membongkar segala macam stereotip dan menjadi pernyataan dalam feminisme.

“Saya pikir kita telah mengubah cara berpikir soal stereotip wanita Barbie dengan rambut pirang dan tubuh yang sempurna. Zaman sekarang, kita menyaksikan berbagai macam individu, seperti saya, mengambil bagian dalam estetika,” kata seorang fashion blogger, Chazlyn Yvonne Stunson, kepada Insider.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   6 Inspirasi Gaya Busana Eklektik
Reference: 
People. https://people.com/style/barbiecore-fashion-trend-everything-to-know/ (Diakses pada: 3 November 2022)

Whowhatwear. https://www.whowhatwear.com/barbiecore-trend (Diakses pada: 3 November 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram