Monday, 01 January 2022

Cara Berpakaian Pria Tinggi yang Tepat

Memiliki tubuh tinggi merupakan dambaan bagi setiap pria, karena bagi mereka hal itu akan membuatnya lebih percaya diri dan terlihat lebih keren.
September 6, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Cara Berpakaian Pria Tinggi
 

Namun, dibalik segala kemudahan yang didapat ketika beraktivitas atau hal-hal kecil lainnya, terdapat sejumlah masalah yang dihadapi oleh pria bertubuh tinggi atau jangkung, salah satunya yaitu kesulitan mencari ukuran pakaian yang pas di badan.

Kebanyakan dari mereka ketika membeli pakaian sering menemui baju atau celana yang pas di badannya, tetapi kependekan pada panjang lengan atau panjang celana. Sehingga membuat penampilan kurang seimbang dan sulit memadu padankan pakaian yang diinginkan. 

Namun sekarang, buat kamu pria yang memiliki tubuh tinggi tak perlu khawatir lagi karena di bawah ini akan diulas bagaimana cara berpakaian yang tepat dan mudah diterapkan sehari-hari bagi pria bertubuh tinggi. Simak selengkapnya dengan seksama ya!

Cara berpakaian yang tepat untuk pria tinggi

Sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu tipe tubuhmu sendiri, apakah tinggi kurus, tinggi atletis, atau tinggi besar. Hal ini dilakukan agar dapat memberikan tampilan menarik dan seimbang yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh. 

Cara berpakaian bagi pria tinggi kurus

Buat kamu pria bertubuh tinggi dan kurus, sebaiknya memiliki beberapa item pakaian seperti rompi, mantel puffer, sweater, kemeja bergaris horizontal, dan kemeja bermotif kotak kecil. Manfaatkan item tersebut untuk membuat style berlapis agar menghilangkan kesan vertikal yang tegas pada tubuh, style ini juga akan membuat kesan visual tubuhmu lebih berisi dan proporsional. 

Pastikan memadupadankan jenis pakaian dalam satu kelompok kombinasi warna bernuansa hangat dan gelap untuk menambah kesan manly, misalnya hitam, navy dan abu-abu gelap. Untuk bagian bawahannya, kamu bisa mencoba celana panjang berlipit kemudian memasukkan baju atau sweater yang dikenakan untuk menekankan gaya. Sebaiknya hindari celana dari bahan yang terlalu kontras dan celana model skinny agar kaki tidak terlihat kurus.

Baca juga:   Mengenal Tren Mob Wife Fashion, Style Ala Wanita Mafia

Cara berpakaian bagi pria tinggi atletis

Selanjutnya buat kamu pria bertubuh tinggi dan atletis, bisa menggunakan kemeja berukuran regular fit untuk memperlihatkan keatletisan tubuh tanpa merasa khawatir jika nantinya bagian lengan pakaian akan kependekan.

Kamu juga bisa mencoba kaos polo rajut yang dipadukan dengan jas atau jaket bomber untuk gaya casual-formal, pilihlah kaos polo rajut dengan menurunkan satu ukuran dibawah ukuran normal agar terlihat sempurna di badan atletis ketika dikenakan.

Cara berpakaian bagi pria tinggi besar

Berikutnya buat kamu pria yang memiliki tubuh tinggi dan besar, bisa memakai bawahan berpotongan longgar dan tidak menggantung terlalu rendah dari pinggang. Celana yang memiliki bentuk potongan kaki yang lebar akan menyeimbangkan tubuh bagian atas yang berisi. Cara berpakaian lain yang tepat untuk pria tinggi besar adalah dengan melengkapi penampilan menggunakan aksesoris berupa ikat pinggang yang terbuat dari bahan dan warna netral. Selain itu, kamu juga dapat menyempurnakan penampilanmu lewat alas kaki sneakers di acara casual dan sepatu klasik dari bahan kulit atau suede di acara formal yang penting.

Cara berpakaian yang sebaiknya dihindari oleh pria tinggi

Setelah mengetahui cara berpakaian yang tepat dan mudah diterapkan sehari-hari bagi pria tinggi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenai cara berpakaian yang sebaiknya dihindari oleh pria bertubuh tinggi, antara lain:

Atasan bermotif vertikal

Atasan bermotif vertikal tidak disarankan untuk dipakai pria tinggi kurus, juga dengan atasan horizontal yang sebaiknya tidak dipakai oleh pria tinggi besar. Karena kedua cara berpakaian tersebut hanya akan mempertegas bentuk tubuh pria tinggi yang kurus dan pria tinggi besar. Namun, bila ingin tetap memakai pakaian bermotif kamu bisa mencoba atasan dengan detail garis-garis kecil yang halus.

Baca juga:   9 Tren Warna Baju Lebaran 2024, Bukan Tersage-sage Lagi!

Kemeja dengan banyak kancing

Memakai kemeja yang memiliki banyak kancing juga akan mempertegas bentuk tubuh pria tinggi, oleh karena itu pilihlah kemeja yang memiliki letak kancing tersembunyi. Sebagai pilihan lainnya kamu bisa memakai kaos berkerah dengan jumlah kancing yang sedikit untuk tampil casual harian.

Memakai atasan dan bawahan pendek bersamaan

Cara berpakaian berikutnya yang tidak disarankan untuk pria tinggi yaitu memakai atasan dan bawahan pendek secara bersamaan, karena akan membuat penampilanmu terlihat janggal dan tidak cocok. Sebagai gantinya, kamu bisa memadukan celana panjang 3/4 dengan atasan berlengan pendek agar penampilanmu lebih proporsional.

Memakai celana dengan potongan menggantung

Ketika pria bertubuh tinggi memakai celana dengan potongan menggantung, hal ini akan memberikan kesan celana yang kependekan dan memperlihatkan mata kaki. Sehingga membuat tubuhmu terlihat lebih tinggi dari aslinya, itulah mengapa celana ini sebaiknya dihindari oleh pria bertubuh tinggi.

Memakai celana dengan potongan dibawah pinggang

Selain celana dengan potongan menggantung, memakai celana dengan potongan dibawah pinggang juga tidak disarankan untuk pria bertubuh tinggi karena hanya akan membuat tubuhmu seperti bambu menjulang yang berjalan. Oleh karena itu, disarankan untuk menambah aksesoris ikat pinggang agar tercipta siluet tubuh yang proporsional.

Itulah ulasan mengenai cara berpakaian yang tepat untuk pria tinggi dan mudah diterapkan sehari-hari. Jika diperhatikan, bentuk tubuh memang sangat berpengaruh pada penampilan setiap orang ya. Jadi, jangan lupa untuk memastikan tipe tubuh seperti apa yang kamu miliki agar penampilanmu terlihat proporsional dan stylish. Namun yang terpenting, sebaik apapun penampilanmu kamu harus percaya diri dan bangga memiliki tubuh tinggi.

Semoga menginspirasi!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Mengenal Gaya Busana Eklektik
Reference: 
mas-kulin.com https://mas-kulin.com/cara-berpakaian-untuk-pria-tinggi/ Diakses pada tanggal 6 Juni 2023

idntimes.com https://www.idntimes.com/men/style/seo-intern/cara-berpakaian-untuk-pria-tinggi-biar-tubuh-lebih-proporsional
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023

lifestyle.kompas.com https://lifestyle.kompas.com/read/2019/11/06/151500220/trik-berbusana-untuk-pria-bertubuh-jangkung?page=all
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023

lifestyle.okezone.com https://lifestyle.okezone.com/read/2017/03/10/194/1639689/tips-berpakaian-untuk-pria-tinggi-jangan-pakai-warna-cerah
Diakses pada tanggal 6 Juni 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram