Monday, 01 January 2022

Cara Membersihkan Masker Kain

Menjaga kebersihan masker kain sangatlah penting dilakukan karena jika tidak dicuci bersih dengan baik dan benar,
August 9, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
cara membersihkan masker kain
 

Era darurat pandemi Covid-19 sudah resmi dinyatakan berakhir oleh organisasi kesehatan dunia (WHO), dalam pertemuan ke-15 International Health Regulations di Jenewa pada tanggal 4 Mei 2023 beberapa waktu yang lalu. Namun meskipun demikian, penggunaan masker tetap dianjurkan sebagai langkah efektif mencegah penularan penyakit yang menyebar melalui udara.

Masker merupakan alat pelindung diri yang wajib digunakan ketika melakukan kegiatan di luar ruangan untuk melindungi penggunanya dari paparan virus, bakteri, kuman dan debu di udara yang dapat menyebabkan infeksi atau penyakit. Terdapat beberapa jenis masker yang direkomendasikan, salah satunya adalah masker kain yang dapat dicuci kemudian digunakan kembali.

Cara membersihkan masker kain yang benar agar tetap steril dari kuman penyakit

Masker kain bisa menjadi tempat tumbuhnya kuman, bakteri dan virus penyebab berbagai macam penyakit. Lalu, bagaimana cara membersihkan masker kain yang benar agar tetap steril? Yuk kita ketahui bersama di bawah ini!

Cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh masker

Cucilah tanganmu sebelum menyentuh masker dan setelah melepas masker dari wajah, untuk memastikan tangan dalam keadaan bersih sehingga tidak membawa kuman ke masker kain.

Lepaskan masker dengan hati-hati

Gunakan tali atau karet masker ketika melepaskan masker kain, lakukan dengan hati-hati untuk menghindari sentuhan pada bagian depan masker yang mungkin terkontaminasi oleh partikel kuman, bakteri atau virus.

Jangan sembarang meletakkan masker kain

Setelah melepaskan masker kain dari wajah, jangan meletakkannya di atas permukaan yang kotor atau tidak steril. Letakkan masker kain di atas permukaan yang bersih dan aman seperti dalam wadah tertutup atau di atas tisu.

Baca juga:   Jokowi Anggap Bisnis Thrift Baju Bekas Impor Mengganggu, Kenapa Ya?

Rendam masker kain dengan air hangat

Siapkan air hangat dalam wadah dan tambahkan sabun atau deterjen kemudian rendam masker kain selama 5 - 10 menit, setelah itu gosok atau kucek secara perlahan untuk membersihkan masker kain dari kotoran yang menempel.

Bilas masker kain di air mengalir

Setelah direndam, bilas masker kain di bawah air yang mengalir sampai bersih dan tidak ada lagi sisa-sisa busa dan sabun di masker untuk menghindari bau yang menyengat ketika dipakai.

Keringkan masker kain

Jika masker kain sudah benar-benar bersih dari sabun, saatnya mengeringkan masker kain dengan cara digantung atau diletakkan di atas permukaan yang bersih dan terkena sinar matahari langsung. Pastikan bahwa masker kain sudah kering sebelum digunakan kembali, jika masih sedikit lembab dapat menjadi sarang bakteri yang justru dapat menimbulkan penyakit.

Setrika masker kain

Sebelum memakai masker yang sudah dicuci, masker kain perlu disetrika terlebih dahulu di suhu panas agar tidak ada lagi kuman, bakteri atau virus yang menempel pada permukaan kain. 

Simpan di tempat yang bersih

Setelah masker kain disetrika, simpan ditempat yang bersih dalam wadah tertutup agar terjaga kebersihannya. Sekarang, masker bisa diambil sewaktu-waktu dan siap untuk dipakai.

Nah, itulah cara membersihkan masker kain yang benar agar tetap steril dari kuman penyakit. Pastikan untuk mencuci masker kain secara teratur, terutama jika masker sering digunakan. Usahakan memakai masker yang cocok dengan ukuran wajah dan dapat menutup hidung serta mulut dengan baik, agar terlindung dari kuman penyebab berbagai macam penyakit.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   10 Gaun Pengantin Unik, Ada yang Terbuat dari Lego dan Kondom
Reference: 
halodoc.com https://www.halodoc.com/artikel/cara-mencuci-masker-kain-anjuran-kemenkes-1
Diakses pada tanggal 12 Mei 2023

alodokter.com https://www.alodokter.com/tak-boleh-sembarangan-ini-cara-mencuci-masker-kain-yang-tepat
Diakses pada tanggal 12 Mei 2023

indonesiabaik.id https://indonesiabaik.id/infografis/yuk-cuci-masker-kainmu-dengan-benar
Diakses pada tanggal 12 Mei 2023

kompas.com https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/01/103200723/5-cara-mencuci-masker-kain-dengan-benar-tak-perlu-pakai-air-panas
Diakses pada tanggal 12 Mei 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram