Monday, 01 January 2022

Fashion Repair: Memperbaiki Pakaian yang Rusak Secara Kreatif

Nah, buat kamu yang mempunyai pakaian dengan kerusakan kecil atau masalah ringan lainnya, jangan langsung membuangnya ya!
April 26, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
fashion repair
 

Dari sekian banyak pakaian di lemari, pasti ada beberapa diantaranya yang jarang dipakai atau ketika ingin memakai dikembalikan lagi karena terdapat kerusakan pada pakaian, mulai dari sobekan kecil hingga masalah kain yang aus. 

Jangan khawatir! Ada solusi efektif untuk memperbaiki pakaian yang rusak secara kreatif atau disebut dengan istilah fashion repair.

Apa itu fashion repair?

Fashion repair memiliki arti sebuah konsep atau praktik memperbaiki pakaian rusak secara kreatif, dengan melibatkan penggunaan keterampilan seperti menjahit, merajut, merenda dan berbagai teknik lainnya. Fashion repair dilakukan untuk mengembalikan pakaian ke kondisi baik agar dapat dipakai kembali, dan bahkan bisa menciptakan tampilan baru dari kerusakan sebelumnya.

7 teknik sederhana fashion repair bagi pemula

Banyak cara menemukan teknik fashion repair, salah satunya yaitu melalui buku panduan, tutorial online atau video YouTube sebagai media pembelajaran yang berharga untuk meningkatkan keterampilan fashion repair. Berikut adalah beberapa teknik sederhana bagi pemula yang ingin memperbaiki pakaian rusak menggunakan praktik fashion repair, antara lain :

1. Menjahit dengan tangan

Selain menjahit menggunakan mesin, menjahit dengan tangan merupakan keterampilan dasar yang sangat berguna dalam memperbaiki pakaian. Dimulai dari memahami teknik dasar menjahit lurus atau menjahit balik, untuk memperbaiki robekan kecil, mengganti kancing yang lepas atau hilang, memperbaiki jahitan yang longgar dan masih banyak yang lainnya.

2. Merajut

Merajut juga menjadi cara kreatif lainnya untuk memperbaiki kerusakan pakaian. Apabila terdapat lubang kecil atau sobekan pada pakaian rajutan seperti sweater, cardigan, dress, hingga syal dapat dirajut dengan benang yang sesuai warna dan mengikuti pola dasar rajutan lurus atau rajutan polos.

Baca juga:   11 Model Bridesmaid Dress yang Elegan dan Stylish

3. Memperbaiki resleting

Tantangan memperbaiki resleting yang rusak akan mudah dilakukan jika dilakukan dengan sabar dan terus mencoba. Tidak ada salahnya memerlukan bantuan perlengkapan perbaikan resleting atau menggunakan teknik menjahit tangan, agar pemasangan dan perbaikan resleting yang rusak mudah dilakukan.

4. Menggunakan patches

Jika ada pakaianmu yang memiliki robekan atau lubang kecil, cobalah menggunakan patch kain yang menarik untuk menutupinya. Patch ini juga bisa menjadi desain yang mampu menambah gaya pada pakaian, dengan cara menjahitnya atau menempelkannya dengan perekat kain.

5. Menggunakan pita perekat kain

Untuk memperbaiki robekan pada pakaian non rajut, kamu bisa menggunakan pita perekat kain hanya dengan menempelkannya pada bagian belakang robekan pakaian agar dapat memberikan penguatan sementara. Kelebihan dari teknik ini adalah kepraktisannya, namun tidak dapat digunakan pada robekan pakaian dengan ukuran besar, dan butuh pengulangan jika pita perekat kain sudah tidak dapat menempel.

6. Melakukan permak pakaian

Ukuran pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil pasti membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri saat memakainya. Oleh karena itu, perlu dilakukan beberapa perubahan pada pakaian tersebut dengan melakukan permak untuk memperbaiki ukurannya. 

Jika pakaian terlalu panjang, pastikan mengukur dengan teliti sesuai ukuran panjang yang diinginkan sebelum memotong dan menjahit ulang bagian bawah pakaian. Jika pakaian terlalu longgar, bisa diperbaiki dengan cara menjahit sisi-sisi sampingnya atau bagian belakang untuk mengubah ukuran sesuai keinginan, dan pastikan memiliki keterampilan dasar dalam menjahit agar hasilnya tetap rapi.

7. Menambah detail tambahan

Pakaian yang memiliki kerusakan di bagian-bagian tertentu seperti ujung lengan dan ujung leher yang mengalami keausan, bisa diperbaiki dengan cara menambah atau memberi pita kain yang kontras untuk memberi sentuhan gaya baru pada pakaian. Sedangkan pakaian yang memiliki aksesoris tambahan seperti ikat pinggang, dapat diganti dengan ikat pinggang baru yang sesuai untuk memberi tampilan yang lebih segar pada pakaian.

Baca juga:   Daftar Rekomendasi Podcast Tentang Fashion di Spotify, Wajib Dengar!

Kemungkinan besar di luar sana masih banyak teknik-teknik lain dari fashion repair yang digunakan untuk memperbaiki pakaian. Langkah awal, cobalah menerapkan teknik-teknik di atas ke pakaian yang tidak terlalu berharga terlebih dahulu sebelum mencoba ke pakaian kesayangan, agar terhindar dari hasil yang mengecewakan.

Tujuan dan manfaat fashion repair

Fashion repair memiliki tujuan dan manfaat besar yang baik untuk lingkungan, ekonomi, dan juga meningkatkan kreativitas setiap individu. Berikut adalah beberapa tujuan dan manfaat utama dari praktik fashion repair, antara lain :

A. Tujuan fashion repair

  1. Mengurangi limbah tekstil, dengan memperbaiki pakaian yang rusak atau usang dapat mencegah pakaian-pakaian yang berakhir di tempat pembuangan akhir
  2. Memperpanjang umur pakaian, berarti memaksimalkan nilai dari setiap pakaian yang dimiliki dan mengurangi kebutuhan akan pakaian baru
  3. Mendukung keberlanjutan, karena praktik fashion repair sejalan dengan prinsip keberlanjutan melalui perbaikan dan pemanfaatan kembali pakaian yang ada, dapat mengurangi dampak negatif industri mode terhadap lingkungan
  4. Menghargai keterampilan tradisional, dengan membantu melestarikan keterampilan tradisional seperti menjahit, merajut, dan merenda sebagai bentuk penghargaan terhadap keahlian yang sering diabaikan oleh masyarakat modern

B. Manfaat fashion repair

  1. Menghemat biaya, karena memperbaiki pakaian yang rusak akan lebih ekonomis daripada membeli pakaian baru
  2. Meningkatkan kemampuan diri, karena praktik fashion repair mengajarkan keterampilan baru atau mengembangkan keterampilan yang sudah ada seperti menjahit dan merajut agar lebih meningkat
  3. Sarana kreativitas dan ekspresi diri, praktik fashion repair bisa menjadi peluang mengekspresikan kreativitas yang ada dalam diri untuk menciptakan desain baru atau kombinasi warna yang unik, dan memberi  tambahan pada pakaian
  4. Mengurangi dampak lingkungan, dengan memperbaiki pakaian rusak dan memanfaatkannya kembali dapat mengurangi penggunaan sumber daya pada produksi pakaian baru, mengurangi emisi gas rumah kaca, serta dampak negatif lainnya terhadap lingkungan
  5. Menumbuhkan rasa keterikatan pada pakaian, karena proses perbaikan dapat mengembangkan hubungan yang lebih kuat dengan pakaian yang memiliki nilai dan kenangan tersendiri
  6. Mendorong konsumsi bertanggung jawab, praktik fashion repair menjadi bagian dari gerakan sadar terhadap lingkungan melalui konsumsi yang lebih bertanggung jawab untuk mempertimbangkan dampak ketika ingin membeli pakaian baru
Baca juga:   Boater Hat sebagai Mode dan Simbol Budaya Sosial

Ketika kesadaran akan tujuan dan manfaat fashion repair bisa dipahami dengan baik, maka secara tidak langsung dapat mengubah cara memandang pakaian dan membantu mewujudkan asa di dunia mode agar lebih berkelanjutan. Demikianlah pembahasan mengenai fashion repair, sebuah solusi yang efektif untuk memperbaiki pakaian rusak secara kreatif. Selamat mencobanya, semoga menginspirasi ya!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://consciousfashion.co/guides/clothing-repair-mending
https://www.vogue.co.uk/fashion/article/how-to-repair-clothes
https://www.euronews.com/culture/2023/07/14/repairing-clothes-is-now-a-la-mode-in-france-where-else-is-mending-trending
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram