Monday, 01 January 2022

Fashion Wanita di abad ke 1700-an

Awal tahun 1700-an adalah masa perubahan mode.
April 22, 2024  | Dena Ayu
Fashion Wanita abad 1700-an
 
Fashion Wanita abad 1700-an
Sumber: pinterest/Behance

Fashion Wanita di abad ke 1700-an - Wanita mulai mengenakan pakaian yang lebih nyaman yang tidak membatasi pergerakan mereka. Mereka juga mulai mengurangi pakaian secara keseluruhan. Hal ini disebabkan oleh pengaruh istana Perancis, dimana pakaian yang dikenakan lebih sedikit. 

Wanita mulai mengenakan gaun dengan garis leher lebih rendah dan rok pendek. Mereka juga mulai memakai lebih banyak perhiasan dan aksesoris.

Mode pada periode 1700–1750 di negara-negara yang dipengaruhi Eropa ditandai dengan siluet yang melebar baik untuk pria maupun wanita mengikuti tampilan tinggi dan sempit pada tahun 1680an dan 90-an. Era ini didefinisikan sebagai gaya Barok/Rococo akhir.

Pada era ini tren fashion baru diperkenalkan sehingga mendapatkan dampak yang besar terhadap kehidupan di masyarakat. Bukan hanya berdampak pada keluarga kerajaan saja, melainkan masyarakat menengah ke bawah pun ikut mengikuti tren fashion pada saat itu. 

Standar kebersihan sangat berbeda dengan saat ini karena kuman belum ditemukan dan hubungan antara kotoran, infeksi, dan penyakit belum ditemukan. Artinya pakaian tidak sering dicuci dan beberapa barang yang tidak menyentuh kulit, seperti gaun, mungkin tidak akan pernah dicuci.

Pada periode ini mempunyai beberapa perbedaan yaitu pakaian yang dipakai di acara resmi dan pakaian yang dipakai ketika acara-acara terbuka, dan pakaian yang dipakai sehari-hari. 

Periode ini juga perancang pakaian atau desainer pada saat itu sangat terkenal karena desainnya dikarenakan para pria dan wanita berlomba-lomba berdandan mengikuti tren dan gaya terkini.

Fashion Wanita abad 1700-an
Sumber: pinterest/Behance

Ciri umum fashion wanita di tahun 1700-an

Rok dalam

Ciri umum lainnya dari pakaian wanita di tahun 1700-an adalah rok dalam. Petticoat adalah rok yang dikenakan di bawah gaun utama dan membantu membuat gaun lebih bervolume. Rok dalam seringkali dibuat dari kain ringan seperti katun atau linen dan dapat dihias dengan renda atau hiasan lainnya.

Baca juga:   Gaya Fashion ala Eropa di Abad 14

Seiring berkembangnya tahun 1700-an, gaya berpakaian wanita menjadi lebih santai dan tidak terlalu formal. Hal ini antara lain disebabkan oleh pengaruh istana Perancis yang mengadopsi gaya berpakaian yang lebih casual. 

Gaun 

Pada akhir abad ini, wanita mengenakan gaun yang tidak terlalu ketat dan lebih nyaman dipakai. Gaun-gaun fashion wanita tahun 1700-an seringkali dihiasi dengan renda, pita, dan hiasan lainnya dan bisa jadi cukup rumit.

Pada dekade awal abad baru, pakaian formal terdiri dari mantua berbadan kaku. Rok tertutup (atau "bulat"), terkadang dikenakan dengan celemek, menggantikan rok mantua terbuka pada periode sebelumnya. Gaya formal ini kemudian digantikan dengan busana yang lebih santai.

Robe la franaise atau gaun "sack back" dengan lipatan mengalir di bahu awalnya merupakan busana tanpa pakaian. Dalam bentuknya yang paling informal, gaun ini tidak dipasang di bagian depan dan belakang dan disebut a saku.

Kemudian, untuk pakaian formal, bagian depan dipasangkan ke badan dengan menggunakan bagian bawah korset yang bertali rapat, sedangkan bagian belakang dibuat dengan lipatan kotak longgar yang disebut "Lipitan Watteau" seperti yang terlihat pada lukisan Antoine Watteau.

Lengannya berbentuk lonceng atau terompet, dan diikat di bagian siku untuk memperlihatkan lengan kamisol yang diberi hiasan rumbai atau renda di bawahnya. Lengan menjadi lebih sempit seiring berjalannya waktu, dengan embel-embel di bagian siku, dan ruffles terpisah yang rumit yang disebut engagementtes ditempelkan pada lengan kamisol, dan bertahan hingga tahun 1770-an. 

Itulah sekilas Fashion Wanita di abad ke 1700-an, semoga bermanfaat!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Mengupas Seluk Beluk Boho Style yang Tak Lekang Oleh Waktu
Reference: 
https://www.apparelsearch.com/definitions/fashion/1700-1750_fashion_history.htm
https://curatedtaste.com/2022/10/fashion-in-the-1700s-common-features-and-styles.html#google_vignette
http://americancenturies.mass.edu/activities/dressup/notflash/1700_woman.html
https://en.wikipedia.org/wiki/1700%E2%80%931750_in_Western_fashion#:~:text=Fashion%20in%20the%20period%201700,as%20late%20Baroque%2FRococo%20style.
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram