Melalui citra ramah lingkungan yang terbentuk, masyarakat cenderung akan lebih memilih produk tersebut dibandingkan dengan produk lain di sektor yang sama, sehingga perusahaan mengalami peningkatan profit. Padahal di balik meningkatnya profit perusahaan, terjadi pula peningkatan permintaan yang berdampak pada kerusakan lingkungan.
Greenwashing adalah strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan untuk menarik konsumen yang sadar akan lingkungan, dalam hal ini perusahaan memberikan citra yang ramah lingkungan terkait produk, nilai, dan tujuan perusahaan tanpa benar-benar melakukan kegiatan yang berdampak baik bagi kelestarian lingkungan.
Beberapa ciri-ciri greenwashing dalam fashion yang terdapat pada sebuah produk adalah sebagai berikut :
Menurut Kulsum 2020, sustainable fashion bertujuan untuk menyatukan seluruh pihak yang ada dalam industri fashion seperti fashion designer, produsen, distributor, dan konsumen guna mengubah cara produksi dan konsumsi bersama-sama agar menjadi lebih baik.
karena untuk mencapai semua itu diperlukan adanya perubahan bisnis model, demi kesejahteraan pekerja dan kelestarian lingkungan. Sehingga dalam prakteknya, istilah sustainable fashion dan eco-friendly hanyalah strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk menarik konsumen yang mencari brand fashion berkelanjutan tanpa menghiraukan dampak buruk terhadap lingkungan.
Mengetahui adanya greenwashing pada sebuah produk brand tertentu sangatlah penting, agar kita lebih waspada terhadap brand yang hanya mencari keuntungan dan membatasi usaha kita untuk berkontribusi menjaga bumi. Sebagai konsumen kita juga harus lebih kritis dalam berbelanja, seperti mencari informasi terkait bahan yang digunakan benar-benar ramah lingkungan, dari mana sumber dayanya, melakukan recycle sisa bahan, dan lain-lain agar kita tahu dan yakin jika brand tersebut tidak melakukan greenwashing.
Penerapan sustainable fashion juga memiliki beberapa keuntungan seperti, mengurangi pencemaran lingkungan, menghemat pengeluaran biaya, memberikan kenyamanan yang lebih baik, dan meningkatkan kesejahteraan manusia.
Mari kita bersama-sama berkontribusi untuk terus menjaga bumi, dengan lebih memperhatikan apapun yang kita lakukan agar lingkungan tetap lestari!
With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!