Monday, 01 January 2022

Ingin Pakaian Tetap Awet? Yuk Ikuti Tips Perawatan dan Pencucian Tepatnya Disini!

Jika ditanya, semua orang pasti tidak mau ya pakaiannya cepat rusak, apalagi pakaian yang belum lama dibeli dan baru beberapa kali dipakai.
January 12, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
merawat pakaian
 

Sebenarnya pakaian apapun bisa mengalami kerusakan karena berbagai faktor, termasuk cara perawatan, kualitas bahan, dan juga penggunaan yang tidak tepat, sangat mempengaruhi ketidak awetan semua jenis pakaian. 

Secara umum beberapa penyebab yang membuat pakaian bisa cepat mengalami kerusakan, antara lain :

  • Pencucian tidak tepat, seperti penggunaan deterjen berlebihan, suhu air terlalu panas, atau proses pencucian yang terlalu kasar akan membuat pakaian cepat aus atau menyusut
  • Penggunaan pemutih berlebihan, atau tidak sesuai jenis bahan dapat merusak serat pakaian, mengubah warna, dan membuat pakaian menjadi rapuh
  • Pengeringan berlebihan, pada suhu tinggi atau dibawah sinar matahari langsung terlalu lama dapat menyebabkan penyusutan, pucatnya warna, dan kerusakan serat pakaian
  • Penggunaan mesin cuci dan pengering yang kasar, pada saat pengisiannya dilakukan secara berlebihan dan pengaturan putaran terlalu keras atau cepat, dapat membuat pakaian terjepit, tertarik, hingga menyebabkan robekan pada serat pakaian
  • Rendahnya kualitas bahan, pakaian yang seratnya terlalu tipis dan memiliki jahitan lemah cenderung lebih mudah rusak, karena rentan terhadap keausan, robekan, dan peregangan pada pakaian
  • Penggunaan tidak tepat, untuk aktivitas yang tidak sesuai dengan jenis pakaian dapat membuat pakaian cepat aus dan rusak karena sering bergesekan dengan permukaan yang kasar atau tidak semestinya

Segala sesuatu yang berlebih-lebihan memang tidak baik ya, terlebih lagi pada penggunaan waktu terlalu lama dalam pengeringan, dan penambahan deterjen atau pemutih yang terlalu banyak saat mencuci pakaian. Setelah mengetahui beberapa faktor penyebab pakaian cepat mengalami kerusakan, saatnya untuk mengikuti tips perawatan dan pencucian pakaian yang tepat agar pakaian tetap awet, seperti di bawah ini:

Baca label perawatan

Periksa label perawatan yang terdapat pada pakaian untuk mengetahui petunjuk perawatan sesuai anjuran produsen. Pastikan  untuk membaca dan mengikuti petunjuk pencucian yang tertera pada pakaian, seperti informasi tentang suhu air yang aman, penggunaan pemutih, dan instruksi lainnya yang dapat membantu mempertahankan kualitas pakaian.

Baca juga:   DIY Bikin Lanyard dengan 7 Langkah Mudah

Pisahkan berdasarkan warna dan bahan

Pastikan untuk memisahkan pakaian berdasarkan warna (putih, gelap, cerah) untuk mencegah transfer warna yang tidak diinginkan, dan juga pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahan (katun, wol, sintetis). Hal tersebut dilakukan agar pakaian mendapatkan perawatan yang sesuai, karena masing-masing bahan mungkin memerlukan perlakuan yang berbeda.

Gunakan suhu air yang tepat

Pencucian dengan suhu air yang tepat dapat membantu mencegah penyusutan atau kerusakan serat pada pakaian, apalagi jika pakaian sangat sensitif terhadap suhu tinggi sebaiknya gunakan air dingin atau air hangat saat proses pencucian agar lebih aman untuk pakaian.

Gunakan deterjen yang tepat

Usahakan untuk memilih deterjen yang sesuai dengan jenis pakaian, dan seberapa banyak deterjen yang digunakan menurut beratnya noda yang harus dihilangkan. Kemudian hindari penggunaan deterjen yang berlebihan agar tidak meninggalkan residu atau sisa-sisa deterjen yang belum tuntas pada pakaian.

Hindari penggunaan pemutih berlebihan

Jika terdapat pakaian yang membutuhkan pemutih saat pencucian, pastikan untuk memeriksa lagi petunjuk pada label pakaian agar tidak terjadi penggunaan pemutih berlebihan karena pemutih yang terlalu kuat dapat merusak serat pakaian.

Tutup resleting dan kancing

Sebelum mulai mencuci pakaian, periksa dan tutup resleting, kancing, serta aksesoris lainnya jika ada, agar tidak merusak pakaian lain selama pencucian berlangsung.

Hindari overloading mesin cuci

Muat mesin cuci dengan tidak memadati terlalu banyak, agar pakaian dapat dicuci dengan baik dan bergerak dengan bebas, sehingga kotoran dapat dihilangkan secara maksimal selama proses pencucian.

Sesuaikan putaran pencucian

Atur seberapa cepat putaran yang digunakan mesin cuci sesuai dengan jenis pakaian, putaran lembut untuk pakaian yang sensitif dan putaran normal untuk mencuci pakaian sehari-hari.

Baca juga:   Sejarah Ripped Jeans dan 9 Tips Pakai Ripped Jeans ala K-Pop Boygroup

Hindari pengering berlebihan

Jika memungkinkan, biarkan pakaian mengering secara alami di bawah sinar matahari atau lakukan pengeringan dalam suhu rendah. Hindari pengering secara berlebihan agar tidak terjadi penyusutan dan kerusakan serat pakaian.

Setrika dengan hati-hati

Usahakan untuk selalu menyetrika pakaian di suhu yang sudah diatur sesuai dengan jenis bahannya, dan jika perlu gunakan kain pelapis antara setrika dan pakaian yang memiliki gambar atau dekorasi khusus untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Simpan dengan tepat

Setelah pakaian dicuci dan selesai disetrika, kamu bisa melipat atau menggantungnya, kemudian menyimpan pakaian yang siap untuk digunakan tersebut, di dalam lemari atau gantungan yang sesuai untuk mencegah kerutan dan penyusutan yang tidak diinginkan.

Demikian beberapa tips perawatan dan pencucian pakaian yang tepat, dengan mengikutinya secara seksama kamu dapat memastikan bahwa pakaianmu tetap awet, bersih, dan masih bagus dipakai jika dipakai dalam jangka waktu yang lama.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
kompas.com https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/26/113000076/10-cara-tepat-mencuci-pakaian-agar-tidak-luntur-dan-tahan-lama
Diakses pada tanggal 7 Agustus 2023

idntimes.com https://www.idntimes.com/life/diy/sin-tya-1/cara-mudah-merawat-pakaian-c1c2
Diakses pada tanggal 7 Agustus 2023

ryusei.co.id https://ryusei.co.id/blogs/news/tips-merawat-baju-agar-awet-dan-tahan-lama-ala-ryusei
Diakses pada tanggal 7 Agustus 2023

wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/home/d-2031426/13-cara-mudah-merawat-pakaian-agar-tahan-lama
Diakses pada tanggal 7 Agustus 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram