Monday, 01 January 2022

Inovasi Perkembangan Pasar Sustainable Fashion di Indonesia

Ayo! sudah saatnya kita mendukung serta berperan aktif dalam mengembangkan Sustainable Fashion di Indonesia dengan menggunakan pakaian ramah lingkungan.
February 5, 2024  | admin
Sustainable Fashion Indonesia
 

Sustainable fashion di Indonesia merupakan penerapan fesyen yang menghargai nilai-nilai dari para pelaku yang terlibat, utamanya lingkungan dan kemanusiaan.

Sustainable Fashion Indonesia
"Sustainable fashion menjadi salah satu gerakan yang lahir dari kesadaran sebagai responsible consumer yang bukan hanya memakai tapi juga turut melindungi dan menjaga lingkungan sekitar,"

Pasar sustainable fashion di Indonesia mengalami perkembangan yang positif seiring dengan peningkatan kesadaran konsumen terhadap dampak lingkungan dan sosial dari industri fashion. Berbagai inovasi dan perkembangan telah terjadi untuk mendukung pertumbuhan pasar ini. Berikut adalah beberapa faktor yang memengaruhi inovasi dan perkembangan pasar sustainable fashion di Indonesia:

Kesadaran Konsumen

Peningkatan kesadaran konsumen terhadap dampak negatif industri fashion terhadap lingkungan dan masyarakat telah mendorong permintaan untuk produk sustainable. Konsumen semakin memilih produk yang diproduksi dengan menggunakan bahan ramah lingkungan, proses produksi yang bersifat adil, dan label sertifikasi keberlanjutan.

Kolaborasi dan Kemitraan

Industri sustainable fashion di Indonesia melibatkan kolaborasi antara perusahaan, desainer, pemerintah, dan lembaga non-profit. Kemitraan ini dapat mendukung pertukaran ide, sumber daya, dan pengembangan solusi inovatif untuk memajukan industri fashion yang berkelanjutan.

Inovasi Bahan

Sustainable Fashion Indonesia
Bagi yang sadar sadar akan lingkungan, tentu akan ada banyak hal yang dipertimbangkan, salah satunya adalah cara memilih busana termasuk pakaian dan sepatu.

Penggunaan bahan ramah lingkungan, seperti organik, daur ulang, dan bahan-bahan inovatif seperti serat tumbuhan atau serat yang dihasilkan dari limbah tekstil, menjadi fokus utama dalam pengembangan produk sustainable fashion. Perusahaan fashion di Indonesia mencari cara untuk mengurangi jejak lingkungan mereka dengan mengadopsi bahan-bahan yang lebih berkelanjutan.

Teknologi dan Inovasi Produksi

Penggunaan teknologi dalam produksi fashion dapat membantu mengurangi limbah dan konsumsi energi. Inovasi seperti produksi pakaian tanpa limbah, pemodelan digital untuk desain, dan teknologi pencetakan 3D dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan keberlanjutan industri fashion.

Label dan Sertifikasi

Sustainable Fashion Indonesia
The Global Organic Textile Standard (GOTS) adalah standar dunia tekstil terkemuka untuk pengolahan serat organik, termasuk kriteria ekologi dan sosial, didukung oleh sertifikasi independen dari keseluruhan rantai pasokan tekstil

Adopsi label dan sertifikasi keberlanjutan, seperti GOTS (Global Organic Textile Standard) atau Fair Trade, membantu konsumen untuk mengidentifikasi produk berkelanjutan. Ini juga mendorong perusahaan untuk memenuhi standar tertentu dalam produksi dan rantai pasok mereka.

Baca juga:   Memahami Proses Penerapan Praktik Circular Fashion

Dengan adanya inovasi dan perkembangan ini, pasar sustainable fashion di Indonesia memiliki potensi untuk terus tumbuh dan memberikan dampak positif terhadap lingkungan serta masyarakat secara keseluruhan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://berandainspirasi.id/peran-generasi-muda-dalam-membangun-sustainable-fashion-demi-mendukung-circular-economy-di-indonesia/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram