Monday, 01 January 2022

Intip Tren Fashion 'The New Normal' Pasca Pandemi

Namun pada kenyataannya pandemi Covid-19 tidak hanya mengubah lanskap bisnis, tapi juga menggeser tren busana.
February 15, 2023  | Utari Ayuningtyas
tren fashion
 

Setiap tahunnya, industri fashion selalu berkembang mengikuti perubahan zaman. Hal itu membuat tren fashion terus berubah setiap tahunnya. Pasalnya, tradisi merilis koleksi busana dalam satu musim tertentu terkadang sulit untuk dipertahankan selama pandemi.

Berbagai brand lantas menyiasatinya dengan memproduksi busana yang seasonless atau tanpa musim tertentu. Dikarenakan sudah memasuki akhir tahun, tidak heran jika para desainer maupun fashion stylist sudah memprediksi tren fashion apa yang akan populer dan banyak digunakan di tahun 2023 mendatang.

Kaum 'rebahan' pun mulai menjalani 'the new normal'

Jika di masa awal pandemi orang tidak terlalu memikirkan busana karena hanya berada di rumah, kini kembali memperhatikan penampilan mereka. Disisi lain agar tetap stylish, trend busana di masa pandemi sangat mementingkan kenyamanan, seperti yang dirasakan saat masih melakukan berbagai kegiatan di rumah.

Seperti pada satu waktu meningkatnya tren pakaian olahraga dan pakaian santai yang nyaman dikenakan di rumah. Berdasarkan laporan The New York Times, ketika penjualan pakaian di Amerika Serikat turun sebesar 79 persen pada akhir April 2020, penjualan pakaian olahraga justru naik sebesar 80 persen. Berbagai label mode pun turut meramaikan tren ini dengan memproduksi beragam model setelan olahraga.

Kini masyarakat lebih banyak memilih outfit yang simpel

Masyarakat lebih memilih pakaian yang nyaman dan stylish daripada pakaian yang mencolok, dengan celana olahraga dan sandal sebagai pilihan utama. Outfit 'ready to go' ini untuk memberikan gagasan outfit yang minimalis dan nyaman dipakai dalam berbagai kesempatan.

Baca juga:   Pesona Sporty & Feminin pada Sneaker Heels

Saat dunia melakukan transisi dari bilik meja ke sofa, dengan fitur video call 1920x1080 menjadi suatu tren baru. Tak perlu dikatakan, mode pakaian kerja di era Zoom lebih menekankan pada pakaian yang bisa dilihat di layar.

Tak mengherankan koleksi musim semi/musim panas 2021 Balenciaga mengilustrasikan perubahan ini dengan sempurna, dibalut atasan kamisol GloMesh perak berkilau yang dipasangkan dengan bawahan olahraga parasut.

Athleisure sekarang menjadi salah satu kategori fashion paling populer

Dengan gaya sporty dan lebih banyak item siap pakai, seperti bra olahraga gaya crop top dipasangkan dengan blazer, atau jaket bomber yang dikenakan di atas gaun. Ini juga jadi pilihan favorit outfit formal casual in a blink.

Warna Pastel pun turut mengisi trend fashion 'new normal' saat ini. Warna pastel memberi kesan teduh tetap bisa terlihat dinamis. Diantara warna pastel yang menjadi pilihan yaitu, lilac, hijau mint, baby pink, kuning muda, biru muda, pink nude. Di tahun 2023 nanti, tone warna busana yang akan menjadi mendominasi berasal dari aneka warna yang cerah dan lebih berani seperti tren 'Lime Time' pada runway Spring 2023 di New York Fashion Week, warna mencolok yang menarik perhatian seperti ini juga hadir di gelaran runway Diesel, Fendi, dan Versace.

Tak ketinggalan denim head-to-toe mengambil alih runway dengan gaya yang menekankan pada style oversized dan slouchy yang mencuri perhatian. Sudah menjadi sebuah tren fashion yang tak pernah ditinggalkan, denim kembali menunjukan eksistensinya yang luar biasa melalui balutan yang disuguhkan oleh Givenchy Womenswear, Botter Womenswear, dan Blumarine.

Jika di tahun ini kita bermain pada warna, tampil lebih colourful, hal ini berbeda di tahun 2023 di mana kita lebih berani dengan cuts dan fabric yang digunakan. So, tren fashion mana yang jadi favoritmu?

Baca juga:   5 Tren Fashion Musim Spring/Summer 2024, Mana Favoritmu?

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://thefinancialexpress.com.bd/views/fashion-in-times-of-pandemic-how-the-new-normal-has-changed-the-way-we-dress-1630209242 (Diakses pada: 15 Desember 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram