Monday, 01 January 2022

Intip Warna Trendy di Tahun 2022

Yuk, kita intip warna-warna yang paling menonjol dan paling banyak ditemukan di berbagai koleksi musim gugur/musim dingin (Autumn/Winter (A/W).
December 18, 2022  | Levina Chrestella Theodora
warna trendy di tahun 2022
 

Kira-kira warna trendy di tahun 2022 apa saja ya? Selain gaya berbusana, warna adalah aspek krusial di dunia fashion. Para penggemar fashion pasti tahu pentingnya warna busana. Berbagai studi juga sudah menunjukkan hubungan warna dengan keadaan emosi dan image seseorang. 

Sebuah studi menemukan bahwa 85,3 persen responden menyatakan bahwa beberapa warna menyebabkan mereka merasa kurang pede sedangkan 62,0 persen dari responden mengatakan beberapa warna menyebabkan orang merasa malas. Disarankan agar orang-orang memilih warna dengan bijak untuk menyempurnakan image mereka. (Obeng et al., 2018)

Nah, bagi yang selalu update dengan dunia fashion, berbagai pertunjukkan runway atau dikenal juga sebagai Fashion Week telah berlangsung. Keberlangsungan peragaan busana ini melahirkan tren-tren baru dari sisi gaya busana dan juga warna.

Warna favorit di musim gugur/musim dingin 2022

Menurut analisis Pantone, warna untuk London Fashion Week Musim Gugur/Musim Dingin 2022/2023 menyoroti kekacauan dan ketenangan, menggabungkan rasa hormat terhadap lingkungan dan keinginan akan ketenangan dan kesejahteraan dengan light infused pastel colors dan warna cerah yang memberi energi. Warna-warna ini bertujuan untuk menyebarkan pesan kegembiraan, optimisme, dan perayaan.

“Dikotomi yang intens ini muncul dalam pilihan warna kami untuk Musim Gugur/Musim Dingin 2022/2023 di mana kami melihat warna berani cocok untuk pernyataan berlebihan yang mencerminkan keinginan kami untuk merangkul kehidupan dengan kekuatan penuh, berpadu dengan rangkaian warna netral dan alami yang mewujudkan rasa tenang dan penahanan dan memuaskan kebutuhan kita akan harmoni dan ketenangan,” ucap Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Institut Pantone Color. 

Baca juga:   Clog Shoes, Sepatu ‘Kuno’ yang Jadi Tren Dunia

Cokelat: Dark Brown & Camel Brown

Brown tones terutama cokelat tua, mendominasi! Sepertinya warna cokelat gelap ini populer karena kembalinya ketertarikan orang dengan era 90-an. Hal ini juga diprediksi oleh WGSN, “munculnya palet cokelat yang kaya telah membuat warna ini bermigrasi dari aksesori ke pakaian, karena tren seperti #thegreatoutdoors dan #90sminimalist telah ramai di media sosial.”

Warna coklat gelap untuk Musim Gugur/Musim Dingin 2022/2023 menurut Pantone. (sumber: Pantone)
Warna cokelat gelap yang trendy.

Cokelat tua adalah warna tren utama dari A/W 21/22, memainkan kebangkitan minimalis tahun 1990-an. Cokelat tua telah tumbuh y/y berkelanjutan selama 3 musim: Dari AW19 ke AW20 +29 persen, SS20 ke SS 21 +128 persen, dan dari AW20 ke AW21 +17 persen. (WGSN, 2021)

Busana dengan warna camel brown.

Selain coklat tua, coklat muda atau lebih spesifiknya warna “camel brown” juga populer. Menurut Marie Claire, warna brown camel banyak ditemukan di peragaan busana musim gugur 2022 untuk koleksi Tory Burch, Chanel, dan Fendi.

Pink: Bubblegum Pink & Barbiecore Pink

Pink lovers, warna merah muda ini juga termasuk di warna trendy untuk tahun 2022, terutama warna Barbiecore pink

Anne Hathaway mengenakan koleksi Valentino di acara Valentino Haute Couture 2022.

Mengutip Vogue, warna Barbicore dapat dilihat di mana-mana sejak musim panas, diprediksikan karena film Barbie yang akan datang. Selain itu, warna merah mudah cerah ini juga terlihat dikoleksi Valentino dimana 40 dari 81 busana berwarna hot pink monokromatik

warna trendy di tahun 2022
Warna pastel pink yang trendy.

Tidak hanya warna merah terang, Marie Claire membagikan bahwa pink yang lebih pastel juga ditemukan di koleksi busana Burberry dan Chanel. Ditemukan banyak warna pink yang lebih pucat pada gaun mini dan jaket wol mereka.

Biru: Pastel Blue & Royal or Cobalt Blue

Warna biru selalu ditemukan di daftar warna yang trendy. Kali ini, warna biru yang paling banyak ditemukan adalah biru terang seperti Royal, Ocean, dan Cobalt Blue. Marie Claire mengatakan bahwa warna ini sering ditemukan di busana rajutan dan aksen pada jaket dan mantel puffer.

warna trendy di tahun 2022
Warna cobalt blue untuk koleksi Skims– Kim Kardashian.

Ada rencana untuk wawancara kerja? Cobalah menggunakan busana dengan warna biru ini! Mengutip Marie Claire, warna biru terkait dengan keyakinan positif, seperti komunikasi, kepercayaan, dan keamanan. Jurnalis Marie Claire yang mewawancarai psikolog fashion, Shakaila Forbes-Bell, mengatakan bahwa manajer perekrut menganggap pakaian biru sebagai warna terbaik untuk dikenakan saat wawancara.

Baca juga:   7 Tren Warna Outfit Kekinian yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Butter Yellow

Pink dan biru terlalu terang tapi cokelat terlalu netral? Bagaimana dengan warna butter yellow? Menurut WGSN, butter yellow merupakan warna yang memiliki kesan inklusif gender dan akan terus populer dan penting.

warna trendy di tahun 2022
Warna butter yellow mulai ditemukan diberbagai jenis busana.

Warna ini juga salah satu warna yang paling cepat naik daun di catwalk A/W 21/22, naik 12 persen YoY dan menyumbang 3 persen dari campuran warna.

Konklusi

Dari warna netral hingga cerah, warna trendy di tahun 2022 cocok untuk siapa saja. Walau sebagian besar dunia sedang melewati musim gugur yang identik dengan warna tenang dan earthy, warna trendy untuk musim gugur atau musim dingin 2022 didominasi dengan warna-warna cerah seperti barbiecore pink dan cobalt blue. Bagaimana? Adakah warna favoritmu didaftar warna trendy di tahun 2022?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
Obeng, Sophia & Danso, Daniel & Omari, Jonas & Kuwornu-Adjaottor, Jonathan. (2018). COLOUR IN FASHION: EFFECTS ON PERSONALITY. 353-377. DOI: 10.5281/zenodo.1249188 (Diakses pada tanggal 21/10/2022)

https://www.pantone.com/uk/en/articles/fashion-color-trend-report/london-fashion-week-autumn-winter-2022-2023 (Diakses pada tanggal 21/10/2022)

https://www.marieclaire.com/fashion/fall-2022-colors/ (Diakses pada tanggal 21/10/2022)

https://www.glamour.com/story/what-color-matches-brown-black-camel (Diakses pada tanggal 21/10/2022)

https://www.wgsn.com/fashion/p/article/91883 (Diakses pada tanggal 21/10/2022)

https://www.vogue.com/article/fall-fashion-colors-2022 (Diakses pada tanggal 21/10/2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram