Monday, 01 January 2022

Jangan Biarkan Pakaian Lama Numpuk! Yuk Daur Ulang Pakaian

Punya banyak pakaian lama yang sudah tidak terpakai?
April 16, 2024  | Pipintri Aviteni Damayanti
Daur Ulang Pakaian
 

Yuk Daur Ulang Pakaian - Jangan langsung dibuang ya, karena sebenarnya pakaian tersebut masih bisa dimanfaatkan kembali dengan cara didaur ulang.

Mendaur ulang pakaian merupakan sebuah praktek penggunaan kembali pakaian lama yang tidak terpakai atau jarang digunakan lagi. Dengan tujuan untuk mengurangi limbah tekstil, penggunaan sumber daya alam, dan dampak lingkungan dari industri fashion yang menghasilkan polusi dan merusak lingkungan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang pakaian lama, salah satunya melalui kreativitas yang berkelanjutan untuk memberikan kesempatan kedua bagi pakaian lama agar dapat dimanfaatkan kembali. Berikut adalah beberapa tindakan lain yang bisa diambil untuk mendaur ulang pakaian lama, antara lain :

Donasi

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan tanpa mengubah apapun adalah mendonasikan atau menyumbangkan pakaian lama yang masih layak pakai, ke lembaga amal, toko barang bekas, atau kelompok masyarakat yang membutuhkan.

Dijual atau ditukar

Pakaian lama juga bisa dijual ke toko barang bekas atau melalui platform online seperti marketplace dan memanfaatkan media sosial. Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan agar pakaian bisa dimanfaatkan kembali adalah dengan melakukan pertukaran pakaian lama dengan teman, saudara, atau di event tertentu yang mendukung kegiatan semacam ini.

Diolah kembali

Untuk pakaian lama yang memiliki kerusakan dan sulit untuk diperbaiki, dapat diolah kembali menjadi bahan-bahan baru seperti serat tekstil yang bisa dimanfaatkan kembali jika dibuat berbagai barang baru dan bahkan dijadikan kain kasa atau isolasi.

Mengubah desain

Pakaian lama yang masih dalam kondisi baik, tetapi sudah tidak sesuai dengan gaya personal bisa diubah desainnya menjadi lebih modern. Dengan menambahkan detail baru seperti potongan, lipatan, tali, atau hiasan lainnya untuk memberikan tampilan yang lebih segar.

Baca juga:   Alga: Masa Depan Green Fashion

Berkreasi

Pakaian lama yang sudah tidak digunakan lagi juga bisa dijadikan pilihan kegiatan berkreasi, dengan mengembangkan ide-ide kreatif untuk merubah pakaian lama menjadi barang baru yang bermanfaat seperti tas, aksesoris, atau hiasan dinding, dan lainnya.

Kombinasi kain dan warna berbeda

Cara lain untuk mendaur ulang pakaian lama adalah dengan mengkombinasikan atau memadukan berbagai jenis kain dan warna, untuk menciptakan pakaian baru yang memiliki tampilan unik. Misalnya, menggabungkan kain dengan warna yang berbeda untuk membuat rok atau celana yang menarik dan berwarna kontras.

Menambahkan sentuhan artistik

Memberi sentuhan artistik seperti bordir, rajutan, atau hiasan berupa pola-pola yang menarik untuk menghiasi bagian pakaian lama yang kosong merupakan proses daur ulang yang menyenangkan. Selain itu, pemberian sentuhan artistik ini dapat membuat tampilannya lebih menawan dan tidak membosankan, sehingga pakaian lama tersebut dapat digunakan kembali.

Lakukan penukaran bagian tertentu

Langkah mendaur ulang pakaian lama juga bisa dilakukan dengan menukar bagian-bagian pakaian yang sudah usang, dengan bagian pakaian lain yang masih bagus dan sesuai. Misalnya, menukar lengan jaket dengan jaket lainnya yang sudah tidak digunakan lagi untuk menciptakan pakaian lama yang memiliki tampilan baru.

Pewarnaan ulang

Mengubah warna pakaian lama dengan pewarna tekstil yang baru juga menjadi salah satu cara mendaur ulang pakaian. Seperti mencoba teknik pewarnaan ombre atau tie-dye untuk memberikan tampilan yang segar pada pakaian lama. 

Itulah beberapa cara melakukan daur ulang pakaian lama menjadi sesuatu yang baru agar dapat dimanfaatkan kembali. Dengan melakukan daur ulang pakaian, kita turut berkontribusi mengurangi limbah tekstil dan mendukung lingkungan yang lebih berkelanjutan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Perbedaan Thrifting dan Preloved
Reference: 
kompas.com
https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/11/222719776/daripada-numpuk-ini-4-cara-mendaur-ulang-pakaian-lama
Diakses pada tanggal 11 Agustus 2023

wolipop.detik.com https://wolipop.detik.com/fashion-news/d-2193147/4-tips-mendaur-ulang-pakaian-lama-agar-selalu-ikuti-tren
Diakses pada tanggal 11 Agustus 2023

fimela.com https://www.fimela.com/fashion/read/4395358/mengenal-sistem-daur-ulang-looop-menyulap-baju-lama-jadi-model-baru
Diakses pada tanggal 11 Agustus 2023

fitinline.com https://fitinline.com/article/read/refashion--trend-fashion-yang-mengusung-konsep-reuse/
Diakses pada tanggal 11 Agustus 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram