Monday, 01 January 2022

Jenis Serat Textile yang Perlu Kamu Ketahui

Sebagai seseorang yang menekuni dunia fashion, tentunya perlu pengetahuan lebih mengenai perbedaan antara kain dan serat.
February 3, 2023  | Utari Ayuningtyas
jenis serat textile
 

Tekstil atau biasa disebut kain istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di industri fashion. Suatu material yang sering digunakan untuk membuat berbagai jenis barang kebutuhan primer seperti pakaian. Namun bagaimana dengan istilah serat? Mungkin bagi sebagian orang masih terdengar ambigu dengan istilah ini.

Seiring dengan berkembangnya teknologi tekstil yang mampu memfasilitasi penilaian cerdas terhadap merek dan jenis serat. Hal ini akan membantu dalam hal mengidentifikasi kualita jenis serat textile yang tepat pada pengaplikasiannya.

Mulai dari bagaimana proses tekstil diproduksi, komponennya dan dampak terhadap kinerja produk serta memberikan dasar yang dibutuhkan kedepannya. Tidak hanya membuat keputusan yang bijaksana dalam menentukan bahan yang akan digunakan tetapi juga dalam berkomunikasi dengan produsen dan pemasok. 

Apa itu Serat? 

Serat adalah struktur yang sangat tipis seperti rambut. Layaknya utaian atau benang yang panjang dan tipis yang dapat dirajut atau ditenun menjadi kain. Serat terdiri dari miliaran atom yang terikat bersama dalam jutaan rantai molekul panjang yang dapat diproses menjadi kain.

Selain desain, serat, benang, komposisi kain dan finishing merupakan elemen yang berkontribusi terhadap hasil akhir dari keindahan, daya tahan, perawatan dan kenyamanan sebuah produk dari desain yang dibuat. Dengan kata lain serat adalah salah satu faktor penentu yang dapat mempengaruhi estetika produk akhir. 

Serat terbagi menjadi dua jenis serat kain, nyaitu serat kain alami dan serat kain sintetis.

Serat Alami

Serat alami merupakan jenis serat yang diproduksi atau dihasilkan oleh tanaman, hewan, atau proses geologis.

Kapas

Kapas merupakan salah satu serat paling umum di dunia.

Baca juga:   8 Bahan Ramah Lingkungan dalam Produksi Sepatu

C:\Users\Lenovo\Downloads\Instagram.png

Yang biasanya diambil dari buah tanaman kapas dan merupakan bahan baku utama kain katun. 

Wol

Wol umumnya terbuat dari bulu domba tetapi bisa juga merujuk pada kain bulu hewan lainnya seperti di negara lain yang diperoleh dari hewan alpaca.

C:\Users\Lenovo\Downloads\download (2).jpg

Serat wol banyak dipakai sebagai bahan baku pakaian hangat seperti jaket, jas dan baju hangat. Selain itu dapat dimanfaatkan untuk membuat selimut dan karpet.

Rami

Rami lebih dikenal sebagai linen.

C:\Users\Lenovo\Downloads\download (3).jpg

Bahan serat ini terbuat dari pengolahan kayu dan batang tanaman rami yang mudah tumbuh di daerah tropis.

Sutra

Sutra dieroleh dari kepompong ulat sutra murbei yang oleh peternak ulat sutra. Namun, ini membutuhkan banyak penanganan dan pemrosesan, yang menjadikannya salah satu serat paling mahal.


C:\Users\Lenovo\Downloads\Been playing with silk all morning and I got offered a few cocoons, something that has been missing from my collection_ #silk #fiber #naturalfibers.jpg

Selain itu, pemanfaatan serat sutra yang sangat luas mulai dari bahan baku pakaian, pealatan rumah tangga, kecantikan hingga keperluan medis sepeti perban.

Serat Sintetis

Serat sintetis merupakan jenis serat yang dibuat oleh manusia. Serat buatan merupakan hasil kombinasi bahan non-organik dan kimia.

Poliester

Poliester adalah serat sintetis yang plaing umum digunakan. Poliester dibuat menggunakan reaksi kimia yang melibatkan batubara, minyak bumi, udara dan air.


C:\Users\Lenovo\Downloads\600d-mvb.jpg

Bersifat hidrofobik yang sulit menyerap air. Biasanya serat ini digunakan untuk pakaian, kapal dan mobil.

Nilon

Nilon merupakan serat yag terbuat dari produk miyak bumi. 


Serat kain yang miliki karakteristik kuat dan lentur dibuat dari poliamida. Biasanya sering digunakan sebagai bahan dasar dalam membuat dompet, tas, koper, parasut, hingga ban kendaraan.

Rayon

Rayon adalah jenis serat yang terbuat dari polimer alami yang mensimulasikan serat selulosa alami.

C:\Users\Lenovo\Downloads\Mood Exclusive Maisie Burgundy Linen and Rayon Woven.jpg

Serat rayon banyak digunakan sebagai bahan pakaian biasa maupun gaun dan busana anak. 

Baca juga:   6 Jenis Serat Alami dalam Produksi Pakaian

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai berbagai jenis serat textile yang biasa kita temukan di kehidupan sehari-hari entah itu pada pakaian, celana, kursi, tirai jendela dan lain sebagainya. Dalam hal ini kita dapat mengetahui bahwa bahan dasar dari barang-barang yang kita gunakan setiap hari memiliki bahan dasar serat yang berbeda-beda dan sangat berpengaruh pada ekosistem alam.

Berharap kedepannya menjadi perhatian kita dalam setiap penggunaannya tak hanya sebagai fungsi kebutuhan primer ataupun fashion namun juga bagaimana kita dapat mendukung keberlanjutan pada lingkungan (sustainable fashion) dan memberikan manfaat yang baik pada barang yang kita gunakan. Semoga bermanfaat.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://coats.com/en/information-hub/Know-About-Textile-Fibres (Diakses pada: 07 November 2022)

Related Post

bahan produksi sepatu
April 26, 2024
jenis serat alami dalam pakaian
April 26, 2024
jenis serat daur ulang dalam fashion
April 25, 2024
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram