Monday, 01 January 2022

Mengenang Karya Legendaris Vivienne Westwood

Meninggalnya desainer Vivienne Westwood pada bulan Desember 2022 silam mengguncangkan dunia mode; baik di kalangan industri maupun para penggemarnya.
February 22, 2023  | Melisa Nirmaladewi
karya legendaris vivienne westwood
 

Desainer yang dikenal dengan julukan ‘Godmother of Punk’ ini menutup usia pada 81 tahun. Meskipun keberadaannya tidak lagi hadir secara fisik, karya-karya fenomenal khas Westwood tampaknya tidak akan pernah lekang oleh waktu, terutama bagi para penggemar desain punk edgy yang unik.

Kepiawaian Westwood dalam menciptakan desain pakaian androgini dengan sentuhan elegan yang eksperimental, membuat setiap karyanya memiliki ciri khas yang lekat. Tidak hanya karyanya yang fenomenal, pemikiran dan prinsip Westwood yang berjiwa punk menjadikannya sebagai sosok desainer yang terkenal nyentrik dan nyeleneh. Jiwa punk yang dimiliki Westwood sendiri dilakukan sebagai bentuk perlawanannya untuk mengubah dunia yang menurutnya kacau dan tidak adil.

Beberapa karya legendaris Vivienne Westwood juga menunjukkan taste eksperimental khas seorang Westwood. Berikut Laruna rangkum beberapa karya legendaris Vivienne Westwood yang harus kamu tahu. Let’s check it out!

Potrait Corset

Koleksi Westwood yang diluncurkan pada 1990 ini, menampilkan korset dengan detail print hasil karya kolaborasi dengan seniman François Boucher.

karya legendaris vivienne westwood
Sumber: Alamy stock photo

Berada dalam satu kesatuan koleksi yang bertajuk ‘Corset’, Westwood ingin mengombinasikan karya seni klasik ke dalam teknik kontemporer yang membuat desain dalam koleksi ini terlihat elegan dan mewah. Lukisan yang dikenakan pada korset tersebut juga menonjolkan sisi sensual yang provokatif dengan detail potongan feminin.

Mini Bas Relief Emblem

Salah satu elemen yang khas di dalam setiap karya milik Westwood adalah Mini Bas Relief. Pertama kali dibuat pada akhir tahun 80-an, lambang tersebut merupakan gabungan dari bola berbentuk bulat dan cincin Saturnus.

karya legendaris vivienne westwood
Sumber: GC Images

Menggabungkan ikonografi kerajaan Inggris dan simbolisme luar angkasa, Westwood mengartikan lambang tersebut sebagai bentuk pentingnya masa lalu sambil mengarah ke masa depan. Makna tersebut tentu sangat cocok dengan koleksi milik Westwood yang desainnya sering menghadirkan sentuhan modern dan menantang pada mode konvensional kelas atas seperti korset dan crinoline. Mini Bas Relief bisa ditemukan di koleksi aksesoris, pakaian, hingga tas.

Baca juga:   Mengintip Koleksi Kapsul Jam Tangan Chanel Interstellar

Mini-Crini

Mini-Crini, dirancang oleh Westwood untuk koleksi dengan nama yang sama pada tahun 1985. Koleksi ini memadukan konstruksi crinoline Victoria dengan rok mini modern.

karya legendaris vivienne westwood
Sumber: Vogue

Rok yang dibentuk seperti lonceng menjadi salah satu inovasi fashion terbesar di abad ke-19 sekaligus menjadi yang paling ikonik dalam sejarah koleksi desain Westwood.

Harris Tweed Materials

Tidak hanya inovatif dari segi desain, Westwood juga inovatif untuk memilih bahan pakaian terbaik yang digunakan dalam koleksi desainnya. Koleksi Fall/Winter miliknya yang bertajuk Time Collection-nya menggunakan bahan bernama harris tweed.

HARRIS TWEED

Bahan harris tweed adalah kombinasi bahan unik yang mengedepankan teknik jahit tradisional dan diproses secara handcrafted. Tidak hanya premium dari segi bahan, koleksi formal dan semi-formal ini juga memperlihatkan kekuatan dari motif tradisional kebanggan Skotlandia yang tampak elegan dalam balutan desain khas Westwood.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.usmagazine.com/stylish/pictures/stars-who-have-worn-vivienne-westwood-kim-kardashian-more/ (Diakses pada: 9 Januari 2022)

https://www.bbc.com/news/uk-64122181 (Diakses pada: 9 Januari 2022)

https://www.scmp.com/magazines/style/celebrity/article/3205590/remembering-vivienne-westwood-who-was-punk-til-end-late-british-fashion-icon-counted-dua-lipa-emma (Diakses pada: 9 Januari 2022)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram