Monday, 01 January 2022

Kisah Menarik di Balik Tas Hermès Kelly

Ketika menyebutkan tas Hermès Kelly, kita langsung teringat beberapa kata yang melekat pada citra ikonisnya.
December 19, 2023  | Kingkit Neira
Tas Hermès Kelly
 

Ikonis, mahal, dan tentu saja klasik. Tas Hermès Kelly diprediksi akan terus mengalami peningkatan nilai dalam beberapa tahun ke depan hingga banyak orang menyebutnya sebagai simbol kemewahan yang abadi.

Dalam industri mode, tas Hermès Kelly telah menjadi salah satu lambang prestise dan gaya yang tidak pernah lekang oleh waktu.

Kisah tas Kelly dimulai pada tahun 1930-an, ketika Robert Dumas bergabung dengan bisnis keluarga Hermès yang didirikan oleh ayah mertuanya, Émile Hermès. Émile adalah tokoh di balik beberapa karya ikonik Hermès, termasuk syal sutra yang legendaris, gelang Chaîne d'Ancre yang elegan, dan tas revolusioner bernama Kelly, atau awalnya dikenal sebagai Petit Sac à Courroies. Ukuran tas yang lebih besar dari rata-rata pada masa itu memberikan kebebasan bagi para wanita yang memakainya, sekaligus melambangkan perubahan sosial yang signifikan.

Desain Kelly memiliki keunikan tersendiri, dengan bentuk yang tajam, ramping, dan lebih geometris dari tas-tas sebelumnya. Bentuk trapesium dengan penutup flap yang terikat oleh dua tali samping dan pengait putar yang rapi menjadi ciri khas tas ini. Model ini menjadi dasar bagi banyak tas ikonis Hermès yang akan datang, termasuk legendarisnya Birkin yang diperkenalkan pada tahun 1983. Namun, tas Kelly membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan namanya sendiri. 

Tas Hermès Kelly
Sumber: Harpersbazaar.com

Ceritanya berlanjut pada tahun 1950-an ketika desainer kostum Edith Head memilih aksesoris Hermès untuk mempercantik karakter yang diperankan oleh Grace Kelly dalam film "To Catch a Thief". Grace terpesona oleh Petit Sac à Courroies tersebut sehingga ia terus menggunakannya di luar layar. 

Bahkan, ia menggunakan tas itu untuk menyembunyikan kehamilannya pada tahun 1956. Foto-foto itu menyebar luas di seluruh dunia dan membuat tas Kelly yang saat itu masih kurang dikenal menjadi terkenal. Namun, baru pada tahun 1977, tas tersebut secara resmi diberi nama Kelly oleh Hermès.

Baca juga:   NewJeans dan Mingyu dari SEVENTEEN Jadi Model untuk Kampanye Terbaru Calvin Klein

Keunikan tas Kelly tidak hanya terletak pada sejarahnya yang kaya, tetapi juga dalam variasi ukuran dan model yang ditawarkan. Meskipun desain klasiknya secara keseluruhan tetap tidak berubah, penambahan cincin ganda pada pegangan atas tas pada tahun 2000 memberikan sentuhan modern. 

Hermès juga memperluas koleksi tas Kelly menjadi delapan ukuran yang berbeda, memungkinkan para penggemar untuk menemukan yang paling sesuai dengan gaya dan kebutuhan mereka. Selain itu, edisi khusus tas Kelly yang langka juga menjadi daya tarik tersendiri. Tas Kelly edisi khusus ini menjadi sangat berharga karena kelangkaannya. Harga tas Kelly "biasa" berkisar antara Rp 166,5 juta (9.000 pound sterling) hingga Rp 185 juta (10.000 pound sterling) di butik resmi, sementara harganya hampir dua kali lipat saat dijual kembali. 

Tas Hermès Kelly
Sumber: Harpersbazaar.com

Tas Kellywood yang terbuat dari kayu ek dan kulit saat ini dijual dengan harga lebih dari seperempat juta pound sterling. Sedangkan tas Kellydole dengan desain antropomorfis yang menampilkan wajah, lengan, dan kaki, bisa mencapai harga sekitar Rp 1,3 milyar (70.000 pound sterling).

Selain itu, Hermès juga menghadirkan varian model tas Kelly yang menarik, seperti Kelly Picnic yang berbentuk keranjang yang unik, dan Kellygraphie yang menggunakan berbagai potongan kulit untuk membentuk huruf-huruf alfabet. Tas Kelly juga telah diperluas menjadi model-model lain, seperti tas punggung (Kellyado), tas pinggang (Kelly Danse) yang membebaskan pemakainya untuk menari, tas dengan ritsleting (Kellylakis), dan model bentuk asimetris (Kelly Sellier en Desordre). Bahkan, ada juga pesona tas berbentuk mini yang menyerupai tas Kelly untuk para penggemar Hermès yang suka miniatur.

Tas Kelly tidak hanya menjadi simbol gaya dan prestise, tetapi juga merupakan investasi yang sangat menguntungkan, sebanding dengan nilai emas. Harga Hermès terus naik sekitar 10 persen setiap tahun, sementara reseller tas Kelly terus menaikkan harga mereka. Dalam dunia mode yang selalu berubah, tas Kelly tetap menjadi pilihan yang paling dicari dan dihargai oleh para kolektor dan pecinta mode di seluruh dunia.

Baca juga:   5 Gaun Memukau Karya Desainer Indonesia Yogie Pratama

Ketika Anda memiliki tas Kelly, Anda akan terpesona oleh keindahannya. Setiap detailnya dirancang dengan sangat hati-hati oleh para pengrajin Hermès yang berbakat. Mereka menghasilkan tas yang sempurna tanpa cela, dengan menyatukan 36 komponen kulit dan logam dalam proses penjahitan, perakitan, dan perekatan yang memakan waktu antara 15 hingga 20 jam. Tas Kelly merupakan karya seni yang tak ternilai, dan para pengrajin di atelier Hermès dapat dengan mudah mengenali tas yang mereka buat hanya dengan melihatnya. Tas ini menghadirkan kesempurnaan yang diharapkan dari merek Hermès yang terkenal.

Dengan daya tarik yang abadi dan keindahan yang langgeng, Hermès Kelly tetap menjadi salah satu simbol mode yang paling dicoveted dalam sejarah. Menemani wanita-wanita dari generasi ke generasi, tas Kelly terus memancarkan pesona yang tak terbantahkan, menjadikannya ikon yang akan selalu menghiasi dunia mode dengan keanggunannya yang abadi.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://harpersbazaar.co.id/articles/read/6/2023/19109/sejarah-di-balik-tas-herm-egrave-s-kelly
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram