Monday, 01 January 2022

Marcel Waves: Gaya Rambut Ikonik Era 1920-an

Marcel waves adalah gaya rambut bergelombang yang dihasilkan oleh alat pengeriting rambut yang dipanaskan.
December 12, 2023  | Kingkit Neira
Marcel Waves
 

Di tahun 1920-an, ada banyak jenis gaya rambut yang populer, salah satunya adalah Marcel Waves. Gaya rambut yang menjadi ikonik pada era tersebut mencerminkan kebebasan dan keberanian perempuan pada waktu itu.

Gaya rambut satu ini dinamakan Marcel Waves karena gaya rambut ini ditemukan oleh penata rambut Prancis abad ke-19 bernama Francois Marcel Grateau. Awalnya dikenal dengan Undulation Marcel, lalu berubah nama menjadi Marcel Wave.

Untuk menghasilkan gaya rambut Marcel Waves diperlukan alat pengeriting rambut yang dipanaskan. Pada awalnya, alat tersebut berupa tong berat dengan permukaan bulat. Namun, alat pengeriting rambut ini sulit untuk diatur suhunya, sehingga membutuhkan keahlian tangan yang terampil agar menghasilkan gelombang yang alami dan tidak sekedar keriting bulat.

Pada tahun 1924, alat pengeriting rambut listrik dengan suhu yang dapat diatur mulai tersedia. Kemunculan alat ini menjadi solusi mengatasi masalah suhu yang tidak terkontrol pada alat pengeriting rambut sebelumnya. 

Alat pengeriting rambut Marcel awalnya hadir dalam empat ukuran yang berbeda, namun kemudian dikembangkan menjadi alat pengeriting rambut yang dapat diatur sesuai preferensi individu.

Marcel Waves
Sumber: Vintage-retro.com

Untuk menciptakan gaya Marcel Waves, Anda membutuhkan alat pengeriting rambut, hairspray, spray gel, bobby pin, dan klip rambut. Cara membuat gaya rambut Marcel Waves era 1920-an sangat mudah.

Pertama, Anda perlu memisahkan rambut menjadi dua bagian dengan belahan samping. Lalu, rambut di satu sisi belahan dipotong sedikit lebih panjang dan dikeriting menggunakan alat pengeriting rambut. 

Setelah itu, rambut pada bagian lain dari belahan samping dibiarkan lurus, sedangkan rambut di sisi yang dikeriting diberi spray gel dan diatur menjadi gelombang dengan menggunakan jari-jari tangan atau bobby pin.

Baca juga:   Gaya Fashion Wanita Pria pada Masa Pascaperang Tahun 1950

Proses selanjutnya adalah memecahkan gelombang rambut dengan menggunakan jari-jari tangan, menyisir rambut ke belakang, dan membuat gelombang yang lebih besar dengan menggerakkannya ke depan dan melengkung. Gaya rambut Marcel Waves ditandai dengan adanya gelombang-gelombang yang teratur dan terdefinisi dengan baik.

Marcel Waves
Sumber: Vintage-retro.com

Untuk menjaga gaya rambut Marcel Waves tetap terlihat sempurna, Anda dapat menggunakan topi tidur dari bahan sutra saat tidur. Selain itu, semprotkan hairspray secara berkala untuk menjaga rambut tetap dalam posisi yang diinginkan.

Gaya rambut Marcel Waves memberikan sentuhan klasik dan elegan yang terinspirasi dari era flapper tahun 1920-an. Gaya ini telah berevolusi seiring berjalannya waktu, dengan adanya alat pengeriting rambut modern yang lebih praktis dan aman digunakan. Namun, gaya rambut ini tetap menjadi simbol kebebasan dan keberanian perempuan pada masa lalu.

Jadi, jika Anda ingin mengadopsi gaya rambut yang klasik namun tetap elegan, Marcel Waves bisa menjadi pilihan yang sempurna. Dengan peralatan modern yang tersedia saat ini, Anda dapat menciptakan gaya rambut ini dengan mudah dan mengambil inspirasi dari keberanian dan kebebasan para flapper tahun 1920-an.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
http://bloshka.info/2020/11/17/marcel-waves/

https://www.vintage-retro.com/1920s-flapper-hairstyle-recreation-how-to-make-the-marcel-waves/

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram