Monday, 01 January 2022

Mendukung Produksi Kain Daur Ulang Dari Limbah Plastik

Hingga saat ini limbah plastik menjadi isu terbesar yang harus diperhatikan.
April 19, 2024  | Dena Ayu
Produksi Kain Daur Ulang
 

Mendukung adanya produksi kain daur ulang adalah ide yang cemerlang untuk menyelamatkan dunia dari kerusakan lingkungan karena limbah-limbah plastik. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa pakaian yang kamu pakai ada yang terbuat dari kain yang berbahan plastik, yang mana akan merusak kulit dan menyebabkan penyakit kulit lainnya. 

Bahan-bahan plastik yang ada pada pakaian yaitu seperti poliester, nilon, spandeks, rayon, vinil dan lainnya. Dan realitanya pakaian yang kamu pakai adalah tren mode yang menggunakan pada bahan-bahan plastik. 

Maka, tak heran jika sebagian industri fashion melakukan dan memanfaatkan daur ulang plastik untuk dijadikan kain dan produk-produk pakaian. 

Sumber: unplash.com/sdominick

Apa itu kain daur ulang?

Kain daur ulang yaitu kain yang terbuat dari bahan-bahan limbah yang diolah kembali menjadi serat baru untuk menenun kain baru yang merupakan proyek berkelanjutan baru untuk menggantikan kain sintetis tradisional. 

Plastik memang jenis sampah yang sangat sulit terurai oleh karena itu, solusi yang dilakukan adalah daur ulang plastik. Apa itu daur ulang plastik, yaitu sebuah kegiatan yang  mengelola kembali dan memanfaatkan barang bekas plastik agar bisa digunakan kembali dan bermanfaat bagi lingkungan dan memiliki nilai jual. 

Tujuannya adanya daur ulang yaitu untuk mengurangi dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan yang mana akibatnya berbahaya bagi bumi. 

Jenis kain daur ulang 

Kain yang terbuat dari barang bekas plastik yaitu jenis polyester yaitu kain yang terbuat dari benang atau serat poliester. Saat ini kain polyester menjadi kain buatan manusia yang populer di dunia dan menjadi kain sintetis paling populer secara keseluruhan. 

Baca juga:   Bisakah Fast Fashion Berkelanjutan?

Seperti apa sih awal pembuatan kain polyester dari plastik? 

Awalnya, PET (polyethylene terephthalate) adalah polimer termoplastik yang ringan, tahan lama, transparan, aman, tahan pecah, dan sangat dapat didaur ulang. Keamanannya terutama terbukti dalam hal memenuhi syarat untuk kotak makanan, tahan terhadap mikroorganisme, inert secara biologis jika tertelan, bebas korosi, dan tahan terhadap pecah yang mungkin sangat berbahaya.

Umumnya bahan ini digunakan sebagai kemasan minuman dan makanan seperti pada botol minuman. Berawal dari itu kini, menjadi hal yang sangat berguna dan bermanfaat dan bisa dimanfaatkan kembali. 

Kain plastik daur ulang atau PET (Polyethylene Terephthalate) adalah jenis kain yang terbuat dari bahan daur ulang plastik yang berasal dari sumber manapun. Jenis kain ini tidak terbuat dari bahan petrokimia asli yang belum diproses sama sekali. 

Sumber: unplash.com/simonkr

Keuntungan menggunakan bahan polyester daur ulang

Keberlanjutan

Keuntungan yang didapatkan yaitu ternyata rPET meninggalkan jejak karbon yang lebih kecil yang artinya bahan ini dapat 100% dapat didaur ulang dimulai dari tutup botol hingga labelnya. Hal ini dapat mengurangi limbah plastik dan mengurangi kebutuhan pembuatan PET yang dapat menghabiskan sumber daya alam. 

Perlu diketahui bahwa plastik daur ulang menggunakan 75% lebih sedikit energi daripada harus membuat plastik baru. 

Durabilitas

Polyester daur ulang hampir identik dengan polyester biasa dalam kualitas, tetapi membutuhkan energi 59% lebih sedikit untuk diproduksi daripada polyester biasa. Polyester daur ulang juga dapat berkontribusi untuk mengurangi ekstraksi minyak mentah dan gas alam dari bumi untuk membuat lebih banyak plastik. 

Jadi, untuk kamu yang memiliki pakaian berbahan polyester, ini merupakan bahan yang terbuat dari kain daur ulang plastik. Dengan adanya produksi kain daur ulang, kita bisa menolong lingkungan dari pencemaran limbah plastik yang berlebih.

Baca juga:   Tas dari Kulit Jamur, Bukti Vegan Leather Bisa Jadi Inovasi Mode

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.u-long.com/id/category/Kain-Daur-Ulang/Recycled-Fabric.html
https://id.linkedin.com/pulse/kain-plastik-daur-ulang-tren-mode-terpanas-dalam-industri-
https://lifestyle.kompas.com/read/2022/02/22/155145120/benarkah-pakaian-dari-bahan-daur-ulang-botol-plastik-lebih-berkelanjutan?page=all
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram