Monday, 01 January 2022

Mengenal Gaya Busana Eklektik

Bersenang-senang, tampil unik, menarik, dan orisinal dengan gaya busana eklektik kreasi kamu sendiri.
August 16, 2023  | Zepanya Hutabarat
busana eklektik
 

Mengesampingkan semua aturan mode, gaya busana eklektik menawarkan kebebasan berekspresi yang tak terbatas dalam memadukan pakaian dan aksesori. Mode eklektik adalah tentang bersenang-senang dengan gaya pilihan sendiri. Pilihan style bagi wanita yang percaya diri, berani, dan bersemangat mengekspresikan diri, imajinasi, dan kreativitas melalui fashion.  

Selengkapnya tentang gaya busana eklektik, bagaimana menatanya untuk menciptakan tampilan yang tak hanya unik dan menonjol, tapi juga menarik dan remarkable, dijelaskan melalui ulasan di bawah ini. Simak terus, jangan sampai kelewatan ya.

Apa itu gaya busana eklektik?

Gaya busana eklektik adalah suatu tren atau pendekatan dalam berpakaian atau memadukan pakaian dengan cara mengombinasikan beragam unsur mode yang tidak biasanya dipadukan. Inti dari mode busana eklektik adalah menggabungkan yang tidak sesuai, memadukan gaya, tekstur, dan tren yang berbeda. Kamu memilih dan menggabungkan beragam jenis gaya yang berbeda, dari berbagai spektrum mode, untuk menciptakan tampilan yang khas, unik, dan orisinal.

Mencakup semua jenis item pakaian dan aksesoris dari berbagai gaya dan era fashion yang berbeda, style ini menggabungkan pakaian dari berbagai aliran mode seperti vintage, retro, chic, feminim, romantic, kasual, atau bahkan unsur-unsur tradisional. Bagi kamu, satu gaya tidak cukup untuk mengekspresikan diri, imajinasi, dan kreativitas kamu.

Dalam gaya eklektik, kombinasi outfit yang unconventional bukan semacam salah kostum. Sebaliknya, kamu secara sadar mengambil fashion risks, mencoba kombinasi baru, bereksperimen dan bersenang-senang dengan kombinasi pakaian. Menentukan sendiri apa yang ingin kamu kenakan sebagai fashion statement yang menggambarkan ekspresi persona fashion kamu.

Sebagai salah satu style dressing yang kurang populer, gaya eklektik memang bukan untuk semua orang. Pilihan bagi wanita kreatif yang suka berpakaian dengan cara yang tidak konvensional dan tampil beda. Percaya diri, berani, bersemangat mengekspresikan diri, imajinasi, dan kreativitas kamu melalui mode.  

Baca juga:   14 Gaya Margot Robbie Menjadi Barbie di Dunia Nyata

Panduan gaya busana eklektik

Pada dasarnya, dalam gaya eklektik tidak diperlukan aturan potongan tertentu harus dipadukan dengan cara, jenis, atau bentuk tertentu. Ingat, style ini berbicara tentang kebebasan ekpsresi attire. Tetapi panduan dasarnya berguna untuk menuntun kamu dalam mengkreasikan sendiri style orisinal eklektik kamu.

Tidak mudah menyatukan hal-hal yang berbeda, dan ada garis yang sangat tipis antara terlihat unik dan terlihat konyol atau hambar. Tetapi panduan di bawah ini bakal menuntun kamu tampil dengan gaya eklektik sungguhan, tidak ragu-ragu, percaya diri, menarik, dan bukan terlihat seperti salah kostum yang tidak disengaja. Simak yuk!

Mulai dengan pakaian-pakaian dasar yang biasa kamu pakai

Tanpa harus membeli pakaian baru, kamu bisa menciptakan gaya busana ekletik. Di mulai dari mengidentifikasi pakaian-pakaian dasar yang kamu punya di lemari kamu, misalnya jeans klasik, celana hitam, kemeja putih, blouse motif, dress, rok hitam atau netral, lalu pikirkan bagaimana itu semua dipadukan dengan cara baru.

Kenakan pakaian-pakaian dasar kamu dengan cara yang tidak terduga, dengan cara yang tidak biasa. Sebagai contoh, misalnya, pencil skirt yang biasa kamu pasangkan dengan atasan blouse putih, sekarang coba kreasikan dengan sweater rajutan, sepatu stiletto, dan tambahan aksesoris kalung.

Untuk tampilan yang lebih bermotif, kamu bisa coba black pants classic atau jeans biru dengan atasan bermotif, ditambah striped blazer. Dua types of print yang berbeda, blazer bergaris dan atasan bermotif, selama mengandung elemen warna yang mirip, terlihat unik dan indah dikenakan bersamaan.

Kenakan warna berbeda pada waktu yang sama

Bereksperimen dengan warna adalah cara mudah untuk menciptakan gaya eklektik. Keluar dari kebiasaan memasangkan pakaian berwarna dengan warna netral atau kombinasi warna yang sama yang selalu kamu gunakan.

Baca juga:   6 Rekomendasi Style Gaun Pernikahan Muslimah ala Seleb

Cobalah padukan warna yang berdekatan pada color wheel, seperti kuning dan hijau, biru dan hijau, biru dan ungu, ungu dan merah, atau merah dan oranye. Kamu juga dapat bermain-main dengan kombinasi warna utama dan warna motif pakaian, atau corak berbeda dengan warna yang sama.

Cara yang bertolak belakang: Padukan warna yang berseberangan pada color wheel untuk membuat ansambel eklektik yang penuh warna. Merah dan hijau, ungu dan kuning, biru dan jingga, dan gradasinya dapat terlihat menarik selama tidak saling mendominasi.

Misalnya, dress dengan corak daun hijau akan terlihat cantik dengan blazer merah. Kalau kamu nyaman dan percaya diri, kamu bisa pakai dress kuning dipasangkan dengan tights warna ungu. Jika menurut kamu dua warna solid terlalu berlebihan, kamu bisa pilih satu warna sebagai warna utama outfit kamu dan tambahkan warna pelengkap melalui aksesoris.

Padukan jenis gaya pakaian berbeda

Kenakan setelan dengan kombinasi style berbeda. Contohnya, kamu bisa pakai outfit elegant style dan kasual secara bersamaan. Pasangkan kesan elegan sepatu stiletto metalik dengan style kasual rok berenda dan shirt tee graphic.

Jangan ragu untuk menyatukan jenis pakaian vintage atau retro dengan jenis pakaian modern atau feminim. Perpaduanya menciptakan gaya busana eklektik yang lebih segar dan seimbang.

Kenakan aksesori tambahan

Pilihan aksesoris yang tepat bakal mengubah setelan biasa kamu jadi tampak eklektik. Kenakan aksesoris yang berbeda yang biasa kamu pakai dengan style pakaian tertentu. Misalnya, sepatu kasual dengan rok dan dress formal. Sepatu chunky dipasangkan dengan dress yang girly dan flowy.

Tambahan syal atau scarf warna-warni dan bermotif, colorful fun bag, dan bold jewelry yang ditambahkan pada setelan dasar juga dapat digunakan untuk menciptakan tampilan gaya busana eklektik.

Baca juga:   Jangan Salah Beli, Yuk Kenali Jenis-Jenis Sepatu Running!

Tidak perlu terburu-buru. Sementara bersenang-senang dengan gaya busana eklektik tidak memungkinkan di lingkungan kerja profesional kamu, kamu bisa melakukannya di off days kamu. Bersenang-senang, ekspresikan diri, tata style ekletik kamu sendiri, dan nikmati hasil karya kamu. Cheersss!!!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.fashionologymag.com/eclectic-style-overview-and-tips-for-making-it-work-for-you/
https://savvysouthernchic.com/whats-my-style-how-to-express-an-eclectic-fashion-style/
https://www.prazzlemagazine.com/post/eclectic-fashion-here-s-a-complete-guide-to-its-styling
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram