Monday, 01 January 2022

Mengenal Lebih Jauh Gaya Y2K Fashion yang Abadi

Mode selalu memiliki cara untuk menghidupkan kembali kenangan masa lalu dengan cara yang segar dan berani.
April 17, 2024  | Kingkit Neira
Gaya Y2K
 

Salah satu tren yang kini kembali menjadi sorotan adalah gaya Y2K fashion. Gaya Y2K fashion yang kembali hits ini mengingatkan kita pada gaya unik dan berwarna-warni dari era 2000-an. Dari selebriti hingga koleksi desainer terbaru, tren ini merangkul nuansa yang mencolok dan menjadi simbol nostalgia yang tak terlupakan.

Apa Itu Y2K Fashion?

Gaya Y2K fashion, atau juga dikenal sebagai "Year 2 Kilo" fashion, merujuk pada gaya mode dari tahun 2000-an. Singkatan ini sebenarnya berasal dari masalah komputer pada saat itu, yang merupakan singkatan dari "Year 2000" atau "Tahun 2000". 

Era ini diwarnai oleh perkembangan teknologi yang pesat dengan lahirnya perusahaan teknologi besar seperti Microsoft dan Apple. Namun, masalah muncul sehingga mengakibatkan kesalahan perangkat lunak yang dikenal sebagai Y2K-bug. Nama ini kini lebih dikenal sebagai ikon dari tren mode yang mengacu pada era 2000-an.

Y2K-outfits
Sumber: Universityoffashion.com

Gaya Y2K Fashion Pria dan Wanita

Tren Y2K fashion mencakup sejumlah ciri khas yang terutama mempengaruhi pakaian pria dan wanita. Mode wanita Y2K era 2000-an seringkali mencakup warna-warna cerah, glitter yang berlimpah, serta tampilan kulit yang bold. 

Pilihan warna seperti pink bubblegum dan cetakan payet menjadi populer, disertai dengan aksesori seperti klip rambut kupu-kupu dan tas baguette. Pakaian terkenal seperti setelan tracksuit serasi, celana jeans rendah, dan kaus berlengan pendek tanpa perut menjadi ikonik pada masa itu.

Di sisi lain, mode pria Y2K juga mencakup karakteristik yang kuat. Pakaian pria pada era tersebut cenderung fokus pada penggunaan bahan seperti kulit dan denim. Pilihan pakaian yang populer termasuk celana kulit dan denim dengan potongan besar, yang sering dipadukan dengan kaus berlogo atau pakaian rajutan. Aksesori seperti topi ember dan berbagai jenis sepatu, mulai dari sepatu Oxfords hingga flip-flop, juga menjadi bagian penting dari gaya ini.

Gaya Y2K
Sumber: Versace

Ciri Khas Y2K Fashion

Ada beberapa ciri khas yang membedakan Y2K fashion dari era mode lainnya. Beberapa ciri tersebut antara lain:

Baca juga:   Ketika Elvis Presley, Mick Jagger hingga Harry Style Menanamkan Gaya Androgini

1. Warna Cerah dan Mencolok

Y2K fashion dikenal dengan palet warna yang berani dan mencolok. Warna-warna seperti pink bubblegum, biru elektrik, dan ungu sering menjadi pilihan utama.

2. Glitter dan Kilauan

Glitter dan kilauan merupakan elemen utama dalam Y2K fashion. Pakaian dan aksesori dengan detail glitter atau payet sering dijumpai dalam gaya ini.

3. Pakaian Berpotongan Rendah

Pakaian dengan potongan rendah dan lepas adalah salah satu ciri paling ikonik dari Y2K fashion. Celana jeans rendah dan kaus berlengan pendek tanpa perut menjadi tren yang sangat populer.

4. Penuh Aksesori 

Aksesori adalah bagian penting dari Y2K fashion. Mulai dari klip rambut lucu, gelang berwarna-warni, hingga kalung berukuran besar, aksesori menjadi cara untuk menambahkan sentuhan unik pada tampilan.

Gaya Y2K
Sumber: Instagram/oliviarodrigo

Para Ikon Y2K Fashion

Banyak selebriti yang menjadi ikon Y2K fashion pada era 2000-an dan berkontribusi dalam mempopulerkan tren ini. Grup musik Destiny's Child dan NSYNC, bersama dengan artis seperti Britney Spears dan Missy Elliot, sangat memengaruhi mode Y2K pada masanya. Tampilan mereka yang penuh warna, celana jeans rendah, dan aksesori berlimpah menjadi inspirasi bagi banyak orang.

Saat ini, selebriti muda seperti Olivia Rodrigo, Dua Lipa, dan BTS juga membawa kembali inspirasi Y2K fashion ke panggung modern. Dengan lagu-lagu populer dan penampilan penuh gaya, mereka membawa sentuhan nostalgia kepada generasi baru. Para selebriti ini mengambil elemen-elemen mode ikonik dari era 2000-an dan menggabungkannya dengan gaya mereka sendiri, membawa kembali semangat dan keunikan dari Y2K fashion.

Dari warna cerah hingga aksesori berlimpah, tren ini mengajak kita untuk merayakan keberanian dalam berpakaian dan merasakan nostalgia yang manis dari masa lalu. Dengan inspirasi dari selebriti dan desainer, Y2K fashion terus mengambil tempat istimewa dalam dunia mode modern.

Baca juga:   Style ala Ayla Dimitri yang Bisa Kamu Mix Match

Itulah sekilas mengenai Y2K fashion yang abadi dan terus hits hingga saat ini.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.lofficielsingapore.com/fashion/the-y2k-trend-the-revival-of-2000s-fashion

https://revivalist.com/what-is-y2k-fashion/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram