Monday, 01 January 2022

Mengulik Mode Mod Era 1960-an

Gaya mode mod telah mencuri perhatian dunia dengan ciri khasnya yang unik dan revolusioner.
August 7, 2023  | Kingkit Neira
Mengulik Mode Mod Era 1960-an
 

Berakar dari kelompok pemuda kelas pekerja di akhir tahun 1950-an hingga awal 1960-an di London, mode mod melambangkan semangat revolusi budaya dan perubahan sosial pada masa itu. 

Sumber: Getty Images

Berawal dari pakaian modern Italia yang rapi, mode ini segera menyebar di kalangan remaja yang memiliki lebih banyak pendapatan dan antusiasme untuk menghabiskan uang mereka pada rekaman dan fashion. Seiring berjalannya waktu, mod tidak lagi hanya menjadi milik para pemuda, tetapi juga berhasil menarik perhatian para wanita yang akhirnya menjadi bagian tak terpisahkan dari fenomena mod.

Asal Usul Gaya Mod

Pada awalnya, para pemuda mod di London berkumpul di Carnaby Street, tempat mereka bisa mendapatkan inspirasi dan berkompetisi dalam gaya berpakaian terbaru. Para wanita pun mulai berpartisipasi, mengenakan pakaian seperti para pemuda mod dengan setelan Italia mereka sendiri. 

Selain Carnaby Street, Kings Road di London juga ikut menjadi ikon dari tren mode mod di era itu. Tidak hanya menjadi tujuan belanja, tetapi tempat-tempat ini juga menjadi simbol gaya dan kebebasan bagi para pemuda yang mengunjunginya.

mode mod
Sumber: Getty Images

Namun, seiring berjalannya waktu, gaya mod bagi perempuan berkembang menjadi lebih feminin dan beragam, dan butik-butik di London seperti Miss Mouse, Mary Quant's Bazaar, dan Biba menjadi pusat penyebaran tren 'mod' terkini. 

Gaya-gaya ini dengan cepat menyebar ke kota-kota lain di Inggris seperti Portsmouth, Bournemouth, Reading, dan Liverpool, dan gaya 'London Look' pun menjadi dikenal di seluruh dunia.

Gaya Mod pada era 1960-an menciptakan revolusi dalam dunia fashion. Para desainer tidak lagi hanya terpaku pada gaya-gaya konservatif, tetapi berani untuk mengeksplorasi inovasi dan gaya yang lebih berani.

Baca juga:   Gaya Fashion Wanita Pria pada Masa Pascaperang Tahun 1950

Para Ikon Mode Mod Tahun 60-an

Para wanita di London dengan cepat menjadi ikon dalam dunia fashion, dan beberapa wajah terkenal pun tak ketinggalan untuk mengadopsi gaya mod yang sedang booming saat itu. Berikut adalah lima ikon gaya mod tahun enam puluh yang paling berpengaruh:

Twiggy

Twiggy menjadi model paling terkenal sepanjang tahun enam puluhan dengan memengaruhi gaya mod di seluruh dunia. Ia terkenal dengan rok mini yang memperlihatkan kaki rampingnya dan mata besar ala bambi.

Marianne Faithful

Seorang penyanyi yang populer pada masanya, Marianne Faithful juga berhasil mencuri perhatian banyak wanita dengan gaya mod-nya yang agak bergaya rock and roll, terutama karena ia sering terlihat bergaul dengan The Rolling Stones.

Hiroko Matsumoto

Pierre Cardin 'menemukan' Hiroku di Jepang dan dengan cepat menjadikannya sebagai muze. Gaya mod-nya dengan rambut bob pendek dan gaun-gaun karya Cardin sangat menonjol.

Pattie Boyd

Pattie Boyd adalah seorang model dengan wajah bayi dan mata biru besar yang sempurna untuk tampilan mod. Ketika ia jatuh cinta dengan salah satu anggota The Beatles, fotografer tak bisa berhenti mengabadikan penampilan mod-nya di jalanan.

Julie Christie

Julie Christie senang mengikuti tren-tren terbaru dari Carnaby Street dan tampil dengan rok mini, poni tegas, dan anting-anting besar berbentuk lingkaran. Perannya sebagai seorang mod dalam film "Darling" semakin memperkuat citranya sebagai ikon gaya moda pada masa itu.

mode mod
Sumber: Redferns

Cara Berpakaian dengan Gaya Mod

Bagi Anda yang tertarik dengan gaya mod yang klasik dan ikonik, berikut adalah beberapa cara berpakaian untuk mencapai penampilan yang khas:

Potongan Rambut Pixie

Potongan rambut pixie merupakan ciri khas pemuda mod awal yang dipengaruhi oleh sinema Prancis, terutama oleh penampilan Jean Seberg dalam film "A Bout De Souffle".

Baca juga:   Sejarah Pakaian Hiking dari Zaman ke Zaman

Rok Mini

Rok mini, yang dipopulerkan oleh desainer Mary Quant, menjadi pakaian wajib dalam gaya mod. Rok yang berpotongan pendek ini memperlihatkan penampilan yang berani dan modern.

Riasan Mata yang Tebal

Mod sangat mengutamakan riasan mata, khususnya menggunakan bulu mata yang tebal, eyeliner, dan bayangan mata gelap untuk menciptakan mata yang dramatis.

mode mod
Sumber: Getty mages

Gaun Shift

Gaun shift menjadi favorit karena menghadirkan penampilan yang simpel dan memperlihatkan gaya yang elegan dengan melindungi bentuk tubuh.

Itulah asal usul gaya mode tahun 1960-an yang menciptakan revolusi di dunia fashion.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://mandy-morello.com/ultimate-guide-sixties-mod-fashion/

https://fiftiesweb.com/fashion/mod-fashion/

https://allthatsinteresting.com/the-mods#13

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram