Monday, 01 January 2022

Tampil Berani dengan Mix and Match Colorblocking

Mencoba padu padan outfit colorblocking akan cukup menantang untuk kamu yang terbiasa dengan warna aman atau netral.
March 15, 2023  | Melisa Nirmaladewi
Tampil Berani dengan Mix and Match Colorblocking
 

Memadupadan outfit dengan warna senada seperti monokrom mungkin sudah biasa dilakukan karena perpaduan warnanya yang aman dan serasi. Tapi, bagaimana jika mix and match outfit dengan warna kontras atau colorblocking? Perpaduan warna ini sekilas terlihat aneh dan nyentrik. Selain karena warna-warna yang dipilih biasanya terdiri dari komponen cerah, perpaduan warna yang bertabrakan tampak kurang serasi sehingga terlihat tidak menarik dipandang.

Tapi, jangan salah. Dengan sentuhan perpaduan warna dan fashion items yang tepat, mix and match colorblocking bisa menjadi teknik andalanmu untuk membuatmu jadi spotlight. 

Mengenal Colorblocking 

Istilah colorblocking di dunia kesenian sendiri memiliki arti memilih warna yang letaknya berseberangan untuk membuat perpaduan warna yang kontras. Misalnya kamu bisa memadukan warna kuning dengan ungu, atau biru dengan oranye.

Membahas asal mula dari colorblocking sendiri datang dari pelukis Belanda bernama Piet Mondrian yang memperkenalkannya melalui gerakan yang disebutnya Neo-Plastisisme. Mondrian memaksimalkan kesederhanaan dengan seni abstrak tapi geometris. Blok warna yang solid digunakan oleh Mondrian untuk menciptakan kontras di karya seninya.

Inovasi dari Mondrian ini berhasil menjadi bagian penting yang lantas menginspirasi desainer Yves Saint Laurent mendasarkan seluruh koleksi fashion colorblocking-nya dari karyanya di Koleksi Musim Gugur/Musim Dingin tahun 1965-1966.

Tips Styling dengan Outfit Colorblocking

Tidak ada kata terlambat untuk mencoba! Outfit colorblocking bisa jadi pilihan style andalanmu untuk memberikan style unik dengan warna-warna kontras yang sesuai dengan personality-mu. Yuk, ikuti tips berikut ini bagi kamu pemula yang ingin mencoba style colorblocking!

Let the Color Wheel Inspires You

Dengan bantuan color wheel, kamu bisa lebih mudah menentukan warna-warna komplementer atau berseberangan sebagai basic ideas untuk ide outfit colorblocking-mu.

color wheel diagram
Sumber: College Fashion

Cara menentukannya juga sangat mudah, cukup pilih salah satu warna dan lihat warna yang letaknya di seberang warna yang kamu pilih. Misalnya saat kamu memilih warna aquamarine, berarti kamu bisa memilih warna vermilion sebagai kombinasi warna mix & match-mu.

Baca juga:   Mengenal Lebih Jauh Gaya Y2K Fashion yang Abadi

Combined too Two to Three Colors

Saat melakukan colorblocking, kamu bisa mengombinasikan 2-3 warna dalam satu look. Hal ini dilakukan agar penampilanmu tidak terlihat berlebihan, terutama bagi kamu yang pemula.

mix and match colorblocking
Sumber: Getty Images

Sebagai inspirasi, kamu bisa menggunakan dua warna awal di fashion item utama seperti atasan atau bawahan, dan menambahkan warna ketiga sebagai aksen di aksesoris tambahan atau statement piece di overall look-mu.

Give a Touch of Prints & Patterns

Outfit colorblocking biasanya hanya menggunakan fashion item yang memiliki solid color.

mix and match colorblocking
Sumber: Instagram.com/lookofmermaid

Tapi, untuk memberikan statement piece yang lebih bold pada look-mu, kamu bisa menambahkan item dengan sentuhan motif atau pattern. Sebagai tips tambahan, kamu bisa memilih item dengan warna motif yang lebih terang atau lebih gelap dari warna colorblock yang kamu tentukan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.cosmopolitan.com/style-beauty/fashion/g25462203/fashion-trends-2019/ (Diakses pada: 20 Februari 2023)

https://www.collegefashion.net/fashion-tips/color-block-outfits/ (Diakses pada: 20 Februari 2023)

https://www.lifestyleasia.com/ind/style/fashion/colour-blocking-trend-is-the-latest-summer-fashion-trend/ (Diakses pada: 20 Februari 2023)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram