Monday, 01 January 2022

Old Money Aesthetic, Inspirasi Style ala Bangsawan dan Milyuner

Salah satu style fashion yang menarik perhatian dunia maya akhir-akhir ini adalah style para old money.
April 28, 2023  | Melisa Nirmaladewi
Old Money Aesthetic
 

Para orang kaya lama atau old money aesthetic ini begitu digandrungi karena style mereka yang terlihat anggun, elegan, dan berciri khas memiliki kemewahan yang tenang. Popularitas old money style sendiri tidak lepas dari pengaruh sosial media TikTok melalui hashtag #OldMoney-nya yang telah menarik 2.5 trilliun viewers, disusul dengan hashtag bertema serupa seperti #OldMoneyAeshtetic dan #OldMoneyOutfits yang masing-masing telah ditonton sebanyak 946 juta dan 222.5 juta orang.

Mengenal Style Old Money Aesthetic

Arti old money sendiri berdasarkan kamus Oxford mengacu pada kekayaan warisan dari keluarga secara turun temurun. Berdasarkan definisi tersebut, orang-orang biasa mengasosiasikan para old money biasanya terlahir dari keluarga ternama atau bangsawan besar yang telah memiliki kekayaan tujuh turunan. Cara berpakaian orang-orang yang masuk dalam kategori ini memiliki ciri yang sama sehingga membuat orang-orang membuat klasifikasi style yang diberi nama old money aesthetic atau old money style.

old money aesthetic
Sumber: Getty Images

Contoh figur yang dijadikan inspirasi old money style oleh publik adalah Princess Diana dan Carolyn Besset Kennedy. Kita semua tahu bahwa Princess Diana merupakan sosok ikonik dengan ciri khas houndstooth blazer-nya yang ikonik. Selain terkenal dengan perangainya yang anggun serta tutur katanya yang lembut, style elegan Lady Diana sangat kental dengan aura bangsawan – dan tentunya old money – melalui setelan dress atau blazer-nya yang selalu ia kenakan saat melakukan kegiatan di luar istana.

Sumber: Lawrence Scwartzwald/Getty Images

Tidak kalah menarik dari Princess Diana, Carolyn Bessette Kennedy juga memberikan look old money yang khas dengan pakaian kesehariannya yang minimalis dan anggun. Istri dari presiden John. F Kennedy ini selalu tampil palet warna yang simpel seperti hitam, putih, dan warna netral lainnya. Dalam beberapa foto yang berhasil diabadikan juga menunjukkan jika Bessette Tampak mengenakan aksesoris dengan detail minimalis serta hobi mengenakan mantel sebagai focal point dari keseluruhan style-nya. 

Baca juga:   9 Tren Fashion Musim Gugur 2024 yang Memikat

Elegansi dari old money style ini menjadi nilai jual sendiri yang menarik banyak perhatian anak muda tertarik untuk mencobanya. Kesederhanaan pakaian para figur old money ini berhasil menciptakan paradoks yang menarik: hal-hal yang tidak meneriakkan kekayaan sebenarnya mewakili kekayaan ekstrim atau sangat kaya. Paradoks ini memesona komunitas TikTok yang dibombardir dengan pakaian penuh logo dan mencolok oleh berbagai influencer.

Fashion Item untuk Inspirasi Old Money Style

Untuk recreate look ala old money tidak harus merogoh uang milyaran untuk membeli baju-baju branded yang dimiliki oleh mereka. Dengan sentuhan fashion items dan mix & match yang tepat, kamu juga bisa tampil seperti old money dengan budget yang minim. Berikut Laruna berikan beberapa fashion item yang bisa bantu elevate old money style-mu:

Blazer

Blazer adalah fashion item yang sering terlihat dikenakan oleh para old money. Selain memberikan kesan anggun, blazer juga membantu memberikan look yang lebih dewasa apabila dipadukan dengan casual piece seperti jeans atau t-shirt.

Sumber: Instagram.com/ecinos.id

Kamu bisa mengenakan blazer dengan model oversized untuk memberikan kesan vintage atau pilih yang memiliki pattern dengan detail minimalis seperti houndstooth atau tartan.

White Shirt

Warna netral adalah poin penting untuk menyempurnakan old money style-mu.

Old Money Aesthetic
Sumber: Instagram.com/kasual.id

Kemeja warna putih bisa menjadi pilihan sebagai basic statemementu untuk look-mu. Pastikan memilih kemeja putih yang memiliki material premium dari kain katun agar pakaian bisa terlihat mewah dan tidak mudah kusut.

Loafers

Ada beberapa pilihan alas kaki yang bisa membantu elevate old money look-mu, salah satu yang direkomendasikan adalah loafers.

Old Money Aesthetic
Sumber: Instagram.com/likeprojectbdg

Selain memberikan kesan formal yang anggun, loafers bisa memberikan sentuhan klasik yang timeless sebagai salah statement piece untuk keseluruhan look-mu. Kamu bisa pilih loafers yang menggunakan bahan leather classic atau suede agar tahan lama.

Baca juga:   6 Jenis Pakaian Musim Hujan Agar Tetap Stylish

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://harpersbazaar.com.au/old-money-aesthetic/ (Diakses pada 21 Maret 2023)

https://www.stylight.com/Magazine/Fashion/Old-Money-Aesthetic/ (Diakses pada 21 Maret 2023)

https://www.glamourmagazine.co.uk/gallery/old-money-aesthetic (Diakses pada 21 Maret 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram