Monday, 01 January 2022

Outfit Repeater, Salah Satu Penerapan Slow Fashion

Beberapa orang mungkin memakai baju tersebut berulang kali karena sangat menyukai outfit tersebut, beberapa yang lain mungkin sedang konsisten menerapkan slow fashion.
March 6, 2023  | Anisa Ramadhani
Outfit Repeater
 

Apa itu outfit repeater? Outfit repeater adalah istilah untuk orang-orang yang kerap mengenakan pakaian yang sama berkali-kali.

Outfit repeater tidak hanya menjadi pilihan berbusana, namun pilihan gaya hidup yang lebih minimalis dan bijaksana. Nah, disini pertanyaannya adalah apakah boleh menjadi pengulang pakaian atau outfit repeater?

outfit repeater
Sumber: Glamour

Jawabannya, tentu sah-sah saja. Tidak masalah untuk selalu mengenakan pakaian yang sama secara berkala. Justru hidup kamu akan menjadi lebih sederhana dan bermakna. Di sisi lain, mengenakan pakaian yang sama beberapa kali akan mengurangi jejak karbon dan limbah tekstil, artinya dapat membantu mengurangi climate change dan menjaga lingkungan.

Salah satu public figure yang adalah seorang outfit repeater adalah Amal Clooney. Amal Clooney adalah seorang pengacara terkenal yang juga seorang aktivis asal Lebanon. Ibu dua anak yang terkenal ini pernah terlihat di sekitaran NYC dalam balutan busana yang apik namun bersahaja, memadukan mantel hitam panjang Max Mara dengan kaos berwarna senada, celana kotak-kotak bernuansa glam dan satu set sepatu pump hitam-putih yang anggun. Dia melengkapi penampilan musim semi dengan tas tangan kulit Christian Dior yang sangat cocok dengan busananya.

Di lain waktu, ia terlihat mengenakan blouse putih dengan celana bahan cream dan long coat berwarna senada. Dilengkapi dengan kalung dan hand bag, penampilan Clooney selalu tampak simpel dan bersahaja.

Gaya street style Amal Clooney muncul hanya beberapa hari setelah penerbitan cerita sampul Vogue-nya, di mana Clooney mendiskusikan kesenjangan yang dirasakan antara selera fesyen dan kariernya. "Saya benci gagasan bahwa Anda, sebagai manusia, harus dimasukkan ke dalam sebuah kotak," katanya. "Tidak ada alasan mengapa pengacara tidak boleh bersenang-senang-atau aktris tidak boleh serius."

Baca juga:   Xiye Bastida, Sosok Climate Activist untuk Levi's Buy Better, Wear Longer

Selain Amal Clooney, selebriti atau orang terkenal yang juga terlihat mengenakan pakaian yang sama beberapa kali di depan publik adalah Meghan Markle, Kate Middleton, Tiffany Haddish, dan Michelle Obama. Jika mereka saja percaya diri dan mau menjadi outfit repeater dengan tujuan yang lebih luas seperti menjaga bumi, kenapa kamu tidak?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.lunaandsun.com/blogs/news/how-to-be-a-proud-outfit-repeater (Diakses pada: 15 Februari 2023)

https://www.vogue.com/article/confessions-of-an-outfit-repeater-rules-tiffany-haddish-kate-middleton (Diakses pada: 15 Februari 2023)
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram