Monday, 01 January 2022

5 Peluang Kerja di Bidang Fashion, Apa Saja?

February 6, 2023  | Anisa Ramadhani
peluang kerja di bidang fashion
 

Industri fashion kian berkembang dan menjadi peluang besar untuk beberapa pekerjaan di ranahnya. Peluang kerja di bidang fashion semakin banyak diminati, tidak hanya untuk jobseekers tapi juga oleh mahasiswa dan siswa yang ingin mulai magang.

peluang kerja di bidang fashion
Sumber: whowhatwear.com

Hal ini karena bisnis fashion menjadi salah satu bisnis yang timeless dan selalu dicari. Banyak hal yang bisa dipelajari dan dieksplorasi di bidang fashion.

5 Peluang Karir di Bidang Fashion

Apa saja peluang karir di bidang fashion? Bagaimana tips berkarir di bidang fashion? Simak rangkumannya di bawah ini!

Fashion Designer

Jika kamu memiliki skill dan minat dalam bidang desain, kamu bisa mencoba peluang karir di bidang fashion sebagai fashion designer. Kamu bisa merancang untuk busana ataupun sejenisnya. Selain merancang desain pakaian, menjadi fashion designer berarti kamu harus unik dan autentik. Karya yang kamu hasilkan harus orisinil.

Fashion Blogger

Lebih suka menulis dibanding mendesain suatu pattern? Kamu bisa mencoba peruntungan dengan menjadi fashion blogger. Saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan content writer atau blogger untuk website mereka, jadi kamu bisa menulis mengasah dan memanfaatkan bakat menulismu disini.

Fashion Consultant

Untuk pekerjaan yang lebih profesional dan mendalam, peluang kerja di bidang fashion adalah menjadi konsultan. Tugas fashion consultant meliputi konsultasi kepada klien mengenai properti dan busana yang cocok untuk sebuah acara, mengatur tata letak untuk fashion exhibition atau fashion show serta memberikan arahan mengenai konsep kostum untuk acara-acara fashion seperti pagelaran busana atau pemotretan.

Fotografer

Salah satu peluang kerja di bidang fashion adalah fotografer. Kalau kamu memiliki ketertarikan pada fotografi, kamu bisa memfokuskannya dan menghasilkan uang dengan menjadi fotografer profesional untuk majalah-majalah fashion, iklan fashion dan art photography.

Fashion Seller

Bisnis fashion menghasilkan banyak peluang kerja, tapi gimana kalau kamu yang menciptakan lapangan kerja baru? Kamu bisa mendirikan bisnis fashion sendiri. Tidak harus baju, kamu bisa bikin bisnis fashion untuk tas, kerudung, aksesori dan sebagainya. Banyak hal dan benda unik yang bisa kamu jadikan bisnis. Contohnya adalah crochet sweater atau painting scarf.

Peluang kerja di bidang fashion lainnya pun masih meliputi pekerjaan lain seperti Social Media Specialist, KOL Spesialist, Marketing bahkan Operational. Tapi, ada beberapa hal dan skill yang perlu dimiliki saat kamu mau terjun langsung dan kerja di bidang fashion. Apa itu? Check it below!

Skill yang Harus Dimiliki Untuk Kerja di Bidang Fashion

  1. Kreatif dan artistik
  2. Up to date terhadap trend fashion
  3. Hardworker 
  4. Kemampuan visualisasi ide yang baik
  5. Keterampilan komunikasi yang baik
  6. Kemampuan pemecahan masalah
  7. Bisa bekerja di bawah tekanan dan deadline
  8. Mampu beradaptasi
  9. Memiliki relasi yang luas dan pandai bersosialisasi
  10. Time management dan good organisational skill

Itu dia beberapa peluang kerja di bidang fashion serta skill yang harus kamu miliki. Semoga bisa memberikan insight yang bermanfaat ya!

Baca juga:   Tampil Stylish dengan Blazer

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.jurnal.id/id/blog/2018-6-cara-bisnis-agar-sukses-dalam-bidang-fashion/#Ide_dan_Peluang_Bisnis_Fashion (Diakses pada: 6 Desember 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram