Monday, 01 January 2022

Pengaruh K-Pop sebagai Duta Merek Mewah

Sejak kebangkitan global K-Pop di berbagai negara di dunia, banyak merek mewah yang berlomba-lomba untuk menjadikan idola-idola dari Korea Selatan sebagai ikon merek mewah.
May 10, 2023  | Anggun Tifani
Pengaruh K-Pop sebagai Duta Merek Mewah
 

Bermula dari G-Dragon BIGBANG menjadi artis K-pop pertama yang terpilih sebagai Duta Global Chanel pada tahun 2016, banyak musisi K-pop telah menjadi wajah dari berbagai merek mewah, menjadikan mereka trendsetter. 

Sumber: instagram.com/dior

Mode dan gaya yang diadopsi para idola ini dengan cepat menjadi tren, dan barang dagangan yang mereka gunakan dengan cepat terjual habis. Dengan pengaruh global mereka, tidak mengherankan jika banyak merek mewah memilih musisi Korea untuk mewakili merek mereka.

Dalam hal ini misalnya ialah Blackpink dan BTS yang foto-fotonya sudah seringkali lalu-lalang untuk menjadi brand ambassador dari sejumlah merek mewah. 

k-pop duta merek mewah
Sumber: koreaboo.com

Dengan popularitas kelompok idola Korea Selatan dan aktor Korea meningkat, brand mewah juga mencari perhatian dan ekstraksi lagi di Asia.

Dior terkenal karena kesepakatannya dengan Jisoo BLACKPINK. Daftarnya berlanjut: Jennie x Chanel, Rosé x Saint Laurent, Lisa x CELINE, BTS x Louis Vuitton dan sebagainya. 

Jangkauannya telah melampaui K-pop berkat popularitas global K-drama dan film Korea, serta olahraga. terlihat dari pemain sepak bola Son Heung-min, alias Sonny, yang menjalin kemitraan dengan Burberry dan Calvin Klein. Teranyar, Jennie BLACKPINK juga telah menjadi perwakilan baru bagi merek Calvin Klein.

K-Pop Generasi ke-4 Menghiasi Deretan Merek Mewah

Loewe menunjuk NMIXX sebagai duta mereknya, hanya tujuh bulan setelah debut. Ini semua adalah bagian dari skema rumah mode untuk melahirkan yang setara dengan apa yang telah dilakukan Chanel dan Dior, dengan menjadikan Jennie sebagai "Human Chanel" dan Jisoo sebagai "Human Dior". 

Masyarakat umum di luar Korea Selatan mungkin bukan yang paling akrab dengan grup K-pop generasi ke-4 ini, tetapi dengan pengikut yang begitu banyak dan dikultuskan, bintang-bintang yang sedang naik daun ini menghadirkan keterlibatan merek yang mereka butuhkan. 

Baca juga:   Seanergy: Karya Unik Desainer Ria Miranda dan Seniman Instalasi

Dalam beberapa musim terakhir, Miu Miu terus bermitra dengan Jang Won-young dari IVE , artis K-pop lain yang mengikuti jejak seniornya, anggota Girls' Generation Yoona Lim .

aespa , grup hybrid virtual SM Entertainment , adalah salah satu dari banyak bintang K-pop yang hadir di PFW musim gugur ini, menghadiri presentasi Givenchy dari Matthew M. Williams.

“Konsumen di seluruh dunia lebih tertarik pada konten K yang menampilkan K-fashion, berkat K-pop. Strategi di balik penamaan bintang K-pop sebagai duta merek global tidak sesederhana kelihatannya — ini tentang membangun nilai dan citra merek. Ini terutama berlaku untuk demografis Milenial dan Gen Z karena mereka mendapatkan lebih banyak daya beli,” kata Lim Ji Yeon dari Samsung Fashion Research Institute. 

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh JoongAng Daily juga menunjukkan bahwa merek berebut untuk menemukan grup K-pop "besar berikutnya" karena siklus keseluruhan artis ini semakin pendek dan pendek.

k-pop duta merek mewah
Sumber: instagram.com/voguekorea

Grup idol K-pop terbaru yang telah digaet oleh sejumlah merek mewah sebagai duta adalah beberapa member New Jeans. Hanni menjadi duta dari Gucci, Danielle untuk YSL Beauty dan Burberry dan Hyein untuk Louis Vuitton. 


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://hypebae.com/2022/11/k-pop-luxury-fashion-brands-ambassador-blackpink-newjeans-dior-gucci-chanel&ved=2ahUKEwjl7o6do-D9AhVQVmwGHbJOAYgQxfQBKAB6BAgLEAI&usg=AOvVaw04BIR3K8B3mYsoVOhWqxWu

https://www.allkpop.com/article/2022/10/the-reason-luxury-brands-are-on-the-race-to-select-4th-generation-k-pop-idols-as-their-new-brand-ambassadors
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram