Monday, 01 January 2022

Peran Budaya dalam Menentukan Tren Fashion di Indonesia

Fashion merupakan salah satu ekspresi budaya yang paling menarik dan beragam di dunia. 
January 23, 2024  | Tri Lestari
tren fashion indonesia
 

Setiap negara memiliki sejarah fashion yang unik, termasuk Indonesia. Dalam artikel ini, kita  akan membahas bagaimana pengaruh budaya terhadap tren fashion di Indonesia

Mengutip dari kajianpustaka.com, budaya ialah cara kehidupan yang mencakup pengetahuan,  sikap, pola perilaku, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat, dan kebiasaan-kebiasaan  yang dimiliki dan diwariskan oleh anggota suatu masyarakat. 

Oleh sebab itu, budaya memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk tren fashion di  suatu Negara. Pengaruh budaya pada tren fashion dapat terlihat dari berbagai aspek seperti,  gaya pakaian, warna yang dipilih, pola, aksesori, dan bahkan cara seseorang memadu  padankan pakaian. 

Dan hingga saat ini, perubahan gaya berpakaian telah menjadi fenomena yang terus  berkembang dalam dunia fashion. Setiap tahun, tren dan gaya dalam berpakaian mengalami  evolusi atas perkembangan budaya, teknologi, dan pergeseran sosial. Lalu, seberapa besar  perkembangan budaya berpengaruh pada tren dan gaya fashion saat ini di Indonesia? 

Pengaruh budaya terhadap tren fashion di Indonesia sangat kuat dan beragam, mencerminkan  keberagaman budaya yang dimiliki oleh Indonesia. Beberapa faktor yang mempengaruhi tren  fashion di Indonesia melibatkan unsur-unsur tradisional, modern, serta pengaruh global.  

Berikut beberapa aspek yang menyoroti pengaruh budaya terhadap tren fashion di Indonesia: 

1. Busana Tradisional

Busana tradisional Indonesia, seperti batik, kebaya, sarung, dan songket, memiliki pengaruh  yang cukup signifikan dalam tren fashion Indonesia. Para desainer lokal seringkali mengadaptasi dan menggabungkan elemen-elemen busana tersebut ke dalam desain pakaian  modern agar menciptakan gaya yang unik dan mengikuti perkembangan zaman.

Baca juga:   Peran Haute Couture dalam Fashion Dunia

2. Keanekaragaman Etnis 

Indonesia dikenal dengan keberagaman etnis dan budaya, hal ini yang tercermin dalam tren  fashion yang mencakup berbagai gaya dan motif etnis dari berbagai daerah di Indonesia,  seperti batik dari Jawa, ikat dari Nusa Tenggara, dan songket dari Sumatera. 

3. Warna Cerah dan Motif Alam

Warna-warna cerah dan motif yang terinspirasi oleh alam tropis Indonesia sering kali digunakan  dalam desain pakaian. Motif seperti bunga, daun, dan fauna tropis mencerminkan kekayaan  alam Indonesia. 

4. Budaya Urban dan Streetwear

Pada saat yang sama, tren mode di kota-kota besar seperti Jakarta mencerminkan gaya hidup  urban dan pengaruh global. Streetwear dan gaya kasual modern seringkali menjadi pilihan di  kalangan pemuda yang terhubung erat dengan budaya pop global. 

5. Pengaruh Agama

Nilai-nilai keagamaan juga memengaruhi tren mode di Indonesia. Misalnya, busana muslim modern menjadi tren yang populer di kalangan perempuan, mencerminkan keselarasan antara  gaya dan nilai-nilai keagamaan. Ataupun busana-busana menjelang hari raya seperti Natal dan  Tahun Baru. 

6. Media Sosial dan Selebriti/Influencer

Media sosial dan selebriti/infulencer memiliki peran besar dalam membentuk tren fashion di  Indonesia. Media sosial membantu menyebarkan tren mode dengan jangkauan yang luas.  Sedangkan, influencer fashion, baik lokal maupun internasional, sering mempopulerkan gaya  tertentu dan menciptakan tren yang diikuti oleh para penggemar mode. 

7. Perayaan Budaya dan Festival

Perayaan budaya dan festival di Indonesia sering menjadi inspirasi untuk tren mode sementara. Para desainer sering menciptakan koleksi khusus untuk merayakan momen-momen  kultural seperti Hari Batik Nasional atau perayaan lainnya. 

Perubahan gaya berpakaian yang dipengaruhi oleh unsur budaya di atas, merupakan bagian  yang tak terpisahkan dari dunia fashion. Yang juga dipengaruhi oleh trendsetter, teknologi, dan  perubahan sosial.  

Baca juga:   5 Fakta Menarik di Runway New York Fashion Week SS 2024

Dan perubahan cara berpakaian juga memiliki dampak yang signifikan dalam masyarakat  modern, mulai dari identitas individu hingga pengaruh terhadap industri fashion dan perubahan  sosial. Dengan terus memahami dan mengikuti perkembangan dalam gaya berpakaian, kita  dapat mengeksplorasi dan mengekspresikan diri melalui fashion dengan lebih baik. 

Tetapi, penting juga untuk diingat bahwa tren mode di Indonesia bersifat dinamis dan terus  berubah seiring waktu. Pengaruh budaya terus menjadi sumber inspirasi yang kaya bagi  industri fashion di Indonesia, menciptakan identitas unik yang mencerminkan kekayaan budaya  negara ini.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/tren-fesyen-2023-di-indonesia-wastra-menjadi-unggulan
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram