10 Bentuk Kampanye "Plastic-Free July" dalam Industri Fashion - Jika diperhatikan secara seksama, penggunaan plastik di lingkungan sekitar kita atau bahkan di seluruh dunia telah menjadi hal biasa dan sudah mendarah daging, sehingga sangat sulit untuk ditinggalkan. Padahal tanpa mereka semua sadari, penggunaan plastik sekali pakai setiap harinya dapat menimbulkan dampak negatif lingkungan yang sangat besar.
Hal tersebut kemudian memunculkan sebuah gerakan atau kampanye "Plastic-Free July" yaitu sebuah kampanye global yang berfokus pada mengurangi penggunaan plastik sekali pakai di bulan Juli setiap tahunnya. Kampanye ini diinisiasi oleh Rebecca Prince-Ruiz pada tahun 2011 di Amerika Serikat, sebagai gerakan internasional yang menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia untuk melakukan tindakan nyata dalam mengurangi konsumsi plastik.
Tujuan utama dari kampanye Plastic-Free July adalah meningkatkan kesadaran terkait masalah limbah plastik sekali pakai, dan mendorong setiap individu, keluarga, komunitas, dan bisnis untuk mengambil langkah-langkah nyata dalam mengurangi penggunaan plastik.
Selain itu, dukungan terhadap kampanye Plastic-Free July juga dapat berperan penting untuk mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan. Berikut 10 bentuk dukungan dari industri fashion yang dapat diberikan, antara lain :
Industri fashion selaku produsen dapat mulai beralih menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti bahan alami organik yang dapat tumbuh kembali atau daur ulang. Dengan menggunakan bahan-bahan tersebut dapat membantu mengurangi penggunaan bahan plastik dalam produksi pakaian.
Industri fashion juga dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dalam proses produksi dan distribusi pakaian, seperti mengganti kantong plastik untuk mengemas produk pakaian dengan tas kain atau kertas yang lebih ramah lingkungan.
Mempertimbangkan membuat desain produk yang lebih baik dan ramah terhadap lingkungan, serta menghindari desain yang bergantung pada plastik dan komponen berbahaya lainnya, merupakan bentuk dukungan yang dapat dilakukan oleh industri fashion untuk mendukung kampanye Plastic-Free July.
Pemilik merek-merek fashion juga dapat mengajak konsumennya untuk berpartisipasi mendukung kampanye Plastic-Free July, dengan memberikan insentif berupa diskon khusus bagi pelanggan yang membawa tas belanja sendiri atau yang mengirimkan pakaian lama mereka untuk didaur ulang.
Industri fashion dapat bekerjasama untuk mengurangi limbah dalam rantai pasokan mereka, termasuk mengelola limbah tekstil dengan cara yang lebih berkelanjutan dan mendukung tindakan inisiatif mendaur ulang limbah sebagai bentuk dukungan terhadap kampanye Plastic-Free July.
Memberikan informasi yang jelas kepada konsumen terkait bahan-bahan yang digunakan dalam proses produksi, dan upaya industri fashion dalam mengurangi penggunaan plastik, dapat membantu meningkatkan transparansi serta kesadaran konsumen untuk ikut mendukung dan berkontribusi pada kampanye Plastic-Free July.
Berusaha mencari alternatif plastik yang lebih ramah lingkungan dan melakukan inovasi dalam metode produksi yang berkelanjutan, merupakan langkah positif yang bisa dilakukan industri fashion untuk mendukung kampanye Plastic-Free July ini.
Bentuk dukungan lainnya terhadap kampanye Plastic-Free July yang dapat dilakukan industri fashion adalah, berkolaborasi atau bekerjasama dengan organisasi lingkungan seperti World Wildlife Fund (WWF) dan Greenpeace. Selain mendukung kampanye, langkah ini juga sebagai upaya untuk melindungi lingkungan yang dapat meningkatkan dampak positif.
Secara internal, industri fashion dapat memberikan pelatihan kepada karyawan tentang cara mengurangi penggunaan plastik dan mengambil langkah-langkah berkelanjutan dalam pekerjaan mereka. Kegiatan ini dilakukan agar dapat membangun budaya perusahaan yang lebih ramah lingkungan.
Selanjutnya, bentuk dukungan pada kampanye Plastic-Free July pada industri fashion yang sangat penting dilakukan oleh industri fashion adalah mengadopsi praktik berkelanjutan. Kemudian menerapkan praktik tersebut dengan cara mencari cara untuk mengurangi jejak karbon dalam proses produksi, distribusi, dan penjualan produk fashion, termasuk penggunaan energi terbarukan serta efisiensi energi.
Kampanye Plastic-Free July menunjukkan bahwa setiap individu memiliki peranan penting dalam melindungi lingkungan, dengan mengambil tindakan sekecil apapun namun sangat berarti untuk mengurangi konsumsi plastik sekali pakai. Seperti industri fashion yang mengambil langkah-langkah positif dalam mendukung kampanye Plastic-Free July untuk membantu mengurangi dampak plastik terhadap lingkungan.
With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!