Monday, 01 January 2022

Power Dressing: Fashion Style Tahun 1980-an

Mode power dressing pada dekade ini menjadi alat bagi wanita untuk dihargai secara serius dan mengekspresikan keberanian mereka melalui fashion.
August 8, 2023  | Kingkit Neira
Power Dressing
 

Tahun 1980-an di dunia mode menjadi era yang membedakan diri dengan power dressing style. Gaya ini tidak hanya sekadar tren, tetapi mencerminkan perubahan sosial yang signifikan, khususnya peran wanita dalam dunia kerja yang semakin berpengaruh. 

Salah satu ciri khas utama dari power dressing style pada tahun 1980-an adalah bahu berbantalan yang lebar. Pakaian dengan bahu berbantalan memberikan siluet yang besar dan berwibawa, menegaskan kehadiran wanita dalam dunia bisnis yang didominasi oleh pria. Inspirasi bahu berbantalan datang dari model bahu atlet sepak bola Amerika, memberikan kesan kuat dan tegas pada penampilan wanita.

Sumber: Pinterest

Gaya power dressing ini menjadi sangat populer di kalangan wanita yang bekerja di posisi berpengaruh. Pakaian dengan bahu berbantalan memberikan kepercayaan diri dan kesan yang serius di tempat kerja. 

power dressing style
Sumber: Nchistory.com

Para wanita di era 1980-an ingin menunjukkan bahwa mereka memiliki kualitas kepemimpinan dan kemampuan yang sama dengan rekan pria mereka. Oleh karena itu, pakaian dengan bahu berbantalan menjadi simbol dari kesetaraan gender dan pergeseran peran wanita di dunia profesional.

Selain bahu berbantalan, aksesori mencolok juga menjadi bagian penting dari gaya power dressing pada tahun 1980-an. Banyak wanita menggunakan aksesori yang besar dan berani, seperti kalung chunky, gelang besar, dan anting-anting mencolok untuk melengkapi tampilan mereka. Aksesori ini menambahkan sentuhan dramatis pada penampilan, mencerminkan kekuatan dan keberanian wanita yang mengenakannya.

Warna-warna cerah dan mencolok juga menjadi ciri khas dari gaya power dressing tahun 1980-an. Wanita memilih pakaian dengan warna-warna bold, seperti merah, biru royal, dan ungu untuk menunjukkan keyakinan dan semangat mereka. Warna-warna cerah ini mencerminkan aura positif dan kuat dari gaya power dressing.

Baca juga:   Kenali Tren Beach Pajamas Tahun 1920s & 1930s

Gaun malam dengan bahu berbantalan besar dan potongan yang ramping juga menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya power dressing di tahun 1980-an. 

power dressing style
Sumber: Getty Images

Wanita yang mengenakan gaun seperti ini menjadi sorotan utama dalam acara sosial dan pesta karena dinilai menampilkan keanggunan dan kekuatan dalam tampilan yang elegan. Gaun malam dengan bahu berbantalan besar ini juga memberikan kesan glamor dan eksklusif yang sulit dilupakan.

Tren power dressing pada tahun 1980-an juga sangat dipengaruhi oleh tokoh-tokoh terkenal dan selebriti. Tokoh wanita seperti Margaret Thatcher dan Putri Diana dari Wales menjadi ikon mode dengan pakaian yang kuat dan berwibawa. 

Serial TV populer seperti "Dynasty" dan "Dallas" juga turut berperan dalam mempopulerkan tren bahu berbantalan dan gaya power dressing di seluruh dunia. Wanita di berbagai belahan dunia terinspirasi oleh gaya ikonik dari tokoh-tokoh ini dan mencoba mengadopsi elemen-elemen gaya power dressing ke dalam pakaian mereka.

power dressing style
Sumber: Getty Images

Meskipun power dressing style pada tahun 1980-an telah berlalu, pengaruhnya masih terasa hingga saat ini. Semangat keberanian, kesetaraan gender dan kepercayaan diri yang ditampilkan oleh gaya ini masih relevan dalam mode kontemporer. Wanita modern terus mengekspresikan kepemimpinan dan keunggulan mereka melalui gaya berpakaian yang mencerminkan identitas dan tujuan mereka.

Bahu berbantalan yang lebar, aksesori mencolok, dan warna-warna cerah adalah fashion item andalan gaya ini. Gaya power dressing tahun 1980-an adalah pengingat akan sejarah mode yang mencerminkan semangat perubahan dan transformasi sosial dalam kehidupan wanita.

Itulah sekilas ulasan mengenai power dressing style berupa bahu berbantalan lebar yang sangat populer di tahun 1980-an.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Mode Space Age 1960-an yang Futuristik
Reference: 
https://fashion-era.com/1980s/power-dressing

https://nchistory.org/clothing-textiles-1980s-power-dressing/#:~:text=The%201980s%20was%20a%20decade,be%20seen%20wearing%20designer%20clothes.

Related Post

Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram