Monday, 01 January 2022

6 Produk Fashion Lokal Indonesia Ramah Lingkungan

Gaya hidup yang sustainable dan eco-friendly sudah menyebar ke berbagai industri, termasuk industri fashion.
December 23, 2022  | Anisa Ramadhani
produk fashion lokal Indonesia
 

Saat ini mulai banyak produk fashion lokal Indonesia ramah lingkungan yang mengeluarkan produk inovasinya dengan tujuan menjaga bumi. Tak hanya pegiat lingkungan, banyak pula artis, influencer dan public figure yang mendukung gerakan ini.

Kalau kamu tertarik dengan fashion dan isu lingkungan, kamu harus baca artikel ini sampai habis karena kita akan membahas mengenai 6 produk fashion lokal Indonesia ramah lingkungan. Apa saja? Check it out!

Apa itu fashion ramah lingkungan?

Fashion ramah lingkungan biasa dikenal dengan sustainable fashion yang artinya adalah fashion berkelanjutan. Fashion ramah lingkungan adalah menciptakan fashion dengan sangat memperhatikan kemanusiaan dan lingkungan serta sebisa mungkin mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Itu artinya menciptakan produk dan brand yang selaras dengan alam. Tidak menggunakan bahan yang akan merusak atau mencemari lingkungan serta bisa memiliki nilai (value) yang sesuai dengan tujuan menjaga bumi.

6 Produk Fashion Lokal Indonesia

Berikut adalah enam rekomendasi produk fashion lokal Indonesia ramah lingkungan yang bisa kamu cek.

Sejauh Mata Memandang

Sejauh Mata Memandang adalah brand fashion lokal ramah lingkungan yang fokus pada tema batik. Dalam produksinya, Sejauh Mata Memandang mengusung konsep slow fashion dan hanya meluncurkan pakaian setahun dua sampai tiga kali. Beberapa jenis produk Sejauh Mata Memandang adalah pakaian, tas, aksesoris dan kain.

Hampir semua pembuatan batik dilakukan handmade dengan melibatkan pengrajin batik dari Jawa dan Bali. Produk-produk mereka pun dibuat sebisa mungkin minim sisa produksi sehingga tidak menghasilkan limbah yang mencemari lingkungan.

Sukkha Citta

Awalnya brand Sukkha Citta hanya memproduksi craft. Namun, akhirnya Sukkha Citta mulai melebarkan produksinya dengan membuat pakaian.

Bahan-bahan mereka didominasi oleh bahan natural yang menarik seperti buah-buahan dan serat kapas yang tanamannya ditanam sendiri. 

Baca juga:   Pengaruh K-Pop sebagai Duta Merek Mewah

Osem

Osem juga merupakan salah satu produk fashion lokal Indonesia ramah lingkungan yang memproduksi kain dan kerajinan dengan pewarna alami.

Osem didirikan oleh sekelompok anak muda yang meyakini bahwa bumi telah menyediakan segala sesuatu yang manusia butuhkan. Beberapa produk Osem adalah pakaian, kain tie dye dan masker.

Seratus Kapas

Seratus Kapas adalah brand lokal yang sustainable dan bekerja sama dengan pabrik-pabrik yang fokus pada spesialisasi industri tradisional dan rumah tangga. Material yang digunakan oleh Seratus Kapas untuk membuat produk mereka lebih awet dibandingkan produk perusahaan lain.

Seratus Kapas menggunakan linen sebagai bahan utama untuk membuat pakaian aneka model dan warna. Brand Seratus Kapas terbukti membantu mengurangi jejak karbon di udara yang dihasilkan oleh pakaian bekas. Lewat nilai-nilai sustainable fashion, mereka juga mengedukasi pelanggan dengan memberikan banyak informasi dan tips merawat pakaian.

Binzu

Brand Binzu menggunakan teknik pencelupan dan pewarna alami untuk produk mereka, mulai dari kemeja, shibori outer hingga masker kain.

Produk mereka banyak digemari kaum milenial karena desain yang modern dan chic.

Ecobag Kita

Produk fashion lokal Indonesia lingkungan yang terakhir adalah Ecobagkita yang menjual tas dari kain goni dan kanvas.

Selain menggunakan bahan yang aman dan mudah didaur ulang, brand tas ini juga mendukung slow fashion karena produk tasnya bisa digunakan berkali-kali.

Nah, itu dia rekomendasi 6 produk fashion lokal Indonesia yang ramah lingkungan. Kamu suka yang mana?


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Produk Sustainable Lebih Mahal dari Produk Konvensional
Reference: 
https://www.idntimes.com/life/diy/ema-endrawati/brand-fashion-lokal-berkonsep-ramah-lingkungan-c1c2 (Diakses pada: 10 November 2022)
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram