Monday, 01 January 2022

Sejarah Fast Fashion, Karakteristik, dan Dampaknya

Kalian pasti sudah tidak aneh dengan istilah “fast fashion”, ya.. siapa yang tidak tahu dengan istilah tersebut.
July 5, 2023  | Dena Ayu
Sejarah Fast Fashion
 

Fast fashion bisa berdampak buruk bagi kita semua yang mana akan menimbulkan tumpukan limbah fashion yang dapat merusak lingkungan, bahkan menjadi peringkat kedua setelah limbah minyak.

sejarah fast fashion
Sumber: unplash.com/fermate

Limbah yang ditimbulkan yaitu seperti polusi tanah, air, gas emisi rumah kaca yang akan mengubah iklim lingkungan. 

Nah.. yuk cari tahu tentang fast fashion

Fast fashion merupakan istilah yang sering dipakai oleh industri tekstil yang memproduksi cukup singkat dengan berbagai model yang memakai bahan dengan kualitas buruk sehingga tidak tahan lama dan mengakibatkan terus menerus memproduksi dengan waktu singkat. 

sejarah fast fashion
Sumber: unplash.com/Firn

Saat ini industri fast fashion telah memproduksi lebih dari 42 model dalam kurun waktu 1 tahun, hal ini sangat berdampak pada iklim lingkungan. Bahkan seringkali dari industri fast fashion tidak memperhatikan dampak dari produksi yang dilakukan. Memang dengan adanya industri fast fashion membuat semua kalangan bisa membeli tanpa harus membuang kocek lebih besar tapi, akibatnya produk-produk tersebut mudah rusak dan tidak tahan lama dan mengakibatkan limbah fashion. 

Tengok sejarah fast fashion yuk, 

Sejarah fast fashion 

Jika dilihat dari sejarah fast fashion, pada saat memasuki zaman revolusi industri, fashion menjadi barang yang susah didapatkan dan mahal jika membeli produknya, dikarenakan saat itu fashion masih dijahit dengan tangan dan membutuhkan waktu yang lama serta ketelitian dalam melakukan jahitan. Ditahun 1800-an fashion sangat susah didapatkan dan lambat sekali produktivitasnya.

sejarah fast fashion
Sumber: unplash.com/Iechatnoir

Nah.. kemudian di tahun 1980 mulai muncul revolusi industri yang mana mulai muncul juga beberapa teknologi yang salah satunya yaitu mesin jahit yang memproduksi fast fashion, inilah awal mula munculnya di mana tidak pernah terpikirkan akibat dari produksi yang dilakukan. 

Baca juga:   Yuk Kenali Katun Organik! Bahan Berkualitas untuk Memproduksi Fashion Anak-anak

Ciri-ciri fast fashion

Untuk mengetahui lebih detail lagi berikut adalah ciri-ciri dari fast fashion yaitu

Mengikuti tren/up to date

Dikarenakan fast fashion yang mana memang dituntut untuk bisa menghasilkan tren yang sangat cepat dan mengikuti zaman, sehingga dibutuhkan untuk memproduksi lebih banyak dan cepat. Serta diharuskan untuk mempunyai banyak model sesuai perkembangan zamannya. 

Harga terjangkau/murah

Harga yang terjangkau menjadi salah satu alasan bagi kalangan menengah ke bawah untuk bisa memiliki dan mendapatkan produk yang diinginkan. Akan tetapi bahan baku yang digunakan yaitu memang berkualitas buruk dan biaya produksi sangat rendah, jadi wajar jika harga produksinya sangat murah dan tidak awet dikarenakan bahan yang digunakan sangat buruk. 

Mudah dicari/banyak ditemukan 

Sangat memudahkan dan mudah ditemukan dikarenakan memiliki berbagai cabang produksi yang menyebar ke mancanegara, dengan tujuan agar menjangkau pasar sebanyak-banyaknya. 

Diproduksi di negara berkembang

Biasanya fast fashion memilik pabrik di negara berkembang. Umunya memang dibuat dinegara Asia dengan alasan bahwa upah karyawan yang rendah sehingga memudahkan untuk melakukan produksi. 

Dampak fast fashion 

Produk fast fashion akan mempunyai dampak yang sangat berpengaruh pada lingkungan, bukan hanya lingkungan melainkan manusia juga akan kena efeknya, seperti apasih dampakanya, berikut adalah penjelasannya. 

Pencemaran air

Pewarna tekstil menjadi pengaruh penting pada lingkungan, pencemaran air pada saat proses mewarnai hingga cuci pakaian merupakan ketergantungan tinggi pada air, dikarenakan pewarna tersebut terbuat dari bahan kimia. Bukan hanya itu hasil pengolahan produknya bisa menghasilkan dampak buruk pada kebersihan air.

Penggunaan sumber energi berlebihan

Dalam produksi pakaian tidak heran jika menjadi limbah fashion alasannya yaitu dikarenakan memakai bahan baku yang fosil seperti minyak bumi yang mana dibutuhkan untuk kelangsungan produksi saat di pabrik. 

Baca juga:   9 Dampak Positif Konsep Keberlanjutan Fashion Musiman

Gaya hidup konsumtif

Dengan gaya fashion yang selalu ingin mengikuti perkembangan zaman, maka yang terjadi adalah fast fashion, yang mana mengakibatkan pembelian yang terlalu tinggi dan produktivitas juga meningkat yang akan mengakibatkan banyaknya permintaan dan produksi. Ketika itu terjadi maka yang akan menjadi dampaknya adalah lingkungan. Well. Itulah sejarah, ciri, dan dampak yang terjadi pada fast fashion, jadi untuk kamu yang ingin menjaga lingkungan silakan mulai dari hal kecil seperti tidak menjadi manusia konsumtif.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/mengenal-fast-fashion-dan-dampak-yang-ditimbulkan/

https://www.orami.co.id/magazine/fast-fashion

https://kumparan.com/berita-hari-ini/mengenal-apa-itu-fast-fashion-ciri-ciri-dan-dampak-yang-ditimbulkan-1yaUukcq1P3

https://tshirtbar.id/fast-fashion-adalah/

https://video.medcom.id/medcom-lifestyle/Obz0BX7K-mengenal-apa-itu-fast-fashion-dan-dampak-yang-ditimbulkan

https://envihsa.fkm.ui.ac.id/2022/03/25/fast-fashion-tren-mode-yang-menjadi-bumerang-terhadap-lingkungan/

https://www.kompas.com/tren/read/2022/09/15/113000165/mengenal-fenomena-fast-fashion-ciri-ciri-dan-dampaknya?page=all

https://greeneration.org/publication/green-info/mengenal-istilah-fast-fashion-dampak-dan-cara-mengatasinya/

https://fitinline.com/article/read/fenomena-fast-fashion-dampak-yang-ditimbulkan-dan-cara-mengatasinya/

https://italianfashionschool.id/fast-fashion-adalah/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram