Monday, 01 January 2022

Solar Fashion, Pakaian Unik dari Tenaga Surya

Aplikasi tenaga surya dalam pakaian digunakan oleh para desainer untuk memanfaatkan energi sekaligus memberikan kesan futuristik bagi pemakainya.
February 24, 2023  | Melisa Nirmaladewi
solar fashion
 

Semakin tingginya kesadaran para fashion enthusiast akan pentingnya memilih produk yang ramah lingkungan membuat deretan brand fashion membuat branding produk mereka termasuk ke dalam kategori eco-conscious. Selain karena minat pembeli yang memilih produk berkelanjutan, dampak dari limbah tekstil dikenal menjadi penyumbang emisi terbesar ke-3 di dunia. Salah satu bentuk inovasi fashion ramah lingkungan yang dikembangkan oleh desainer adalah solar fashion.

Mengenal Solar Fashion

Mengombinasikan fashion dan teknologi semakin populer di abad ke-21 ini. Selain memberikan banyak pilihan inovasi dan ide-ide unik untuk diaplikasikan pada fashion, teknologi membantu mewujudkan fashion masa depan semakin nyata untuk dibuat dan dikenakan di kegiatan sehari-hari. Solar atau tenaga surya sendiri merupakan salah satu teknologi yang mengonversikan tenaga matahari menjadi energi. Selain dikenal dengan sumber energi terbarukan yang ramah lingkungan, penerapan solar mulai banyak digunakan di berbagai medium: tenaga listrik di rooftop rumah, powerbank berbasis tenaga surya, hingga tekstil dan kain yang dibuat khusus dengan tenaga surya.

Karya Pakaian Solar Fashion

Pauline Van Dongen

Seorang desainer fashion asal Belanda ini adalah salah satu pionir dari produksi pakaian yang berbahan solar. Pada tahun 2013, Pauline memperkenalkan 'Wearable Solar Dress' dan 'Wearable Solar Dress’ yang terbuat dari leather, kain wol, dan partikel dari sel surya yang terlihat jelas saat siang hari.

A collage of a personDescription automatically generated with medium confidence
Sumber: Pauline Van Dongen

Ketika pakaian dikenakan saat siang hari di bawah sinar matahari, sel surya yang ada di pakaian bisa memproduksi energi surya yang setara dengan mengisi daya baterai smartphone hingga 50%. 

Tommy Hilfiger

Brand designer Tommy Hilfiger mengeluarkan koleksi unik berupa jaket yang bertenaga surya di tahun 2014 silam. Koleksi jaket spesial untuk pria dan wanita ini, dirancang dengan desain pattern tartan dibuat dengan bahan yang tahan air dan partikel sel surya yang menempel di bagian jaket.

solar fashion
Sumber: Tommy Hilfiger

Sel surya tersebut terhubung dengan kabel yang mengisi daya baterai yang terletak di bagian kantong depan. Saat terisi penuh, baterainya berisi daya yang cukup untuk mengisi penuh perangkat 1.500 mAh hingga empat kali.

Baca juga:   6 Produk Fashion Lokal Indonesia Ramah Lingkungan

The Souled Store

Brand clothing asal India mengeluarkan produk solar activated t-shirt. Teknologi unik ini akan membuat desain di pakaian akan terlihat lebih jelas ketika berada di bawah sinar matahari.

solar fashion

Menggunakan desain logo dari karakter superhero seperti Marvel, membuat t-shirt ini cocok untuk pecinta look casual dan superhero series.

Despina Papadopoulos

Sumber: Despina PapadopoulosDespina Papadopoulos, pendiri studio inovasi Principle Design, adalah sosok di balik gaun panel surya yang terinspirasi model ‘flapper’ ini.

solar fashion

Merujuk dari Ecouterre, gaun itu terdiri dari 448 ubin papan sirkuit putih yang dapat dipasangi sel surya, LED, atau fotosel dan dilengkapi dengan mikrokontroler. Dengan menyerap sinar matahari di siang hari, gaun akan terlihat bersinar di malam hari yang membuat pemakainya akan terlihat stand out.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.whowhatwear.com/solar-powered-clothing/slide8 (Diakses pada: 16 Januari 2022)

https://www.researchgate.net/publication/309713324_Solar_fashion_An_embodied_approach_to_wearable_technology (Diakses pada: 16 Januari 2022)

https://www.saurenergy.com/solar-energy-news/solar-activated-shirts-that-are-fancy-sustainable-at-the-same-time (Diakses pada: 16 Januari 2022).
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram