Monday, 01 January 2022

Teknologi AR/VR untuk Berbelanja Fashion Berkelanjutan

Tidak hanya di bidang manufaktur dan kesehatan, kini tren teknologi yang diminati oleh berbagai bidang industri telah merambah ke dunia fashion.
Teknologi AR/VR untuk Fashion Berkelanjutan
 

Teknologi AR/VR untuk Berbelanja Fashion Berkelanjutan - Semakin pesatnya perkembangan teknologi maka semakin memudahkan kita sebagai manusia, untuk melakukan sejumlah aktivitas tanpa terkendala jarak dan waktu melalui teknologi yang serba canggih dan modern.

Teknologi AR/VR untuk Berbelanja Fashion Berkelanjutan

Tren teknologi tersebut adalah AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality), merupakan sebuah inovasi dari perkembangan teknologi yang menakjubkan karena mampu mendatangkan pengalaman mendalam kepada pecinta mode seluruh dunia. Teknologi AR/VR ini juga membuat cara untuk berbelanja fashion berkelanjutan jadi lebih menarik, dengan membawa kita ke dunia virtual dan memperlihatkan informasi berharga yang luar biasa di kehidupan nyata kita.

Lebih jelasnya, teknologi AR (Augmented Reality) dapat membuat interaksi lingkungan secara 3D yang sangat mirip dengan aslinya atau bahkan sesuai imajinasimu. Sedangkan teknologi VR (Virtual Reality) adalah teknologi yang mampu menggabungkan unsur-unsur digital ke dunia nyata. Kedua teknologi ini pertama kali merambah dunia fashion pada tahun 2014 di acara London Fashion Week.

Teknologi AR/VR ternyata memiliki pengaruh besar dalam hal berbelanja dan bisnis ritel

Tak hanya memberikan pengalaman untuk menarik perhatian pembeli agar berkunjung ke toko perbelanjaan. Namun, juga memiliki kemampuan untuk mempermudah cara berbelanja menjadi lebih menyenangkan melalui smartphone saja.

Salah satu perusahaan startup teknologi yang menyediakan layanan seperti VR, AR, extended reality, dan sebagainya adalah Dimension Studio yang berasal dari London. Perusahaan ini telah bekerjasama dengan berbagai brand fashion ternama seperti Balenciaga, Jean Paul Gaultier, dan H&M dalam membuat proyek kolaborasi virtual try-on hingga virtual catwalk dengan menggunakan teknologi VR dan AR.

Baca juga:   Bahan Kain Tencel yang Ramah Lingkungan

Perusahaan lainnya yang menawarkan inovasi teknologi yang canggih dan modern adalah Wearfit

Perusahaan ini adalah sebuah perusahaan layanan teknologi berasal dari Polandia dengan inovasinya yang menarik di bisnis fashion dunia. Dimana nantinya terdapat ruang ganti secara virtual sebagai tempat mencoba pakaian, agar pembeli dapat menilai pantas atau tidaknya pakaian yang diinginkan sebelum memutuskan untuk membeli.

Perusahaan-perusahaan tersebut kini terus berkompetisi untuk mencari potensi teknologi AR/VR dalam dunia fashion. Selain itu, perusahaan-perusahaan di bidang ini juga tetap mengembangkan teknologi real-time volumetric scanning yang dapat menangkap performa dalam satu lokasi. Semuanya dikemas dalam bentuk hologram yang dapat dipindahkan ke berbagai tempat mana saja di seluruh dunia.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
smarteye.id https://www.smarteye.id/blog/vr-ar-pada-dunia-fashion/
Diakses pada tanggal 3 September 2023

fitinline.com https://fitinline.com/article/read/teknologi-vr-virtual-reality-dan-ar-augmented-reality-dalam-dunia-fashion/
Diakses pada tanggal 3 September 2023

binus.ac.id https://binus.ac.id/malang/2019/01/augmented-reality-dan-virtual-reality-akan-mengubah-cara-anda-berbelanja/
Diakses pada tanggal 3 September 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram