Monday, 01 January 2022

Teknologi RFID untuk Melacak Jejak Karbon Pakaian

Penerapan teknologi RFID di dunia industri fashion dan tekstil, sangat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan operasional perusahaan.
Teknologi RFID untuk Melacak Jejak Karbon Pakaian
 

Saat ini, teknologi RFID sudah banyak digunakan oleh berbagai perusahaan besar termasuk industri fashion dan tekstil untuk melacak jejak karbon pakaian. RFID atau Radio Frequency Identification merupakan teknologi yang digunakan untuk mengidentifikasi, melacak, dan mengambil data dari objek secara nirkabel menggunakan gelombang radio. 

Teknologi sekarang yang semakin canggih selalu ada disekitar kita dimanapun berada, seperti teknologi RFID yang memudahkan dunia industri dalam mengidentifikasi keperluan aset perusahaan dalam waktu singkat.

Komponen dan cara kerja teknologi RFID

Teknologi RFID melakukan identifikasi melalui dua komponen utama, yaitu RFID tag dan RFID reader agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, perangkat lunak aplikasi juga dibutuhkan untuk menganalisis dan merilis data dari RFID tag yang terbaca oleh RFID reader.

RFID tag

  • Antena, digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal atau gelombang radio
  • Microchip, tersimpan di dalam RFID tag yang berisi informasi atau data unik tentang objek yang ditempelinya
  • Sumber daya, ada dua jenis RFID tag yaitu aktif dan pasif. Tag aktif menggunakan baterai untuk berkomunikasi dengan RFID reader hingga jarak 600 meter. Sedangkan, tag pasif hanya memanfaatkan energi yang dipancarkan RFID reader untuk berkomunikasi

RFID reader

  • Antena, juga dimiliki RFID reader untuk mengirimkan sinyal atau gelombang radio
  • Pengirim dan penerima, RFID reader mengirimkan sinyal radio pada RFID tag dan kemudian menerima respon dari tag tersebut
  • Prosesor, RFID reader memiliki prosesor yang digunakan untuk mengolah data dari RFID tag
  • Koneksi ke sistem, data yang telah diterima dan diolah tadi kemudian dihubungkan ke sistem informasi yang lebih besar seperti database melalui koneksi nirkabel atau dengan kabel
Baca juga:   Alga: Masa Depan Green Fashion

Cara kerja RFID

  1. RFID reader menggunakan antenanya untuk mengirimkan sinyal radio ke RFID tag, kemudian RFID tag menerima sinyal tersebut melalui antenanya
  2. RFID tag, terutama yang pasif menggunakan energi dari sinyal radio yang diterima dari RFID reader untuk mengaktifkan microchip didalamnya
  3. Setelah itu, microchip yang tersimpan dalam RFID tag mengirimkan respon ke RFID reader berupa informasi yang terkandung didalamnya
  4. Terakhir, RFID reader memproses respon tersebut dan mengirimkan data ke database untuk diolah lebih lanjut dan tindakan selanjutnya

Penggunaan teknologi RFID untuk melacak jejak karbon

Salah satu cara inovatif dari penggunaan teknologi RFID adalah kemampuannya melacak jejak karbon, untuk mengukur dan mengelola dampak lingkungan dari proses produksi dan penggunaan pakaian.

Pelacakan material

Teknologi RFID dapat digunakan untuk melacak bahan baku dalam pembuatan pakaian, karena setiap bahan baku atau gulungan kainnya dilengkapi RFID tag. Hal ini memungkinkan produsen dan konsumen dapat mengetahui asal-usul bahan baku, dan jejak karbon dari informasi mengenai sumber material yang terdapat di RFID tag.

Pelacakan produksi

Di seluruh tahapan produksi pakaian juga dapat dilacak menggunakan teknologi RFID, mulai dari proses pemotongan hingga penjahitan. Hal tersebut dapat memudahkan produsen untuk mengidentifikasi titik-titik dalam rantai pasokan mereka yang mungkin menghasilkan emisi karbon yang tinggi.

Pelacakan distribusi dan logistik

Teknologi RFID juga dapat melakukan pelacakan terhadap pergerakan pakaian dari pabrik produksi ke gudang penyimpanan, hingga akhirnya ke toko-toko ritel. Adanya teknologi RFID, mampu mengoptimalkan proses distribusi pakaian dan mengurangi dampak karbon dari transportasi yang berlebihan atau penggunaan bahan bakar fosil.

Pelacakan penggunaan pakaian

Untuk melacak penggunaan pakaian, teknologi RFID digunakan dengan cara menanamkan RFID tag ke dalam label pakaian itu sendiri. Supaya konsumen bisa melacak seberapa sering mereka mengenakan pakaian tertentu dan berapa lama memilikinya, untuk membantu membuat keputusan yang lebih berkelanjutan dalam penggunaan pakaian.

Baca juga:   Eco-friendly packaging agar Bisnis Fashion Kamu Makin Bermakna

Pelacakan daur ulang

Ketika pakaian sudah berada di akhir umur masa pakainya, penggunaan teknologi RFID dapat memfasilitasi proses pengidentifikasian bahan-bahan yang dapat didaur ulang kembali untuk mengurangi limbah tekstil.

Pemantauan konsumsi energi

Selama proses produksi pakaian, juga dapat dipantau seberapa besar potensi sumber-sumber energi yang menghasilkan emisi karbon tinggi menggunakan teknologi RFID. Informasi yang didapatkan tersebut kemudian digunakan produsen sebagai pertimbangan, untuk beralih ke sumber energi yang lebih berkelanjutan.

Informasi bagi konsumen

Berbagai informasi yang telah dikumpulkan oleh teknologi RFID bisa diakses konsumen melalui aplikasi smartphone atau melalui situs web. Informasi tersebut kemudian dapat digunakan konsumen dalam membuat keputusan yang lebih sadar, tentang pembelian mereka berdasarkan informasi mengenai jejak karbon yang dihasilkan produk.

Penggunaan teknologi RFID dalam melacak jejak karbon pada pakaian, dapat membantu meningkatkan keterbukaan dalam hal serangkaian kegiatan produksi. Sehingga, dapat mendorong produsen dan konsumen agar dapat mengambil tindakan yang berkelanjutan, terkait dengan dampak emisi karbon terhadap lingkungan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
rfidfuture.com
https://www.rfidfuture.com/id/rfid-technology-in-the-clothing-industry.html
Diakses pada tanggal 4 September 2023

asiarfid.com https://www.asiarfid.com/id/rfid-technology-changes-the-garment-industry.html
Diakses pada tanggal 4 September 2023

baktikominfo.com https://www.baktikominfo.id/id/informasi/pengetahuan/sekilas_tentang_teknologi_rfid_alat_identifikasi_yang_banyak_dipakai_oleh_perusahaan-792
Diakses pada tanggal 4 September 2023
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram