Monday, 01 January 2022

Tiga Pilar Keberlanjutan dalam Lembaga Fashion

Aspek keberlanjutan atau sustainable menjadi faktor penting yang mana sangat membantu keberlangsungan makhluk hidup dan lingkungan.
April 19, 2024  | Dena Ayu
tiga pilar keberlanjutan fashion
 

Tiga Pilar Keberlanjutan dalam Lembaga Fashion - “Desain yang baik bukan hanya mampu memberikan nilai tambah suatu produk dari sisi penampilan maupun manfaat bagi konsumen, namun juga bagaimana desain tersebut bisa meminimalkan dampak negatif bagi lingkungan.” kata Dirjen IKMA Gati Wibawaningsih pada acara Launching Program Indonesia Fashion and Craft Awards Tahun 2020 secara virtual di Jakarta, Rabu (26/8). 

Pendapat diatas menyatakan bahwa pentingnya memberikan nilai positif terhadap lingkungan. Saat ini, desain suatu produk tidak bisa lepas dari bahan-bahan yang digunakan dan lingkungan. 

Ada tiga pilar inti dari sistem keberlanjutan dalam lembaga fashion yang harus diterapkan yaitu:

Tiga pilar sistem keberlanjutan dalam Fashion

Pembangunan ekonomi

Yaitu mengacu pada hukum ekonomi yang mana mengacu pada kualitas hidup dan mengurangi beban finansial. Pembangunan ekonomi mengacu pada proses pembangunan yang terus menerus terjadi dan bersifat menambah dan memperbaiki segala sesuatu dengan tujuan agar lebih baik lagi. Hal ini yang menjadi dasar dalam melakukan bisnis dan menjadikan manusia sebagai objek pemasaran karena sebagai sarana dalam pembangunan ekonomi. 

Pembangunan sosial

Pembangunan  sosial ini mengacu pada kesadaran dalam perlindungan hukum kesehatan manusia dari polusi dan kegiatan yang berbahaya lainnya. Dengan menegakkan akses ke sumber daya alam tanpa harus mengorbankan kualitas hidup. Pembangunan sosial harus dijaga agar tercipta kesosialan yang dapat menghidupkan lingkungan dengan baik. 

Perlindungan lingkungan

Hal yang tidak kalah penting yaitu perlindungan lingkungan, berfokus pada bagaimana ekosistem berjalan dengan baik dan dapat dimanfaatkan sesuai mestinya. Perlindungan lingkungan perlu diperhatikan dikarenakan masa depan dunia tergantung bagaimana lingkungan itu merespon keadaan saat ini. Penting bagi setiap orang untuk memahami peran yang dapat mereka mainkan dalam mencapai Sustainability. Manusia harus ikut serta dalam melindungi lingkungan dan melestarikan keanekaragaman hayati agar tercipta ekosistem yang baik. 

Baca juga:   Pertukaran Pakaian Bekas untuk Mengurangi Limbah Tekstil

Lahirnya kesadaran ke berkelanjutan atau sustainable merupakan proses meningkatkan kualitas hidup dengan melindungi ekosistem dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang. 

tiga pilar keberlanjutan fashion
Sumber: unplash.com/netrun78

Meningkatkan kesadaran keberlangsungan 

Gunakan produk berkelanjutan

Saat ini sangat mudah menemukan produk-produk yang berkelanjutan, dikarenakan sebagian besar perusahaan sedang berusaha menyiapkan dan memprioritaskan konsep sustainable baik itu dari fashion atau lainnya. Pilihlah produk yang memang aman untuk diri sendiri dan lingkungan, banyak pilihan dan variannya. 

Tanamkan mindset peduli lingkungan 

Langkah yang harus diperhatikan dan dilakukan agar meningkatkan kesadaran gerakan keberlangsungan fashion yaitu dengan menanam mindset peduli lingkungan. Dengan pola pikir ini dapat memberikan kehidupan yang jauh lebih baik, dengan mengembangkan hal ini konsep meningkatkan kesadaran sustainable fashion dapat berjalan dengan baik. 

Hidup ramah lingkungan 

Pada akhirnya semua akan kembali pada lingkungan, setiap orang juga akan mendapatkan hasil sesuai apa yang ditanamnya. Tentunya sebagai manusia dituntut untuk lebih eco-friendly. Memilih pakaian berkualitas pun sama dengan meminimalisir sampah pakaian. Di samping itu juga perlu merawat baju supaya tetap tahan lama.

Pilih bahan ramah lingkungan 

Menggunakan bahan yang ramah lingkungan dapat menciptakan keberlangsungan yang ideal dan menjadi keputusan yang tepat dalam mendukung gerakan sustainable. Well, kalau bukan kita siapa lagi, oleh karena itu mari tingkatkan kesadaran diri untuk mendukung gerakan sustainable yang merupakan konsep hidup sehat dan menyelamatkan alam dari kerusakan.


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://kemenperin.go.id/artikel/21956/Tingkatkan-Kesadaran-Desain-Berkelanjutan,-Kemenperin-Gelar-Kompetisi-Fesyen-dan-Kerajinan-IFCA-2020-
https://indonesiasustainability.com/mewujudkan-sustainability-indonesia-2/
https://fitinline.com/article/read/10-cara-sederhana-untuk-mendukung-sustainable-fashion/#google_vignette
https://tshirtbar.id/sustainable-fashion-adalah/
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram