Monday, 01 January 2022

Tips Berpakaian Modis dan Simpel untuk Pria

Tampil modis dan menarik merupakan impian bagi banyak pria.
November 8, 2023  | Kingkit Neira
modis pria
 

Nah, agar bisa tampil modis dan menarik, tentu saja ada beberapa tips yang harus dilakukan agar penampilan kaum Adam bisa tampak outstanding.

Pakaian bukan hanya persoalan lilitan benang untuk melindungi tubuh saja. Lebih dari itu, pakaian memiliki nilai estetika bagi para penggunanya. Lewat pakaian yang dikenakan, kepribadian seseorang akan tergambar dengan jelas.

Oleh karenanya, dalam berpakaian sebaiknya siapa saja, baik pria maupun wanita bisa memperhatikan detail-detail agar bisa melindungi tubuh sekaligus tampil menarik. Bukankah ini sama seperti ibarat ‘sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui’, bukan?

Tampil menarik juga bukan hanya untuk wanita saja, para pria juga wajib berpakaian yang baik dan menarik demi meningkatkan kualitas diri. Pandangan yang menilai berpakaian menarik pasti menghabiskan kocek tak sedikit pun tidak sepenuhnya benar.

Memiliki gaya berpakaian yang keren dan charming bisa membuat kaum pria menjadi pusat perhatian dan menambah pesona mereka. Namun, untuk mencapai tampilan yang memikat, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih outfit sehari-hari. 

Di bawah ini akan diulas beberapa tips berpakaian modis pria yang sederhana namun efektif dalam menciptakan gaya menarik.

3ad5908ee55f1ef526bc1f7fccc62ab7
Sumber: Zaful.com

1. Pentingnya Memilih Pakaian yang Fit di Tubuh

Saat memilih pakaian, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memastikan bahwa pakaian tersebut sesuai dengan ukuran tubuh. Pakaian yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat merusak tampilan dan kesan yang ingin ditampilkan. 

Baca juga:   Mau Berburu Outfit Simple Tapi Elegan? Cek di 7 Olshop Terbaik Ini

Pria dengan tubuh kecil sebaiknya menghindari baju oversize, karena hal ini dapat membuat mereka terlihat lebih kecil dan kurang gagah. Begitu juga, bagi pria yang berbadan besar, mengenakan baju yang terlalu kecil hanya akan membuat lekuk tubuh mereka terlihat jelas dan tidak nyaman.

Solusinya adalah memilih pakaian yang tepat sesuai dengan ukuran tubuh. Jangan mengambil risiko dengan membeli pakaian yang tidak sesuai hanya karena desainnya menarik. Jika sudah terlanjur memiliki pakaian yang tidak sesuai, bawalah pakaian tersebut ke penjahit untuk disesuaikan dengan ukuran tubuh. Dengan cara ini, pakaian akan terlihat pas dan proporsional saat dikenakan.

modis pria
Sumber: Pinterest

2. Penggunaan Aksesoris yang Bijak

Aksesoris dapat menjadi poin penting dalam tampilan gaya pria. Beberapa aksesoris yang populer bagi pria adalah jam tangan, topi, gasper, dan gelang. Namun, penting untuk tidak berlebihan dalam memakai aksesoris. Kombinasikan aksesoris dengan bijak agar tidak mengganggu tampilan keseluruhan.

Misalnya, untuk gaya berpakaian simpel seperti mengenakan celana denim dan kaos, tambahkan jam tangan untuk tampil lebih gaya. Pilihlah jam tangan yang sesuai dengan usia dan gaya Anda. 

Jika Anda berusia antara 20 hingga 30 tahun, smartwatch atau sport watch bisa menjadi pilihan yang tepat, karena selain memberikan kesan modern, juga mencerminkan jiwa petualangan yang keren.

modis pria
Sumber: Getty Images

3. Menyesuaikan Gaya Berpakaian dengan Acara

Penting untuk selalu memperhatikan jenis acara atau kegiatan yang akan dihadiri sebelum memilih gaya berpakaian. Gaya berpakaian yang sesuai dengan acara akan memberikan kesan yang baik dan menunjukkan bahwa Anda menghargai etika dan situasi.

Misalnya, ketika menghadiri acara makan malam kantor, pertimbangkan untuk mengenakan gaya semi-formal dengan mengenakan blazer yang dipadukan dengan kemeja polos. Gaya ini akan memberikan kesan elegan namun tetap santai. Gulung lengan blazer hingga setengah lengan untuk menonjolkan jam tangan yang Anda kenakan.

modis pria
Sumber: Esquire.com

4. Outfit Berkualitas Tidak Harus Mahal

Banyak pria beranggapan bahwa pakaian berkualitas tinggi harus selalu mahal. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Saat ini, banyak brand lokal maupun brand terkenal yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. 

Baca juga:   7 Ide OOTD Kondangan Cowok, Gak Harus Selalu Pakai Batik!

Cari merek-merek lokal yang menawarkan pakaian berkualitas, karena selain mendukung produk dalam negeri, Anda juga bisa mendapatkan pakaian dengan desain yang unik dan tidak pasaran.

Jika Anda lebih suka berbelanja online, pastikan untuk memeriksa rating dan ulasan dari pembeli sebelum melakukan pembelian. Ulasan dari pembeli sebelumnya dapat memberikan gambaran tentang kualitas pakaian yang akan Anda beli.

modis pria
Sumber: Dailymail

5. Berani Menggabungkan Beberapa Jenis Pakaian

Cobalah untuk berani bereksperimen dengan gaya berpakaian Anda. Jangan ragu untuk menggabungkan beberapa jenis pakaian untuk menciptakan tampilan yang menarik dan unik. Misalnya, Anda bisa mencoba mengenakan kemeja dengan motif yang menarik dan dipadukan dengan celana chino. Atau, Anda bisa memadukan kaos oblong dengan jaket denim untuk tampilan yang santai namun tetap keren.

Namun, perlu diingat untuk tetap memperhatikan keselarasan warna dan gaya pakaian yang Anda padukan. Terlalu banyak paduan warna yang mencolok bisa membuat tampilan menjadi berantakan dan mencolok mata.

6. Perhatikan Detail Warna dan Motif

Detail warna dan motif pada pakaian dapat membuat perbedaan besar dalam tampilan keseluruhan. Untuk tampil lebih dewasa dan berwibawa, hindari memakai pakaian dengan graphic berlebihan atau warna yang terlalu mencolok. Sebagai gantinya, pilihlah pakaian dengan warna netral seperti putih, hitam, abu-abu, atau navy.

Jika Anda ingin tampil lebih berani dengan motif, pastikan motif tersebut tidak terlalu ramai dan tetap terlihat elegan. Pakaian dengan motif garis-garis atau kotak-kotak adalah pilihan yang aman dan selalu modis.

Dalam mengasah gaya berpakaian Anda, selalu ingat untuk tetap menjadi diri sendiri dan memilih pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Tampil modis dan menarik bukan hanya tentang mengikuti tren, tetapi juga tentang mencerminkan kepribadian dan jati diri Anda. 

Baca juga:   Kekinian, Inilah Rekomendasi Outfit Lebaran Selain Gamis dan Kaftan!

Demikianlah tips berpakaian modis dan simpel untuk pria. Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda menciptakan gaya berpakaian yang lebih keren dan percaya diri!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://mas-kulin.com/cara-berpakaian-modis-tapi-simple/
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram