Monday, 01 January 2022

Tips Berpakaian Pria Sesuai Bentuk Tubuh

Mau tahu bagaimana bentuk tubuh pria serta dengan tips memilih pakaian yang tepat? Simaklah pembahasan berikut.
July 6, 2023  | Anggun Tifani
Tips Berpakaian Pria Sesuai Bentuk Tubuh
 

Pria juga perlu loh untuk mengetahui padu-padan busana yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh. Hal ini diperlukan agar pria tak salah kostum dan mati gaya. Menyesuaikan hal tersebut, maka pria perlu mengetahui bentuk tubuhnya condong nampak ke jenis yang mana.

tips berpakaian pria
Sumber: pexels.com

Dikutip dari penelitian tentang bentuk tubuh pada penelitian "Bahasa Tubuh Wanita" karya Aswina Gunari Putra (2015), pria secara bentuk tubuh lebih berotot dan kokoh. Lebar dada lebih besar dari pinggang. Proporsi tubuh pria relatif lebih tinggi dan lebih besar dari seorang wanita. Bentuk wajah pria lebih meruncing pada bagian dagu bawah. 

tips berpakaian pria
Sumber: https://uzone.id/standar-bentuk-tubuh-ideal-pria-dari-masa-ke-masa

Diketahui dalam hal ini, umumnya ada 6 bentuk tubuh pria yang perlu diketahui. Berikut ulasan tentang 6 bentuk tubuh pria dan tips berpakaian pria yang tepat sesuai dengan bentuk tubuh yang perlu untuk kamu ketahui!

Bentuk mentimun cocok pakai baju model slim-fit

Pria yang memiliki bentuk tubuh layaknya mentimun biasanya badannya nampak lurus, tanpa lemak dan otot berlebih. Agar makin kece, para pria berbentuk tubuh seperti mentimun direkomendasikan untuk menggunakan baju model potongan slim-fit. 

Nah untuk pakaian yang harus dihindari pria bentuk tubuh seperti mentimun, harus menghindari pakaian longgar dan kebesaran. Hal ini dimaksudkan agar tubuh kamu yang ramping nampak tidak tenggelam dalam pakaian yang berukuran besar. 

Bentuk tomat cocok pakai baju berbahan jatuh dan lembut

Pria berbentuk tubuh seperti tomat, biasanya identik memiliki tubuh yang gempal dan pipinya nampak chubby. Pria jenis ini, cocok mengenakan pakaian yang berbahan jatuh, lembut dan sedikit lebih longgar dari ukuran tubuh. 

Baca juga:   Mengenal Victorian Style, Gaya Berpakaian di Film Enola Holmes

Hindari penggunaan baju slim-fit karena dapat menampakkan tubuh semakin gempal. Jangan pakai turtle neck dan jaket berbulu juga ya!

Bentuk buah pir cocok pakai baju longgar

Bentuk tubuh layaknya buah pir berbentuk ramping pada bagian atas dan bawah. Selain itu, bentuk tubuh ini terlihat lebih berisi pada bagian tengahnya. Agar penampilan makin sempurna, maka kamu sangat direkomendasikan untuk padu-padan dengan pakaian nuansa warna lembut agak cerah. Contohnya ialah memakai celana jeans dan baju warna hijau sage. Hindari menggunakan pakaian warna kontras ya!

Bentuk dada bidang cocok pakai kaos v-neck

Bentuk tubuh dada bidang biasanya tubuhnya terkesan sporty. Cocok dengan pakaian yang menunjukan pesona manly atau gagah. Model busana slim fit, kerah v-neck dan jeans dapat menjadi padu-padan yang pas untuk pria bentuk tubuh dada bidang. 

Bentuk kurus dan tinggi cocok dengan warna kontras

Pria berentuk tubuh  kurus dan tinggi perlu agak selektif dalam menentukan model penampilan yang pas dan tepat bagi mereka. Agar penampilan nampak proporsional, cobalah pakai kemeja-kemeja flanel dengan pilihan warna kontras. Hindari skinny jeans dan pakaian dengan motif garis vertikal. 

Bentuk boneka salju cocok pakai kemeja

Pria dengan jenis bentuk tubuh layaknya boneka salju dapat digambarkan dengan pria yang memiliki bagian dada dan perut nampak gempal dan sekal. Namun tidak masuk kategori gemuk layaknya bentuk tubuh tomat. 

Pria jenis ini cocok mengenakan kemeja dan kaos sesuai ukuran bahu. Agar menyamarkan bentuk bulat pada bagian perut, kamu perlu memilih busana-busana yang bahannya jatuh tepat nyaman di badan. 

Pakailah baju dengan warna-warna kalem agar penampilan terkesan casual. Hindari motif garis horizontal dan celana model potongan lebar. 

Baca juga:   6 Rekomendasi Style Gaun Pernikahan Muslimah ala Seleb

Itu dia 6 jenis bentuk tubuh pria dan rekomendasi tips berpakaian pria yang cocok dikenakan. Semoga ulasan di atas dapat membuat penampilan kamu sebagai seorang pria nampak paripurna!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://www.iwearzule.com/Article/Detail/12/yang-harus-kamu-ketahui-tentang-bentuk-tubuh-dan-pakaian-yang-pas diakses 26 April 2023.
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram