Monday, 01 January 2022

Tips Berpakaian Pria Skinny Fat Agar Tetap Kece

Pernahkah kamu mendengar tentang skinny fat? Apakah sudah mengetahui arti skinny fat itu apa?
September 20, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
Tips Berpakaian Pria Skinny Fat
 

Tips Berpakaian Pria Skinny Fat - Sepertinya jarang ya kita mendengar orang lain membicarakannya, bahkan kebanyakan dari kita tidak tahu artinya apa. Padahal tanpa disadari skinny fat terjadi pada beberapa orang di sekitar kita, atau barangkali pada diri kita sendiri pun kemungkinan besar bisa mengalaminya.

Sebagian besar wanita mengalami skinny fat meskipun tidak semuanya, karena seorang wanita yang sudah pernah melahirkan pasti mendapati perubahan pada bentuk tubuhnya. Namun perlu kamu tahu, jika skinny fat bisa terjadi pada pria lho! Iya, seorang pria bisa mengalami skinny fat karena banyak hal, salah satu penyebabnya adalah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Nah, sebelum kita bahas mengenai Tips Berpakaian Pria Skinny Fat, ada baiknya kita ketahui lebih jauh tentang artinya, penyebab dan solusi untuk kamu pria bertubuh skinny fat. Simak penjelasannya dibawah ini ya!

Pengertian

Skinny fat adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kondisi tubuh seseorang, dengan berat badan normal tetapi pada tubuhnya terdapat lemak tersembunyi di antara organ-organ dalam perut. Mayoritas dari mereka yang bertubuh skinny fat memiliki perbandingan lemak tubuh lebih tinggi dari jumlah massa otot, dan biasanya indeks massa tubuh (BMI) berada di kisaran normal tetapi berpotensi mengalami penyakit diabetes, jantung, dan hipertensi. Secara tidak langsung orang yang bertubuh skinny fat bisa dikatakan kurus dan gemuk dalam satu waktu.

Penyebab

Kondisi tubuh skinny fat bisa dilihat dengan mudah dari ciri-ciri fisiknya yaitu bentuk perut yang membuncit, beberapa faktor yang menyebabkan seseorang memiliki tubuh skinny fat, antara lain :

  • Genetik atau keturunan, punya peranan penting dalam bentuk tubuh yang berpotensi dapat menurun ke anak dan faktor penyakit berat seperti diabetes, jantung, serta hipertensi juga dapat dimiliki anak jika orang tuanya pernah ada riwayat penyakit tersebut.
  • Pola makan, semua jenis makanan apapun yang dimakan sangat berpengaruh terhadap bentuk tubuh kita nantinya, misalnya makanan tinggi gula akan berdampak pada komposisi tubuh yang tidak sehat.
  • Gaya hidup, seseorang yang memiliki gaya hidup "mager" atau tidak banyak bergerak akan mengalami peningkatan resiko massa otot rendah dan jumlah lemak yang lebih tinggi.
  • Jarang olahraga, dapat menyebabkan lemak perut yang terus menumpuk dan tanpa disadari membuat tubuhmu menjadi skinny fat.
  • Usia, resiko tertinggi meningkatnya lemak tubuh dan kehilangan otot terjadi pada orang dewasa yang lebih tua karena adanya perubahan hormonal yang membuat seseorang kesulitan mempertahankan otot.
  • Kadar hormon yang tidak seimbang, dapat menyebabkan meningkatnya lemak tubuh dan perubahan pada penyimpanan lemak dalam tubuh.
Baca juga:   7 Padu Padan High Waist Jeans untuk Hijaber yang Stylist

Tips berpakaian yang cocok buat pria skinny fat

Nah, buat kamu yang kerap kesulitan dan bingung mencari pakaian karena bentuk perut membuncit atau menggelambir, sekarang saatnya kita bahas tips berpakaian yang cocok buat pria skinny fat di bawah ini

Kenakan atasan berukuran pas di badan

Usahakan untuk tidak berpakaian terlalu ketat karena itu hanya akan memperjelas bentuk tubuhmu, tetapi jangan yang terlalu longgar juga karena akan membuat penampilanmu tampak gemuk. Sebaiknya kenakan atasan yang berukuran pas di badan dan tidak terlalu ketat di bagian perut untuk menyamarkan bentuk tubuh skinny fat juga lemak perut yang menggelambir.

Kenakan atasan berkerah V

Upaya yang bisa dilakukan agar leher terlihat lebih panjang dan membantu menyamarkan double chin (dagu ganda) yang biasanya dimiliki pria skinny fat adalah dengan mengenakan atasan berkerah V. Cara berpakaian ini akan membantu mengalihkan perhatian setiap orang yang melihatmu untuk tidak fokus pada bentuk tubuhmu yang skinny fat.

Kenakan atasan bergaris vertikal

Jika dilihat sekilas tubuhmu memang tidak gemuk, tapi bukan berarti kurus juga. Jadi, untuk menutupi bentuk tubuhmu yang gemuk kamu bisa mengenakan atasan bergaris vertikal yang tipis agar tubuhmu terlihat lebih kurus. Jika kamu ingin memakai kaos bergambar, usahakan memilih kaos yang tidak memusatkan desain di bagian perut untuk mencegah orang lain melihat bagian tubuhmu yang skinny fat.

Pilih celana berukuran regular fit

Pemilik tubuh skinny fat biasanya mempunyai pinggang lebar, sehingga seringkali kesulitan untuk mencari celana yang cocok. Oleh karena itu, kamu bisa memilih celana berukuran regular fit agar tidak memperlihatkan bentuk tubuh bagian bawah yang kurang proporsional terutama paha lumayan besar. 

Baca juga:   Balletcore, Inspirasi Style dari Tari Balet

Hindari pakaian skinny fit

Pakaian skinny fit tidak disarankan untuk dipakai oleh pria bertubuh skinny fat, karena tujuannya yang memperlihatkan tubuh ramping sedangkan skinny fat memiliki tubuh sebaliknya. Pemilik tubuh skinny fat sebaiknya mengenakan pakaian regular fit agar bentuk tubuh terlihat lebih proporsional dan satu garis lurus mulai dari leher, perut pergelangan kaki dan tangan.

Kenakan warna atasan lebih terang dari bawahan

Untuk menyamarkan bagian perut yang buncit, kamu bisa mengenakan warna atasan yang lebih terang karena warna-warna terang dan lembut dipercaya dapat membuat tubuh lebih berisi. Sedangkan bagian bawahnya, kamu sebaiknya memilih warna gelap seperti hitam, navy atau coklat tua agar fokus perhatian orang lain tertuju pada bagian atas tubuh.

Jika bergaya formal, pilih dasi berukuran lebar

Untuk acara formal yang mengharuskan berdasi, kamu bisa memakai dasi berukuran lebar supaya bentuk tubuh terlihat kecil terutama bagian perut. Usahakan memilih dasi yang memiliki panjang hingga ke pinggang untuk menutupi bentuk perut yang buncit.

Gunakan aksesoris

Cobalah untuk menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, atau kalung yang menarik dan cocok dengan dirimu. Hal ini akan membuat penampilanmu lebih keren dan mengalihkan perhatian orang lain yang melihatmu agar fokus pada bagian atas tubuh sehingga tidak terlalu memperhatikan bentuk tubuh yang skinny fat.

Itu dia Tips Berpakaian Pria Skinny Fat untuk tampil keren dan kece. Solusi buat kamu yang sudah terlanjur memiliki tubuh skinny fat adalah, mulai membiasakan diri dari sekarang melakukan olahraga seperti yoga, angkat beban atau push-up dan jangan lupa untuk makan makanan sehat yang seimbang setiap hari ya.

Semoga bermanfaat!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Baca juga:   Eksplor Gaya Outfit Cher Horowitz di Film Clueless
Reference: 
mas-kulin.com https://mas-kulin.com/tips-berpakaian-skinny-fat/
Diakses pada tanggal 13 Juni 2023

kaskus.co.id https://m.kaskus.co.id/thread/5e1c62418012ae047b442723/tips-berpakaian-untuk-agan-yang-memiliki-tubuh-skinny-fat/
Diakses pada tanggal 13 Juni 2023

bangka.tribunnews.com https://bangka.tribunnews.com/2021/06/09/mengenal-skinny-fat-kondisi-tubuh-ideal-tapi-tak-sehat-begini-cara-mengatasinya?page=2
Diakses pada tanggal 13 Juni 2023

kompas.com https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/07/073000265/mengenal-apa-itu-skinny-fat-penyebab-dan-cara-mengatasinya?page=all
Diakses pada tanggal 13 Juni 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram