Monday, 01 January 2022

Tips Membeli Barang Second yang Berkualitas dan Tidak Mengecewakan Secara Offline Maupun Online

Membeli barang second bisa menjadi solusi bagi setiap orang yang membutuhkan barang tertentu secepatnya, namun tidak cukup memiliki dana untuk membeli barang baru.
July 13, 2023  | Pipintri Aviteni Damayanti
tips membeli barang second
 

Barang second atau biasa disebut barang bekas merupakan barang yang telah digunakan sebelumnya oleh orang  lain dan kemudian dijual kembali, seperti pakaian, buku, peralatan elektronik, furniture, atau kendaraan, dan lain-lain.

Meskipun barang second merupakan barang yang telah digunakan sebelumnya, beberapa diantaranya masih dalam kondisi baik dan dapat digunakan lagi, sementara barang second yang lain mungkin perlu diperbaiki terlebih dahulu agar dapat digunakan kembali. Barang second seringkali dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan barang baru, karena telah mengalami penggunaan sebelumnya.

Membeli barang second dapat menjadi cara yang efektif dan terjangkau untuk memiliki barang-barang yang dibutuhkan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkan barang yang berkualitas dan tidak mengecewakan.

Tips membeli barang second secara offline

Berikut ini adalah tips untuk membeli barang second yang berkualitas dan tidak mengecewakan:

Pilih penjual yang terpercaya

Pilihlah penjual yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya, kamu bisa mencari referensi dari orang-orang yang sudah pernah membeli barang dari penjual tersebut.

Pemeriksaan kondisi barang

Pastikan untuk memeriksa kondisi barang dengan teliti sebelum membeli, apakah ada kerusakan atau cacat pada barang, dan yang terpenting adalah memastikan bahwa barang tersebut berfungsi dengan baik. Jangan lupa juga untuk memastikan semua kelengkapan alat penunjang dari barang second yang akan dibeli.

Jangan ragu bertanya

Tak perlu ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjual tentang kondisi barang dan sejarah penggunaannya, pastikan juga bahwa kamu memahami kondisi barang sebelum membelinya.

Periksa dokumentasi dan bukti pembelian

Untuk barang second seperti kendaraan, kamu harus memastikan bahwa penjual memiliki dokumentasi dan bukti pembelian yang sah untuk barang yang dijual. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui jika barang tersebut bukan hasil pencurian.

Baca juga:   Unik, Peter Do Bikin Baju yang Terbuat dari Kulit Udang dan Jamur

Tentukan batas harga

Tentukan batasan harga yang siap kamu bayar sebelum melakukan negosiasi dengan penjual, untuk terhindar dari pembelian impulsif dan memastikan bahwa kamu mendapatkan harga yang wajar.

Tawarlah dengan bijak

Jangan takut untuk menawar harga barang second yang ingin dibeli kepada penjual dengan bijak, biasanya penjual barang second memberikan harga yang lebih rendah dibandingkan harga barang baru.

Periksa kembali setelah negosiasi

Pastikan kembali memeriksa barang setelah berhasil bernegosiasi dengan penjual untuk memastikan bahwa barang tersebut dalam kondisi yang sama seperti ketika melakukan pemeriksaan awal.

Periksa jaminan atau garansi

Jika barang second masih memiliki jaminan atau garansi, pastikan untuk memeriksa kelengkapan dokumen yang berkaitan dengan jaminan atau garansi tersebut.

Tips membeli barang second secara online

Pilih platform jual beli yang terpercaya

Pilihlah platform jual beli online yang aman, terpercaya, dan memiliki kebijakan jelas mengenai pembayaran, pengembalian barang, serta perlindungan pembeli. Contoh platform jual beli yang terpercaya antara lain Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan masih banyak lagi lainnya.

Cari informasi mengenai penjual

Sebelum membeli barang second secara online, terlebih dahulu carilah informasi tentang penjual melalui forum atau grup diskusi online. Jangan lupa melihat ulasan serta rating dari pembeli sebelumnya untuk mengetahui pengalaman mereka dengan penjual tersebut.

Jangan mudah tergoda dengan penawaran yang terlalu bagus

Jika terdapat penawaran yang terlalu bagus tetapi mencurigakan, maka berhati-hatilah dan jangan mudah tergoda atau terlalu percaya untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak sesuai ekspektasi.

Periksa kondisi barang dengan teliti

Bacalah deskripsi barang dengan teliti dan cermatilah fotonya untuk memastikan barang tersebut sesuai penjelasan penjual. Untuk barang second seperti elektronik, tas, atau sepatu, kamu bisa mengecek kode produksi atau nomor serinya di website produsen resmi guna memastikan keaslian barang.

Baca juga:   Daftar 10 Fashion Influencer yang Wajib Kamu Ikuti di Indonesia

Bandingkan harga barang

Sebelum membelinya usahakan untuk membandingkan harga dengan harga barang baru atau harga second di toko online yang lain, jangan langsung membeli jika harga barang second terlalu murah atau bahkan terlalu mahal dari barang baru. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sesuai dengan kondisi barang yang sebenarnya.

Periksa jaminan atau garansi

Tanyakan kepada penjual apakah masih ada jaminan atau garansi pada barang second tersebut, jika ada mintalah kelengkapan dokumen yang berkaitan dengan jaminan atau garansi untuk disertakan.

Gunakan metode pembayaran yang aman

Pilihlah metode pembayaran yang aman seperti transfer antar bank atau melalui platform pembayaran yang terpercaya seperti ShopeePay OVO, GoPay, atau Dana. Jangan pernah menggunakan metode pembayaran yang tidak aman seperti transfer ke rekening pribadi penjualan untuk menghindari penipuan.

Simpan bukti pembayaran dan transaksi

Pastikan menyimpan bukti pembayaran dan transaksi sebagai bukti jika terjadi masalah dengan pengiriman, dan usahakan untuk membuat video ketika membuka barang second sebagai bukti jika barang yang diterima tidak sesuai untuk memudahkan proses pengembalian barang.

Membeli barang second secara  offline maupun online memiliki beberapa keuntungan yang akan diperoleh seperti harganya yang lebih murah, dapat menemukan barang yang unik dan langka di pasaran, masih memiliki nilai tahan lama yang cukup panjang, dan membantu mengurangi jumlah barang yang dibuang ke tempat sampah, sehingga memberikan dampak positif bagi lingkungan. 

Namun, membeli barang second secara offline maupun online juga memiliki resiko yang harus ditanggung seperti kondisi yang tidak terjamin, barang tidak lengkap, tidak seperti yang diiklankan, dan kurangnya pilihan yang sesuai keinginan. Dengan memperhatikan tips-tips di atas diharapkan kamu dapat membeli barang second yang berkualitas dan tidak mengecewakan baik secara offline maupun online. Semoga bermanfaat!

Baca juga:   7 Tips Tetap Hemat dengan Tampilan Stylish

With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
finansialku.com https://www.finansialku.com/tips-membeli-barang-bekas-berkualitas-perlu-banget-tahu-ini/
Diakses pada tanggal 10 Mei 2023

cregasia.com https://www.cregasia.com/blog/334/tips-membeli-barang-bekas/
Diakses pada tanggal 10 Mei 2023

sohib.indonesiabaik.id https://sohib.indonesiabaik.id/article/tips-membeli-barang-bekas-online-rdgXr
Diakses pada tanggal 10 Mei 2023

jualo.com https://www.jualo.com/blog/tips-dan-trik/pembeli/5-fakta-menguntungkan-membeli-barang-second/
Diakses pada tanggal 10 Mei 2023
Be a Contributor and 
Write for Us
Tell me more
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram