Monday, 01 January 2022

Tips Memilih Material Baju yang Sustainable

Well, tidak ada kata terlambat untuk memulai memilih material yang sustainable.
July 4, 2023  | Dena Ayu
Tips Memilih Material Baju yang Sustainable
 

Material baju yang sustainable menjadi salah satu cara untuk melindungi lingkungan dari dampak buruk industri fashion.

material baju yang sustainable
Sumber: Unplash.com/Tero Vasalainen

Nah.. sedangkan dalam memilih material baju yang sustainable ini mengacu pada kain yang berasal dari ramah lingkungan, seperti tanaman serat yang ditanam secara berkelanjutan. Bukan hanya itu, tapi bagaimana bahan-bahan kain itu di buat. 

material baju yang sustainable
Sumber: Unplash.com/photoguns

Sebagai seorang konsumen kamu harus bijak dalam memilih atau membeli produk fashion yang akan berdampak selama beberapa tahun kedepan. Berikut adalah tips memilih material baju yang sustainable yaitu:

Bambu

Inilah bahan yang ramah lingkungan yaitu kain bambu. Dikarenakan bambu dapat melakukan biodegradasi, dan tidak memerlukan pestisida dalam proses pertumbuhannya. Kain yang menggunakan bahan kain bambu diklaim mudah bernafas dan nyaman serta lembut di kulit. Dan lebih spesialnya pakaian yang terbuat dari kain bambu anti bakteri sehingga aman sekali untuk pakai. 

Linen 

Linen merupakan kain nabati yang terbuat dari rami, yang tidak cocok untuk digunakan sebagai produksi pangan dan bisa ditanam di medan kasar. Linen juga dibudidayakan tanpa menggunakan bahan kimia sehingga aman digunakan. Linen sepenuhnya biodegradable yang mana materialnya sangat pas untuk dipakai jika di musim hujan dikarenakan dapat menghangatkan. 

Katun Organik

Mengenai hal ini ada beberapa perbedaan antara kapas dan kapas organik, kapas biasanya diisi dengan pestisida yang mana sangat merugikan lingkungan. Sedangkan katun organik tidak menggunakan pestisida dalam prosesnya, sehingga kain katun ini sangat ramah lingkungan dan cinta bumi. 

Wool 

Jika kalian ingin tahu ternyata wool berasal dari produk hewani. Menggunakan bahan wool sangat tangguh, tahan banting, dan tahan kerut. Bukan hanya itu wool juga mudah diwarnai tanpa menggunakan bahan kimia. 

Baca juga:   10 Konsep Minimalism Ala Prinsip Zen dan Clean Lines

Pilihlah bahan pakaian yang ramah lingkungan yang berdampak baik untuk kamu dan bumi. Kamu bisa memulainya sekarang loh. Tunggu apa lagi? Selamat mencoba!


With Laruna, you can combine your love for fashion and the planet by choosing sustainable options that fit your style and contribute to positive changes. Want to join Laruna as a content contributor? We'd love to spend time with you!

Reference: 
https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/tips-memilih-material-baju-yang-sustainable/

https://fitinline.com/article/read/4-tips-memilih-material-yang-sustainable-untuk-produksi-pakaian/

https://fitinline.com/article/read/8-tips-membuat-pakaian-berdasarkan-konsep-sustainable-fashion/

https://www.cekaja.com/info/tips-memilih-material-baju-sustainable-untuk-bisnis-fashion

https://laruna.id/3-tips-memilih-material-fashion-yang-ramah-lingkungan/

https://passionstory.fwd.co.id/article/tips-memilih-material-baju-yang-sustainable
Copyright © 2023 - Style by Laruna - All rights reserved
chevron-down linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram